Test Drive Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021: Layak Diperhitungkan!

25/05/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Kami mendapatkan kesempatan istimewa dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk test drive Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021, seperti apa impresinya?

Yes! Akhirnya kami mendapatkan kesempatan istimewa dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk test drive Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021. Seperti yang diketahui bersama, Daihatsu Rocky merupakan salah satu the most wanted car di Indonesia tahun 2021 ini. Lantas, seperti apa impresi kami terhadap mobil dengan harga jual Rp 241.400.000 (harga diskon PPnBM) ini?

Gambar Daihatsu Rocky Test Drive

Test Drive Daihatsu Rocky diselenggarakan kemarin (24/5) dan hari ini

Fitur Advance Safety Assist (A.S.A) Cocok Untuk Indonesia

Oleh karena mobil tes kami kali ini adalah trim tertinggi, maka kami jajal dulu fitur A.S.A (Advance Safety Assist). Terdapat enam fitur utama dari A.S.A yang tertanam di Daihatsu Rocky termahal ini. Mulai dari Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention. Seluruh fitur A.S.A kami jajal pertama kali di event Test Drive Daihatsu Rocky kali ini.

Gambar Daihatsu A.S.A

Fitur A.S.A jadi menu pembuka Test Drive Daihatsu Rocky

Fitur Pre-Collision Warning bertugas untuk mendeteksi risiko tabrakan depan. Sistem ini bisa aktif dengan memanfaatkan 'mata' yang terpasang di balik spion tengah. Apabila sistem mendeteksi mobil, motor, dan pejalan kaki yang ada di depan mobil, maka pengemudi diberi peringatan via suara (buzzer) dan lampu di panel instrumen dashboard.

Gambar tampak depan Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021

Test Drive Daihatsu Rocky juga dilakukan di trek tanjakan dan turunan curam

Anda pun tak perlu khawatir menabrak kendaraan di depan mobil yang Anda kemudikan. Karena berkat fitur Pre-Collision Braking, mobil bisa melakukan pengereman otomatis untuk membantu pengemudi menghindari terjadinya tabrakan depan. Cara kerjanya juga sama, dengan memanfaatkan radar yang terpasang di bagian atas kaca depan, lalu sistem mengirim sinyal ke ECU (Electronic Control Unit) dan memerintahkan rem untuk diambil alih oleh sistem.

Gambar main smartphone saat mengemudi

Fitur Front Departure Alert cocok buat pengemudi di Indonesia

Ada pula fitur yang cocok dengan kondisi Indonesia, yakni fitur Front Departure Alert yang akan memberitahu pengemudi via peringatan suara ketika mobil di depan sudah bergerak maju. Saat mengemudi di kemacetan lalu lintas fitur ini akan membantu Anda untuk segera maju ke depan. "Bisa dibilang fitur ini cocok banget buat orang yang sering texting di mobil (saat di lampu merah)," papar Amelia Tjandra, selaku Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM.

Gambar Daihatsu Rocky melibas tanjakan

Hill Start Assist mampu menahan laju mobil 2 hingga 3 detik di tanjakan

Rocky juga akan semakin aman untuk pengemudi baru. Maklum saja, pengemudi baru terkadang secara tidak sengaja menginjak penuh pedal gas atau melakukan akselerasi mendadak. Sebab fitur ini akan menekan keluaran tenaga mesin dan otomatis mengaplikasikan rem sehingga mobil tidak berjalan maju kedepan secara tidak sengaja dan menghindarkan Anda untuk menabrak kendaraan lain di depan.

Gambar tim R&D Daihatsu menguji Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021

Di acara Test Drive Daihatsu Rocky kali ini kami juga berkesempatan jadi penumpang

Sedangkan untuk fitur Lane Departure Warning juga mengandalkan sensor untuk membaca marka jalan dan akan memberi peringatan ke pengemudi jika mobil berpindah jalur secara tidak sengaja. Fitur ini bekerja sama dengan Lane Departure Prevention yang berfungsi mencegah pengemudi pindah jalur secara tidak sengaja dengan cara memberikan daya koreksi ringan di setir. Secara umum, keenam fitur yang ditawarkan Daihatsu ini sangat pas untuk konsumen di Indonesia.

Audio System ADS Mumpuni Dan Konektivitas Memadai

Tak puas hanya sekadar mencoba fitur A.S.A yang menjadi highlight pada SUV kompak berharga terjangkau lansiran Daihatsu ini. Kami juga menyempatkan diri untuk mencoba Audio system by ADS (Astra Daihatsu Styling) yang ada di mobil ini.  Head unit 9-inci nya sudah mendukung fitur integrasi smartphone Android Auto dan Apple CarPlay, meski belum wireless. Bahkan fitur konektivitas smartphone tersebut hanya tersedia di Daihatsu Rocky, Toyota Raize yang jadi kembarannya tak dapat fitur ini.

Gambar active subwoofer 8 Inch di Daihatsu Rocky ADS

Dentuman bas kuat berkat subwoofer ini

Tidak hanya fitur, kualitas audio yang dihasilkan juga ditunjang oleh sistem audio yang berisikan 4 mid-speaker dan dua tweeter. Khusus untuk Rocky dengan trim ADS, Anda mendapatkan active subwoofer 8 inci yang ditaruh di bawah kursi depan. Subwoofer ini membuat kualitas output audionya semakin mumpuni. Tim Cintamobil.com sudah mencoba sendiri kualitas reproduksi suara dari audio ini, terasa menyenangkan dan merdu di dengar oleh telinga.

>>> 10.000 Orang Kesengsem Daihatsu Rocky, Ini Dia Total SPK-nya

Performa Gesit & Sigap

Inilah pengetesan sesungguhnya. Untuk mengetahui performa maksimal dari Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021 yang kami kemudikan, kami diizinkan oleh PT ADM untuk menggunakan fasilitas Test Course R&D Center (Research and Development) PT ADM, yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Sekadar informasi saja, Test Course R&D Center PT ADM ini merupakan fasilitas R&D terbesar di Indonesia.

Gambar Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021

Rocky trim termahal ini kami 'siksa' langsung di trek milik R&D Daihatsu Indonesia

Sebelum masuk trek dan mencoba mobil, kami sedikit ceritakan dulu trek sepanjang 2,7 kilometer ini. Trek lurus membentang sepanjang 825 meter, dan ada dua buah tikungan parabolik yang bisa dilewati dengan kecepatan cukup tinggi. Well, sebenarnya masih ada 24 jenis jalan yang ada di sini, namun tak semua kami gunakan. Sebab fokus utama pengetesan kali ini adalah performa, bukan membuktikan durabilitas dari mobil. Kalau itu sih, sudah diselesaikan oleh tim R&D Daihatsu Indonesia yang solid.

Foto mesin 1KR-VET Daihatsu

Berkat turbo, tenaga dan torsi mesin terasa mudah melajukan mobil

Oke, langsung saja kami naik ke mobil. Karena kunci smart entry sudah kami kantungi. Injak pedal rem sembari menekan tombol START/STOP di balik setir sebelah kiri. Maka mesin 3-silinder berkode 1KR-VET pun menderu halus. Meski berjumlah silinder ganjil, namun mesin berkubikasi bersih 998 cc ini sangat minim getaran. Hal itu bisa tercapai berkat engine balancer anyar, serta teknologi dari engine mounting yang mampu meredam getaran secara sempurna.

Panel instrumen Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021

Berkat D-CVT, untuk berjalan 100 km/jam putaran mesin hanya 'ditahan' di 2.200 rpm saja

Pertama kami tes dulu kedinamisan berkendaranya, saat digunakan berbelok ditikungan parabolik bodi mobil terasa 'nurut'. Saat itu kami 'masih' memenuhi anjuran Audi Tarantini, selaku R&D Testing Department Head PT ADM, "Disarankan saat menikung di situ kecepatannya di bawah 80 km/jam," papar Audi sapaan akrabnya. Usai tikungan mobil kami jalankan di trek lurus kami jalankan di kecepatan 100 km/jam. Hebatnya transmisi D-CVT Rocky membuat mesin hanya berputar di 2.200 rpm saja!

Gambar interior Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021

Kami juga merasakan kekedapan kabin mobil ini terasa baik

Dengan putaran mesin serendah itu, dan dijalankan dengan kecepatan konstan. Kami cukup yakin bila Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021 ini akan hemat bahan bakar. Dan hal tersebut terbukti dari hasil tes internal PT ADM, "Kami mengetes dari Jakarta sampai Surabaya kondisi jalan campur, tergantung yang bawa mobilnya juga dan tergantung kondisi jalan, yang kami tes itu (mendapat hasil konsumsi BBM) rata-rata 17 hingga 18 bahkan 19 kilometer per liter," kata Amelia Tjandra.

Foto Daihatsu Rocky 1.0 R ADS CVT 2021

Di event Test Drive Daihatsu Rocky ini, tiap jurnalis berkesempatan mendapat 'jatah' 3 lap

Karena keterbatasan waktu pengetesan, jelas kami tak sempat melakukan pengetesan proper yang biasa dilakukan oleh tim CIntamobil.com. Seperti pengetesan akselerasi dari diam ke 100 km/jam, tes konsumsi BBM dalam kota dan tol dengan kecepatan rata-rata yang baku, bahkan jika memungkinkan kami melakukan tes pengereman. Tapi tak apalah, kesempatan tiga putaran di trek ini akan kami manfaatkan semaksimal mungkin.

Gambar kursi Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021

Kursinya terasa empuk dan cukup menopang badan saat bermanuver

Masuk putaran ketiga, kami sedikit 'nakal'. Di tikungan parabolik yang sama mobil Rocky yang kami kendarai kami lajukan di kecepatan 95 km/jam! Tak pelak, suara decit dari ban GT Radial Savero SUV berukuran 205/60 R17 masuk ke kabin. Dan lagi-lagi, kehebatan rancang bangun DNGA (Daihatsu New Global Architecture) terasa di sini. Mobil terasa 'anteng' dan 'napak', dengan DNGA, maka gejala "Body twist dan body roll bisa dikurangi," ujar Audi panggilan akrab Audi Tarantini.

Gambar interior Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021

Tekan tombol PWR di setir sambil kickdown pedal gas, kecepatan dengan mudah melewati 130 km/jam

Demikian pula saat di trek lurus, sambil menekan tombol PWR di setir, mobil kami pacu hingga kecepatan 150 km/jam. Di atas kecepatan yang disarankan yakni di 120 km/jam. Say thanks to fitur ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), VSC (Vehicle Stability Control) yang bersinergi dengan teknologi DNGA. Sehingga saat kami melakukan hard braking, 'buntut' mobil tidak terlalu 'membuang' sehingga SUV kompak ini masih dengan mudah dikendalikan. Bravo Daihatsu!

>>> Daihatsu Ajak Sahabat Jurnalis Test Drive Daihatsu Rocky 

Kekurangan Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021

Foto tampilan belakang Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021

Masih ada beberapa kekurangan yang seharusnya bisa diperbaiki oleh PT ADM

Seperti halnya mobil lainnya yang dibuat dari hasil olah pikir manusia. Kendati Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021 sudah didesain baik dengan memanfaatkan fasilitas R&D Daihatsu yang terbesar di Indonesia, tetapi menurut kami masih ada beberapa hal yang agak mengganggu. Misal, setir yang tidak dilengkapi dengan pengaturan teleskopik, glove box di tengah yang ukurannya kurang besar, dan tidak adanya deffoger belakang membuat mobil ini terasa kurang lengkap.

Kesimpulan

Gambar Daihatsu Rocky 1.0 R ADS A.S.A CVT 2021

Anda harus melakukan Test Drive Daihatsu Rocky sendiri agar percaya apa kata kami

Daihatsu Indonesia sukses membuat Small City SUV JDM (Japanese Domestic Market) yang rasanya Indonesia banget dan tentunya layak diperhitungkan. Tampilan keren membuat mobil Daihatsu Rocky ini dengan mudah memikat hati para penyuka SUV di Tanah Air. Mesin yang bertenaga namun irit bahan bakar juga menjadi salah satu nilai jual yang ditawarkan oleh mobil ini. Kami tak sedikit pun ragu merekomendasikan mobil ini untuk menemani keseharian Anda, maupun menjadi sahabat untuk berplesiran ke luar kota.

>>> Mau beli Rocky dan mendapat penawaran menarik? Cari di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top