Mobil Listrik India Tata Tigor EV Meluncur, Dibanderol Rp 200 Jutaan!

01/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Menemangi Nexon EV yang sudah lebih dulu meluncur. Tata Motors perkenalkan mobil listrik Tigor yang dijual cukup terjangkau berkisar Rp 200 jutaan.

Tata Motors terus memperluas jajaran produknya di segmen elektrifikasi. Model terbaru hadir dalam bentuk sedan yang dinamai Tata Tigor EV.

>>> Wuih! India Punya Mobil Listrik Bertenaga 1.000 HP!

Gambar menunjukan Tigor

Wajah Tata Tigor EV

Dapat Berjalan Hingga 306 Km

Tata Tigor EV baru adalah merek mobil listrik kedua milik pabrikan mobil asal India tersebut. Sebelumnya Tata sudah memiliki  Nexon EV yang telah dibekali dengan arsitektur mobil listrik bertegangan tinggi canggih Ziptron Sedan bertenaga listrik baru itu mampu menghasilkan output daya puncak 55 kW atau setara dan torsi puncak 170 Nm. Tigor EV mampu berlari dari 0 hingga 60 km/jam dalam waktu 5,7 detik. 

Kemudian Tigor EV juga telah dilengkapi dengan baterai lithium-ion 26 kWh yang dikemas secara efisien, memberikan energi onboard tertinggi di segmennya. Tata juga mengklaim bahwa Tigor EV baru memiliki jangkauan hingga 306 km dan menawarkan peringkat keamanan GNCAP bintang 4.

"Beberapa tahun terakhir adalah milik pengadopsi awal EV di India tetapi sekarang adalah waktu mayoritas awal untuk pindah ke EV. Dengan pengalaman yang sangat sukses dengan Nexon EV, kami dapat dengan yakin menyatakan bahwa EV dengan cepat menjadi arus utama. Kami sangat gembira untuk memperkenalkan mobil listrik kedua kami di segmen pribadi. Dengan EV Tigor yang serba baru, kami ingin memimpin evolusi ini ke EV arus utama di India dengan pesan kepada semua penggemar otomotif untuk Evolve to Electric,” kata Vivek Srivatsa, Head-Marketing, Passenger and Electric Vehicles Business Unit, Tata Motors.

>>> Tata Motors Berencana Hadirkan Enam Mobil Listik Baru untuk Pasar India

Gambar menunjukan Interior mobil

Tampilan interior Tata Tigor EV

Harganya Cukup Terjangkau Sebagai Mobil Listrik

Tata Tigor EV baru yang diluncurkan untuk pasar India ini tersedia dalam 3 varian yakni XE, XM, dan XZ+. Ada juga opsi dual-tone yang tersedia dengan trim tertinggi. Tata Motors juga menawarkan garansi 8 tahun dan 1.60.000 km untuk baterai serta motor.

Adapun harga, model dasar dijual seharga 11,99 lakh rupee (Rp 234 juta) sedangkan varian tingkat menengah dibanderol dengan harga 12,49 lakh rupee (244 juta. Sedangkan Trim XZ+ yang tertinggi dijual sebesar INR 12,99 lakh rupee  (Rp 253 juta) dan jika pelanggan ingin melanjutkan dengan model dual-tone, harus mengeluarkan dana hingga 13,14 lakh rupee (Rp 256 juta).

>>> Mau Beli Mobil Bekas? Ini Lokasi Dealer Toyota Bekasi

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top