Tesla Cybertruck Vs Ford F-150 Adu Tarik, Siapa Pemenangnya?

03/12/2019

Mobil baru

3 menit

Tesla Cybertruck Vs Ford F-150 Adu Tarik, Siapa Pemenangnya?
Musk menyatakan Tesla Cybertruck merupakan model terakhir yang dirilis pada tahun ini. Dia juga menyatakan tak akan lagi merilis model baru dalam beberapa waktu berikutnya.

Tesla Cybertruck baru saja dirilis akhir bulan lalu. Pikap bertenaga listrik itu memiliki desain anti mainstream bersudut tajam serta menggunakan material stainless steel.

>>> [INFOGRAFIK] Aneh atau Unik? 10 Fitur Menarik Milik Tesla Cybertruck

Gambar menunjukan peluncuran Tesla Cybertruck

Tampilan futuristik dari Tesla Cybertruck

Selama presentasi dari Tesla Cybertruck akhir bulan lalu (24/11), produsen mobil listrik asal California itu menampilkan juga video singkat pickup listrik Tesla Cybertruck adu tarik dengan Ford F-150. Klip pendek menunjukkan kemenangan yang nyata untuk Cyber truck pikap futuristik bertenaga listrik terhadap truk pikap terlaris di pasar Amerika Serikat Ford F-150. Tapi apakah  pertarungan itu adil?

Video yang dipresentasikan Bos Tesla, Elon Musk itu menurut Motor1 tidak menyertakan spesifikasi detail dari Ford 150. Diduga bahwa pertandingan tarik-menarik itu tidak seimbang. Alasanya karena Tesla Cybertruck menggunakan all-wheel-drive atau AWD. Sedangkan Ford 150 trim STX diperkirakan menggunakan Rear Wheel-Drive.

Selain itu, dalam pertandingan tarik-menarik, output mesin dan berat kendaraan pada dasarnya juga menentukan pemenangnya. Ford 150 trim STX model RWD diperkirakan memiliki bobot yang lebih ringan, lebih murah, dan mungkin secara signifikan kurang bertenaga dibandingkan Tesla Cybertruck.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap cek disini

Pasar mobil pikap di AS sendiri salah satu segmen kendaraan paling menguntungkan di dunia. Mayoritas penjualannya dikuasai pabrikan lokal yakni Ford dan General Motors. Musk menargetkan Tesla bisa menyaingi penjualan Ford F-150 sebagai model truk pikap populer di Amerika Serikat.

Tesla pabrikan spesialis mobil listrik itu menawarkan Cybertruck dalam tiga varian. Yaitu single-motor berpenggerak roda belakang dengan daya baterai mencapai 402 kilometer (km). Lalu ada varian dual-motor 4WD yang mampu melaju sejauh 482 km dalam sekali isi daya baterai. Dan varian ketiga bertenaga tiga-motor 4WD dengan daya jelajah hingga 804 km.

Dalam dua hari sejak diperkenalkan, Tesla Cybertruck sudah terjual 10.000 unit. Kemudian di hari ketiga, yang tepatnya 23 November 2019, pesanan truk listrik ini sudah mencapai hampir 150.000 unit dan akan diproduksi pada tahun 2021 mendatang. Sementara Cybertruk bertenaga tiga-motor baru akan diproduksi setelah tahun 2022.

>>> Berita otomotif menarik lainnya ada disini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top