Tenaga Dan Torsi Turun Jadi Jaminan New Confero S Lebih Irit BBM?

15/03/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Melihat spesifikasi New Confero S, terlihat bila pada data spesifikasi yang baru tersebut output tenaga dan torsinya menurun dari sebelumnya, jadi lebih irit?

Bila melihat spesifikasi jagoan baru PT SGMW (SAIC-GM-Wuling) Motor Indonesia ini yakni Wuling New Confero S, maka langsung terlihat apabila di data spesifikasi output tenaga dan torsinya menurun dari sebelumnya. Lantas apakah hal ini bisa jadi jaminan bahwa Confero akan memiliki konsumsi BBM yang lebih irit? Minimal bila dibandingkan dengan versi sebelum facelift.

Tenaga Dan Torsi Turun Biar Lebih Irit BBM?

Foto mesin N15 Wuling

Output tenaga dan torsi menurun

Di Wuling Confero facelift ini tercatat tenaganya menurun sekitar 10,5 HP yakni dari 107 HP menjadi 98 PS (atau sekitar 96,5 HP) pada putaran mesin yang sama yakni 5.800 rpm. Sementara untuk torsinya juga menciut 7 NM dari versi sebelum penyegaran, tepatnya dari 142 NM ke 135 NM di rentang putaran mesin serupa yaitu 3.800 hingga 4.200 rpm yang tetap tersalur ke dua roda belakang.

Foto tuas transmisi Wuling New Confero S 2021

Transmisi berikut rasio serta penggerak tidak ada ubahan

Namun, meski ouput tenaga dan torsi terdapat ubahan, tetapi final gear yang digunakan pada New Confero S ini bak pinang dibelah dua dengan versi sebelumnya alias tak ada ubahan. Dari mulai perbandingan gigi satu hingga lima demikian pula dengan jumlah rasionya yang masih menganut 5-percepatan maju. Ban yang digunakan juga ukurannya tetap yaitu 195/60R15.

Foto ban dan velg New Confero S 2021

Ukuran ban tetap sama dengan Confero sebelum facelift

Disinyalir penurunan tenaga tersebut untuk mengejar konsumsi BBM yang lebih baik dan makin mendekati rivalnya yaitu Toyota Avanza yang mengusung layout serupa (mesin depan, 5-percepatan manual, dan penggerak roda belakang). Selain tuning yang berbeda, penurunan output ini juga diperkirakan akibat absennya teknologi katup variabel bernama VVT di mesin berkode N15 ini (sebelumnya berkode B15 atau L2B).

>>> Wuling Cortez CT Type S: Pilihan Rasional Keluarga dan Pengusaha

Belum Ada Keterangan Resmi

Foto tampilan belakang Wuling New Confero S 2021

Apakah bobot New Confero S ini lebih ringan? Sayang belum ada keterangan resmi...

Sayangnya, ketika tim Cintamobil.com mencoba mengkonfirmasi mengenai maksud dan tujuan ubahan teknis ini pihak PT SGMW Motor Indonesia hingga artikel ini diturunkan belum memberikan keterangan apapun mengenai ubahan yang dilakukan pada produk baru mereka ini. Seperti hipotesis kami, diperkirakan ubahan ini dilakukan untuk menjawab kritikan dari produk sebelumnya. Apalagi mobil ini di versi faceliftnya tetap tak dilengkapi dengan MID (Multi Information Display) yang menunjukkan konsumsi BBM rata-rata apalagi real time.

Foto mesin Wuling New Confero S 2021

Mesin baru ini bisa lebih irit konsumsi BBM? We'll see...

Tapi kami mendapat informasi dari sumber yang kredibel mengenai ubahan di mesin ini "Engine management systemnya beda, lebih buat irit BBM, gas buang lebih rendah (Euro4)," papar sumber teknik terpercaya yang enggak mau namanya terkenal ini. Pria yang senang jalan-jalan ini juga menambahkan, "(Pengendaraan) lebih smooth driving. Shortblock (blok mesin atas), sektor lubrikasi dan lain-lain ada beberapa improvement dari mesin lama," tambahnya. Well, seberapa irit New Confero S 2021 ini? Tunggu pengetesan lengkap tim Cintamobil.com terhadap mobil ini jika unit tes sudah tersedia.

>>> Mau beli mobil Wuling Confero dalam kondisi bekas? Klik di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga New Confero S ini?
Harga New Confero S On The Road DKI Jakarta: New Confero S Type C Lux Rp 169.800.000 New Confero S Type C Lux+ Rp 171.800.000 New Confero S Type L Lux Rp 180.800.000 New Confero S Type L Lux+ Rp 182.800.000 New Confero S Type L ACT Lux Rp 189.300.000 New Confero S Type L ACT Lux+ Rp 191.300.000
Siapa kompetitor terdekat New Confero S ini?
Dengan layout penggerak, transmisi dan kapasitas mesin yang sama New Confero S harus berhadapan dengan Toyota New Avanza 1.5 G MT
Berapa konsumsi BBM New Confero S?
Tunggu pengetesan lengkap tim Cintamobil.com terhadap mobil ini jika unit tes New Confero S sudah tersedia

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top