Hyundai Staria Belum Punya Varian Listrik

14/04/2021

Mobil baru

3 menit

Meski tampil mewah, Hyundai STARIA bukanlah mobil listrik. MPV futuristik dan diklaim sangat nyaman ini menggunakan mesin konvensional, bensin dan diesel.

Hyundai Motor Co. resmi meluncurkan MPV terbaru Hyundai Staria secara digital pada Selasa, (13/4/2021). Mobil ini menjadi produk perdana jajaran MPV Hyundai dan akan dijual mulai paruh kedua tahun 2021. Dalam pernyataannya, Hyundai menyebut Staria merupakan wujud awal dari metodologi desain 'inside-out' baru Hyundai Motor. Mobil ini ditetapkan sebagai tonggak untuk kendaraan-kendaraan di era mobilitas masa depan.

Mengedepankan kenyamanan

Dari berbagai sisi, Hyundai Staria sengaja dibuat untuk tujuan kenyamanan. Desain boxy-nya berukuran panjang 5.253 mm, lebar 1.997 mm, tinggi, 1.990 mm, dan wheelbase 3.273 mm. Ukuran ini menciptakan ruang kabin yang lapang. Pintu samping kiri kanan sistem geser memudahkan akses keluar masuk kendaraan, hingga seluruh panel kaca yang berukuran super besar agar visibilitas keluar lebih luas.

Kemudian untuk fitur interior dan eksterior digambarkan senyaman pesawat dan semewah kapal pesiar. Tampilan mukanya jauh berbeda dari umumnya mobil Hyundai. Sedangkan di bagian interior bisa diatur dengan berbagai konfigurasi. Dari 2 seater hingga 11 seater untuk mengakomodir banyak penumpang. Kursinya lengkap dengan segala pengaturan elektrik, dari headrest hingga leg rest. Kursi bahkan bisa diputar hingga 180 derajat.

>>> MPV Mewah Hyundai Staria Meluncur, Begini Tampangnya!

Foto Hyundai STARIA Premium tampak samping depan

STARIA, MPV pertama Hyundai dengan tampilan baru

Belum tersedia varian listrik (EV)

Menjadi tonggak mobil masa depan, sangat masuk akal jika Hyundai Staria adalah mobil listrik. Tapi kenyataannya tak begitu. MPV mewah ini tetap menggunakan mesin konvensional untuk menunjang performanya. Bahkan tersedia juga mesin diesel yang di sejumlah negara mulai dihapus pelan-pelan.

Pilihan pertama; mesin bensin MPI 3.500 cc Smartstream G6DIII. Dipadu dengan transmisi otomatis 8 percepatan, mesin ini menghasilkan tenaga maksimum 268 Hp (272 PS) dan torsi maksimum 331,5 Nm. Pilihan kedua; mesin diesel CRDi VGT Turbocharger 2.200 liter. Dipadu dengan transmisi manual 6 percepatan atau otomatis 8 percepatan, tenaga yang dihasilkan mencapai 175 Hp (177 PS) dan torsi maksimum 431,5 Nm.

Apakah mobil ini benar-benar nyaman, belum bisa dinilai. Publik harus menunggu sampai unitnya tersedia dan dikomentari oleh para reviewer independen. Yang pasti, Hyundai Staria juga direncanakan untuk menjadi fungsi lain yang berbeda seperti limusin, ambulans, dan mobil berkemah.

Sedangkan dari sisi powertrain bakal dibuatkan versi yang lebih ramah lingkungan di tahun-tahun yang akan datang, yaitu Staria Fuel Cell berbahan bakar hidrogen. Hyundai tidak menyebut atau menyinggung yang varian listrik (BEV).

>>> Tertarik mobil Hyundai, Cek harganya di sini!

Foto Interior Hyundai STARIA Premium

Staria menjanjikan kemewahan dan kenyamanan

>>> Berita otomotif terbaru bisa Anda lihat di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top