Ternyata Toyota Sienna 2021 Terinspirasi dari Kereta dan Toyota Supra

27/10/2020

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Ternyata Toyota Sienna 2021 Terinspirasi dari Kereta dan Toyota Supra
Dalam pengembangan Toyota Sienna 2021, desain yang lebih aerodinamis ternyata dibuat berdasarkan inspirasi dari kereta cepat serta lekukan tubuh Toyota Supra.

Model terbaru Toyota Sienna 2021 dirancang oleh Calty Design Research, Divisi Operasi Desain Toyota yang terletak di California Selatan. Mobil dikembangkan di Studio Ann Arbor, Michigan mencoba untuk memberikan tampilan Sienna terbaru yang dibuat berdasarkan tampilan depan kereta cepat dan kesan aerodinamis dari Toyota Supra.

Dikembangkan dari sketsa

Dilansir dari The Drive, desainer di Calty Design menginginkan Sienna membawa kesan tegas yang mirip dengan mobil sport maupun SUV. Matt Sperling selaku Kepala Desain di Calty Design Research mengungkapkan bahwa perubahan Sienna dilakukan dengan membuat sketsa lalu menggunakan tanah liat untuk membangun desain yang berbeda dengan model sebelumnya.

“Proyek Sienna ini merupakan tantangan yang menyenangkan bagi kami karena kami jarang membuat minivan yang keren,” ungkap Sperling. “Kita bisa bermimpi besar di fase awal dan itu penting karena terkadang sejak awal Anda tidak tahu apa yang bisa Anda capai. Inti dari bermimpi besar sejak dini adalah menetapkan visi," lanjut dia.

desain eksterior kereta cepat di Jepang
Desain kereta cepat yang menjadi inspirasi gaya baru Sienna

>>> Keren Nih Kalau Ada Toyota Supra Police Interceptor

Sperling menyebutkan sketsa akan menjadi landasan bentuk baru dari Sienna yang akan dikembangkan. Dari sketsa, pemodel akan mengambil alih. Sienna dibentuk oleh pemodel kelas dunia Dion Covelli dengan menggunakan desain 3D untuk mendapatkan kesan mulus dan memperhatikan aspek lengkungan pada eksterior mobil, seperti yang ditemukan pada Toyota Supra dan kereta cepat di Jepang

“Dalam proses 3D, kami masih mendesain,” kata Covelli. “Tidak semuanya dapat sepenuhnya diketahui saat kita menggunakan 3D, dan pemodel harus membuat banyak keputusan kreatif tentang kurva dan sudut yang memengaruhi setiap aspek,” jelas Covelli. 

>>> Harga Nyaris Rp 500 Juta, Toyota Innova Facelift Sasar Konsumen Ini

Diakhiri dengan desain dari tanah liat

Pengembangan desain mobil, khususnya, Toyota Sienna 2021, menggunakan tanah liat. Meskipun dibuat dengan bantuan komputer atau Computer-Aided Design (DAD), desain Sienna dibuat lagi dalam bentuk tanah liat agar mampu memperlihatkan tampilan kendaraan secara tiga dimensi.

Dalam kasus Sienna, jelas Covelli, pilar A adalah area yang rumit untuk diproduksi. Pengaturan sudut harus dibuat presisi agar model bisa tampil sempurna. Nyatanya, ada banyak kesalahan yang dilakukan pada saat mobil diproduksi. Dan kesalahan pengukuran setengah milimeter bisa berdampak buruk pada mobil.

sisi samping Toyota Sienna 2021 berwarna merah
Hasil akhir Toyota Sienna 2021 yang dipasarkan di Amerika

Setelah model tanah liat disetujui dan Sienna masuk ke proses produksi, hasil akhir menunjukkan model yang lebih panjang dan lebar ditambah lekukan pada tampilan samping yang membuatnya terasa lebih agresif serta spoiler apik pada bagian belakang.

Meski laris manis di Amerika, minivan satu ini tak lama mencicipi persaingan di Indonesia. Pasalnya Sienna hanya pernah dipasarkan melalui Importir Umum (IU) pada rentang tahun 1999 hingga 2002. Kali ini, generasi keempat dengan basis dari Toyota Camry dipersiapkan untuk meluncur akhir tahun ini di Amerika.

>>> Pilihan mobil baru dan bekas Toyota lainnya bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top