Apa Perbedaan Toyota Fortuner GR Sport dan TRD Sportivo?

10/08/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Usung tagline Drives You to the Top of Everything, mari kita intip apa saja perbedaan Toyota Fortuner GR Sport dan TRS Sportivo yang baru diluncurkan kemarin.

PT Toyota Astra Motor langsung memperkenalkan lima varian GR Sport di Indonesia tahun ini. Setelah sebelumnya Toyota Raize GR Sport yang menarik perhatian, SUV tangguh Fortuner juga mendapatkan edisi yang lebih sporty. Bagi Anda yang tertarik dengan mobil ini, simak terlebih dahulu perbedaan Toyota Fortuner GR Sport dan TRD Sportivo yang tak lagi dipasarkan.

Lebih sporty dan fitur baru

Ubahan paling banyak tentu saja pada tampilan kosmetika mobil ini. Fortuner dibuat lebih garang dengan grille chrome gelap untuk bumper depan lengkap dengan lampu LED. Desain velg baru juga tersedia. Ciri khas GR Sport juga terpampang dengan logo yang bisa ditemukan pada sisi samping bawah dan bagian belakang dengan bumper baru.

beda Toyota Fortuner GR Sport pada bagian belakang
Ada emblem GR Sport ditemukan di samping dan belakang mobil ini

Kabin Fortuner GR Sport dibuat sama maskulinnya dengan bagian luar. Dimana tampilan dalam didominasi oleh interior berwarna hitam, meski tak ada perubahan desain yang ditawarkan. Head unit 9.0 inci sudah dilengkapi fitur surround monitor dan kompatibilitas perangkat Near-Field Communication (NFC).

>>> Cintamobil TV: Tes Lengkap Mobil SUV Terlaris di Indonesia, Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo 4x2 2021

pengisi daya nirkabel yang ada pada Toyota Fortuner GR Sport
Fitur pengisi daya nirkabel juga diberikan pada mobil ini

Tapi TAM menambahkan beberapa fitur baru untuk kepraktisan di dalam kabin. Mulai dari fitur Auto A/C Dual Zone adaptif serta wireless charging yang akan membantu Anda mengisi daya smartphone Anda tanpa lilitan kabel yang mengganggu. Dari sisi kenyamanan, ada tambahan fitur bukaan bagasi dengan ayunan kaki, sama seperti yang ditemukan pada tipe VRZ.

>>> Mau GR Sport atau TRD Sportivo, Sebenarnya Ya Sama Saja!

Sisi teknis masih sama

Mesin yang digunakan sayangnya tak memiliki perubahan secara teknis. Dimana Toyota menghadirkan dua varian mesin untuk GR Sport, yaitu mesin bensin 2,7 liter 4-silinder bertenaga 163 hp dan torsi puncak 247 Nm untuk tipe 4x2 2.7 GR Sport A/T dan mesin diesel bertenaga turbo dengan keluaran 149 hp dan torsi maksimal 400 Nm bagi 4x2 2.4 GR Sport.

Kedua mesin mendapatkan transmisi otomatis 6-percepatan untuk menggerakkan roda belakang. Didukung dengan berbagai sistem berkendara yang juga diberikan pada Fortuner standar, mulai dari Trailer Sway Control, Traction Control, Stability Control, Hill Start Assist, dan Emergency Brake Signal.

Saat ini ada lima warna eksterior yang bisa Anda pilih. Mulai dari Silver Metallic, Dark Grey Mica Metallic, Super White, Attitude Black, dan Phantom Brown Metallic. Harganya pun memiliki perubahan, dimana harga Toyota Fortuner Sport dibanderol mulai dari Rp 544,2 jutaan untuk varian turbodiesel 2,4 liter dan Rp 605 jutaan untuk varian bensin 2,7 liter.

>>> Simak harga Toyota Fortuner baru dan promo 2021 hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top