Tesnya Bukan Kaleng-Kaleng, Toyota All New Avanza 2022 Dijamin Tangguh

29/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Selain start dari tanjakan juga yang menjadi momok utama penggerak roda depan adalah durabilitas kaki-kaki, beruntung Toyota All New Avanza 2022 dijamin tangguh

Ada beberapa hal yang menjadi concern pada Toyota All New Avanza 2022 ketika mengadopsi layout penggerak roda depan (FWD) dari sebelumnya penggerak belakang (RWD). Di antaranya adalah start di tanjakan, saat beban penuh di jalan tak rata serta durabilitas kaki-kaki.

Toyota Veloz 2022

Udah jago nanjak apakah kaki-kakinya setangguh Avanza lawas?

Untuk kelemahan start di tanjakan, dipastikan tidak akan terjadi pada Toyota All New Avanza 2022. Sebab mobil racikan geng Astra tersebut sudah pakai alat bernama slope sensor dikombinasi dengan rancangan canter gravity yang rendah agar kuat melibas tanjakan. Lantas, bagaimana ceritanya dengan durabilitas kaki-kakinya?

Tes Ketat

Seperti khasnya produk lansiran geng Astra lainnya, produk terbaru ini pun juga melalui serangkaian tes ketat. Tak terkecuali dengan bagian kaki-kaki mobil ini. Toyota All New Avanza maupun Daihatsu All New Xenia ini dites dengan standar pengetesan dunia. 

Contohnya kaki-kaki depan mobil, Dites pakai alat "Bench Test geral vertikal & Bench Test gerak lateral. "Semuanya memiliki input force yang kami rekam dari jalanan di Indonesia. Terus diprogram ke komputer untuk (dilakukan) tes secara berulang," papar narsumber rahasia nan terpercaya kami.

Bench Test Vertikal Suspension

Tes suspensi dengan roda terpasang (poster test)

Ia juga menambahkan, "Nanti dicek (per) 5.000 kilometer (KM), 10.000 KM, 16.000 KM, 20.000 KM, sampai 30.000 KM. (Singkatnya) tes durability kaki kaki bench test machine (kekuatannya) sampai setara (dengan) 30,000 KM," tukas pengguna mobil SUV ini.

Alat Bench Test

Ilustrasi alat Bench Test

Wait, Anda mungkin bertanya, Lantas mengapa pengetesannya hanya sampai 30 ribu kilometer saja? Padahal pengguna merek ini biasanya konsumen yang loyal di cinta dengan mobilnya serta tak menutup kemungkinan mobil dipakai hingga jarak ratusan ribu kilometer.

Prototype Daihatsu All New Xenia

Prototipe Daihatsu All New Xenia sedang dites jalan

Sebenarnya tidak demikian, karena ada tes lanjutannya lagi. "Kami lanjut pakai simulasi CAE (Computer Aided Engineering). Kan nilainya hanya berulang, jadi lanjut simulasi komputer supaya lebih hemat listrik, tergantung material (juga) ada yang sampai 100 ribu kami tes," tukas pemegang kartu tanda karyawan Astra ini.

"Waktu development kita ada banyak spesifikasi. Dicari yang paling cocok untuk jalanan indonesia," tambahnya. Itu semua dilakukan demi menjaga kualitas dan juga memastikan durabilitas dari kaki-kaki mobil duo Astra ini agar mampu memenuhi bahkan melebihi ekspektasi konsumen di Tanah Air. 

>>> Slope Sensor Jadi Senjata Toyota Avanza 2022 Kuat Nanjak

FWD Tak Berdaya Di Jalan Rusak? Ternyata Salah

Setelah part tersebut jadi, tentu tidak langsung masuk jalur produksi, harus dites lagi baik di dalam fasilitas R&D maupun di kondisi jalan riil. Ada beragam tes yang dilakukan di kawasan Research & Development milik PT Astra Daihatsu Motor di bilangan Karawang, Jawa Barat tersebut.

Salah satunya adalah tes jalan rusak, mobil 'dipaksa' melewati, "Pothole sedalam 15 cm, (dengan) variasi (kecepatan) antara 20 hingga 30 km/jam," lanjutnya lagi. Ada lagi besi melintang di tengah test track berdimensi tinggi 15 cm yang harus dilibas oleh All New Toyota Avanza 2022 dengan kecepatan 100 km/jam.

Lubang Jalanan atau Pot Hole

Contoh pot hole atau lubang jalanan menganga

Ini semua wajib dilakukan demi mendapatkan target performance sebuah parts dan itu harus lulus. "Kita tes semua kondisi. Muatan penuh isi 7 orang plus beban 50 KG. Standar kami untuk indoneisa 65 KG per orang," jelas narasumber kami ini.

"Kami juga sering pakai mobil Eropa untuk benchmark, karena sekali lagi Eropa punya teknologi know how human engineering lebih maju. Contohnya Seperti yang kemarin saya jelaskan. Center of gravity menentukan distribusi bobot. Supaya kuat nanjak," tutupnya sembari kasih kisi-kisi ke Cintamobil.com bahwa ground clearance All New Avanza 2022 dan All New Xenia 2022 ada di angka 205 mm.

>>> Jangan tertinggal berita otomotif yang menariknya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top