Suzuki S-Cross Diluncurkan, Tampil Makin Tangguh Bak SUV Murni

26/11/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Suzuki S-Cross resmi diluncurkan secara virtual pada Kamis (25/11). Tak lagi mengusung nama SX4, mobil ini tak lagi terlihat seperti sebuah Hatchback tinggi.

Jika sebelumnya S-Cross terlihat seperti sebuah Hatchback dengan ground clearance lebih tinggi, Suzuki menegaskan segmentasi mobil ini dengan meluncurkan generasi baru yang lebih tampak seperti SUV.

Suzuki S-Cross akan menggantikan SX4 S-Cross generasi sebelumnya yang dipasarkan sejak tahun 2013. Seperti pendahulunya, mobil ini akan diproduksi di pabrik Magyar Suzuki yang berlokasi di Hungaria.

Perombakan Penampilan

Harus diakui, SX4 S-Cross yang pertama kali diperkenalkan pada 2006 bukanlah mobil yang atraktif. Mobil yang diplot sebagai sebuah Crossover kompak itu seakan tak punya segmentasi yang jelas dengan tampilan Hatchback yang ditinggikannya.

>>> Review Suzuki Ignis GL MT 2017: Hatchback Tahun Muda Seirit Motor

Gambar Fascia Suzuki S-Cross

Tampilan fascia depan Suzuki S-Cross

Kini, Suzuki melahirkan mobil itu dengan nama baru serta tampilan yang lebih tangguh selayaknya sebuah SUV murni. Tampilan fascia depan dihiasi dengan grille besar berwarna piano black yang diapit oleh lampu depan three-pointed LED. Kombinasi tersebut menimbulkan kesan sporty nan modern pada Suzuki S-Cross.

Bagian fender mobil yang dihiasi body cladding dengan material plastik berwarna hitam juga seakan menegaskan identitasnya sebagai Compact SUV.  Sementara itu, bagian belakang mobil juga tampil makin tangguh dan modern dengan desain sepenuhnya baru yang dihiasi lampu kombinasi three-pointed LED serta garis bodi yang lebih kaku.

Gambar Suzuki S-Cross

Kini lebih pantas disebut sebagai sebuah SUV

Meski Suzuki menyebut mobil ini sebagai model baru, sebenarnya siluet dari SX4 S-Cross sebelumnya masih bisa kami lihat. Apalagi, secara dimensi mobil ini juga tampak serupa. Dengan panjang 4.300 mm, lebar 1.785 mm, tinggi 1.585mm, dan jarak sumbu roda 2.600 mm, spesifikasi teknisnya jelas sama persis dengan sang pendahulu.

>>> Ertiga Sport FF Jadi Racikan Terbaik Suzuki Hadapi Sengitnya Low MPV

Dibekali Mesin Turbo + Mild-Hybrid

Buka kap mesin dan Anda akan menemukan mesin bensin 1.4 liter turbocharged yang dilengkapi dengan teknologi Mild-Hybrid. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 127 HP dan torsi 235 Nm. Unit ni dipinjam dari saudaranya, Suzuki Swift Sport.

Suzuki S-Cross diklaim dapat berakselerasi dari 0 - 100 km/jam dalam 9,5 detik, atau 10,2 detik jika Anda memilih varian penggerak empat roda (AWD) yang ditandai dengan emblem Allgrip. Mobil ini ditawarkan dengan opsi transmisi manual 6-percepatan dan otomatis dengan jumlah gigi yang sama.

Gambar Penggerak S-Cross

Dibekali mesin turbo dan sistem Mild-Hybrid

Penjualan untuk Benua Eropa akan dimulai bulan depan (Desember 2021), dengan Amerika Latin, Oseania, dan Asia menyusul pada 2022. Artinya, kemungkinan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru berencana memasukkan mobil ini di pertengahan tahun depan.

Tetapi, melihat nasib Suzuki Ertiga yang tak kunjung mendapatkan facelift, kami sedikit pesimis dengan jadwal tersebut.

>>> Klik di Sini untuk Menemukan Mobil Bekas Idaman Anda

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top