Tampil di TMS 2019, Mitsubishi Fuso F-Cell Kini Siap Diproduksi Massal

30/03/2020

Mobil baru

3 menit

Tampil di TMS 2019, Mitsubishi Fuso F-Cell Kini Siap Diproduksi Massal
Mitsubishi Fuso mengumumkan bakal memulai memproduksi truk Fuel Cell berbahan bakar hidrogen di akhir 2020 demi mempercepat program bebas emisi karbon 2039.

Produsen kendaraan komersial terkemuka di Asia, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) mengumumkan visinya untuk membuat semua kendaraan baru untuk pasar Jepang bebas emisi karbon (CO2) pada 2039. Sebagai 'pembukaan' MFTBC bakal mulai memproduksi truk eCanter F-Cell pada akhir 2020-an. Seperti apa detail truk berbahan bakar hidrogen ini, konsepnya sudah dipublikasikan saat pameran Tokyo Motor Show 2019 tahun lalu dengan nama Vision Fuel Cell (F-Cell).

Foto menunjukkan Mitsubishi Fuso eCanter F-Cell tampak dari samping depang

Mitsubishi Fuso eCanter F-Cell siap masuk jalur produksi massal

>>> Toyota dan Hino Duet Bikin Truk Berbahan Bakar Hidroge

Proyek Lanjutan

Proyek ini merupakan lanjutan karena sebelumnya Fuso sudah terlebih dulu memproduksi massal eCanter dan menjualnya di pasar Jepang, Eropa dan Amerika Serikat. Yang berbeda, eCanter adalah truk listrik menggunakan baterai lithium ion power packs berkapasitas total 82,8 kWh.

Fuso eCanter F-Cell memanfaatkan hidrogen padat bertekanan tinggi sebagai sumber energi, dengan daya jelajah hingga 300 km. Salah satu keuntungan kelebihan eCanter F-Cell terletak pada sisi pengisian ulang. Sebagiamana truk berbahan bakar fosil, truk berbahan bakar hidrogen ini hanya butuh waktu kurang dari 10 menit untuk pengisian ulang. Ini berbeda jauh dibanding pengisian pada truk listrik Fuso eCanter yang butuh waktu 6-8 jam untuk pengisian penuh. Atau paling cepat 1,5 jam menggunakan pengisian daya fast charging.

“MFTBC mengambil peran utama dalam mewujudkan elektrifikasi kendaraan komersial. Visi kami adalah untuk meningkatkan jaringan dan teknologi Daimler Group dalam mengembangkan solusi e-mobilitas canggih, memenuhi tujuan transportasi netral-CO2. Untuk mewujudkan visi ini, dan menjadikan transportasi CO2-netral menjadi pilihan yang layak bagi pelanggan kami, subsidi untuk kendaraan listrik dan peralatan pengisi daya akan terus menjadi sangat penting. Melalui kolaborasi erat dengan para pemain industri, kami bertujuan untuk memberikan kendaraan netral CO2 kepada pelanggan dan terus menawarkan solusi yang lebih baik kepada mereka. " tutur CEO MFTBC Hartmut Schick, dalam keterangan resminya, (26/3/2020).

>>> Review Mitsubishi Fuso eCanter 2020: Truk Listrik Canggih Seharga 6 Pajero

Foto menunjukkan Mitsubishi Fuso eCanter F-Cell tampak dari samping belakang

Foto ruang kemudi Mitsubishi Fuso eCanter F-Cell

Mitsubishi Fuso eCanter F-Cell dilengkapi dengan teknologi canggih

>>> Jangan lupa update berita tentang pasar otomotif Indonesia di sini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top