Tesla Model Y Diklaim Sebagai Crossover Listrik Paling Efisien Saat ini

31/01/2020

Mobil baru

4 menit

Tesla Model Y Diklaim Sebagai Crossover Listrik Paling Efisien Saat ini
Meski belum resmi diluncurkan, popularitas Tesla Model Y terus meningkat sebagai crossover listrik terbaru dari kubu Elon Musk paling affordable dan efisien

Meski belum secara resmi diluncurkan, namun Tesla Model Y sudah menarik perhatian bagi calon konsumen yang menginginkan sebuah crossover listrik yang tak hanya terjangkau, namun juga memiliki performa mumpuni dan jarak tempuh yang panjang. Elon Musk sebagai punggawa dari Tesla sudah mengklaim bahwa Model Y akan ditingkatkan jarak tempuhnya dari awalnya hanya maksimal sejauh 280 miles hingga mencapai 315 miles atau sekitar 506 kilometer dalam sekali pengisian daya.

>>> Perkenalkan Lawan Baru TESLA Motors Dari China: BYTON M-Byte Yang Siap Dijual 2020

Foto Tesla Model Y terbaru

Tesla Model Y memiliki kemiripan desain dan performa seperti pada Model 3 

Tesla Model Y sendiri dihadirkan sebagai model entry level dalam jajaran crossover listrik Tesla dengan posisi di bawa Model X yang memiliki performa lebih besar, lebih mahal dan memiliki jarak tempuh lebih jauh. Crossover listrik ini nantinya akan ditawarkan dalam tiga varian layaknya lini Tesla lainnya, yakni Standar Range, Long Range dan Performance. Pada varian Long Range, dua unit motor listrik mampu membawa Model Y berkakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,8 detik dengan kecepatan maksimal mencapai 217 km/jam. Sementara pada Performance Range mampu berakselerasi 0-100 hanya dalam waktu 3,5 detik dengan kecepatan maksimal mencapai 233 km/jam.

>>> Biar Mudah Dikenali, Kemenhub Usul Pelat Nomor Kendaraan Listrik Dibikin Beda

Foto Tesla Model Y tampak belakang

Sayangnya, pada Model Y tak dilengkapi dengan pintu Falcon Wing yang unik seperti pada sang kakak, Model X

Kedua varian Model Y tersebut juga memiliki jarak tempuh maksimal sejauh 506 kilometer dalam sekali pengisian daya. Hal tersebut membuatnya sebagai crossover listrik paling efisien menurut situs insideevs.com. Jika dirata-rata, Model Y memiliki efisiensi konsumsi daya sebesar 6,4 kilometer per kWh, unggul jauh dari rata-rata kompetitornya seperti Jaguar iPace, Mercedes-Benz EQC, Ford Mustang Mach E dan Audi e-Tron yang memiliki rata-rata memiliki efisiensi konsumsi daya di bawah 4,8 kilometer per kWh.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil berkualitas di sini

Foto grafik konsumsi daya pada Tesla Model Y dibanding para kompetitornya

Grafik efisiensi daya Model Y jika dibandingkan dengan para kompetitornya versi situs insideevs.com

Dengan keunggulannya tersebut, wajar jika Model Y menjadi salah satu crossover yang paling ditunggu-tunggu oleh publik Amerika. Kabarnya, crossover yang memiliki kemiripan dengan Model 3 ini akan diluncurkan pada bulan Maret 2020 mendatang dalam sebuah live show. Untuk harganya, Model Y akan ditawarkan dengan harga mulai dari US$ 40 ribu atau sekitar Rp 544 juta untuk varian Standard dan US$ 62 ribu atau sekitar Rp 843 juta untuk varian Performance.

>>> Update berita otomotif terkini di Cintamobil.com

 
back to top