Tata Harrier Resmi Diproduksi Massal, Siap Diluncurkan 2019

04/11/2018

Mobil baru
Share this post:
Tata Harrier Resmi Diproduksi Massal, Siap Diluncurkan 2019
Tampil perdana di AutoExpo 2018 sebagai Tata H5X Concept, Tata Harrier kini resmi masuk jalur produksi dan siap diluncurkan awal 2019 mendatang. Punya kemiripan dengan mobil Jaguar Land Rover, akankah mobil keren ini masuk ke Indonesia?

Foto unit pertama Tata Harrier di pabrik Pune India

Unit pertama Tata Harrier diluncurkan di pabrik Tata, Pune India

Setelah membuka pemesanan mulai awal Oktober 2018 di berbagai dealer yang tersebar di seluruh kota, Tata Motors akhirnya resmi meluncurkan unit pertama SUV Tata Harrier di pabrik perakitan yang baru di Pune India. Peluncuran ini sekaligus menandai masuknya Tata Harrier ke jalur produksi secara massal dan siap dipasarkan.

Seperti pernah diungkap dalam situs resmi Tata Motors beberapa bulan lalu, SUV Tata Harrier adalah mobil pertama yang mengusung filosofi Impact Design 2.0. Eksterior dan interiornya didesain secara cerdas dipadu dengan konektivitas dan infotainment terbaik dikelasnya. Desain sasisnya monokok dikembangkan bersama Jaguar Land Rover dengan platform OMEGA (Optimal Modular Efficient Global Advanced). Mobil ini dibangun dengan tingkat otomatisasi 90 persen.

Dari sisi desain, Tata Harrier nampak gagah dan berkarakter ala mobil Jaguar Land Rover. Lampu utama bagian depan meruncing ke dalam bertumpuk secara terpisah dengan foglamp yang berada di bawahnya. Di atasnya ada lampu Daytime Running Lamp (DRL) LED dengan desain sipit dan agresif. Desain lampu belakang juga eye catching ramping menyudut dari belakang ke arah samping. Ada antena sirip hiu di bagian atas, roof-mounted spoiler dan skid-plate dengan aksen silver.

Dari samping Tata Harrier terlihat pilar A, B, C terbungkus warna hitam menampakkan kesan floating roof dengan aksen krom di atas kaca jendela. Di bagian kaki-kaki ada velg aluminium 5-spoke.

>>> Tata Motors Bersiap Luncurkan Model SUV Paling Dinanti, Tata Harrier

Foto Tata Harrier tampak samping depan

Foto Tata Harrier tampak samping belakang

Desain keren Tata Harrier, SUV penantang Jeep Compass dan Hyundai Creta

Di bagian interior, Tata Harrier yang memiliki kapasitas 5 tempat duduk menampilkan ventilasi AC depan dan belakang, sunroof, sistem infotainment touchscreen dengan sistem suara surround, kontrol yang dipasang di kemudi dan kursi elektrik dengan fungsi memori. Untuk keamanan, SUV baru dari Tata Motors ini dilengkapi kamera parkir belakang, sensor parkir, dan airbag ganda.

Untuk urusan dapur pacu Tata Harrier dibekali mesin diesel 2.000 cc Kryotec 4-silinder. Tenaga yang dihasilkan maksimum sebesar 140 hp dan torsi maksimum 320 Nm. Tata Harrier tersedia dalam dua pilihan transmisi yaitu manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan yang diadopsi dari Hyundai. Drivetrain-nya juga tersedia dalam dua pilihan yaitu 2WD dan 4WD.

Belum ada keterangan resmi berapa harga Tata Harrier ini dijual. businesstoday.in menulis SUV penantang Jeep Compass dan Hyundai Creta ini bakal dilepas dari kandang Tata Motors dengan harga mulai $17,700 hingga $‪21,800 atau sekitar Rp 269 juta hingga Rp 331 juta.

Tata Harrier melengkapi barisan SUV Tata Motors yang dihuni Tata Nexon, Tata Hexa, Tata Storme dan Tata Sumo Gold. Apakah model ini bakal mengisi line up Tata Motors Indonesia juga? Belum ada sedikitpun kabar ke arah itu. Lagi pula, Tata Motors Indonesia lebih fokus pada penjualan mobil-mobil niaga komersil seperti pick up berdimensi kecil hingga truk-truk besar.

>>> Tata Motors Indonesia Fokus Garap Pasar Food Truck

 

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top