Suzuki Kembangkan Mesin Generasi Terbaru Untuk Ertiga Diesel, Akankah Masuk Indonesia?

12/02/2019

Mobil baru
Share this post:
Suzuki Kembangkan Mesin Generasi Terbaru Untuk Ertiga Diesel, Akankah Masuk Indonesia?
PT Suzuki Indomobil Sales pernah memasarkan Suzuki Ertiga Diesel pada tahun 2017, kini Suzuki India sedang mengembangkan mesin generasi terbaru untuk Suzuki Ertiga Diesel, akankah unit terbaru ini masuk Indonesia?

Tampak Suzuki Ertiga Diesel 2017 Indonesia

Suzuki Indonesia pernah menjual Suzuki Ertiga bermesin Diesel DDiS berkode mesin D13A di Indonesia pada tahun 2017

Salah satu rekan kami yang satu grup di India mengabarkan bahwa mereka menemukan bocoran bukti bahwa Suzuki sedang mengembangkan mesin generasi terbaru mesin dieselnya. Dari dokumen tersebut, disebutkan bahwa Maruti Ertiga dan Maruti Ciaz akan mendapatkan mesin diesel terbaru berkode E15A dengan kapasitas 1.500 cc. Mesin diesel terbaru Suzuki ini akan di branding dengan ‘DDiS 225’, yang maknanya adalah mesin diesel terbaru Suzuki dengan torsi mencapai 225 nm. Mesin dengan isi silinder bersih 1.498 cc dapat menghasilkan tenaga maksimum 70 kW (atau sekitar 95,17 PS) pada 4.000 rpm dan torsi 225 Nm yang didapat pada rentang 1.500-2.500 rpm.

>>> Ini pendapat kami mengenai All New Suzuki Ertiga GX ESP 2017 yang kini sudah tidak diproduksi oleh Suzuki Indonesia

Tampak Dokumen IndianAutosBlog

Inilah dokumen yang menyebutkan Maruti Suzuki India sedang men-develop mesin diesel terbaru untuk Suzuki Ertiga

Untuk menjaga agar harga jual tetap kompetitif, Maruti Suzuki India kemunngkinan akan memperkenalkannya dalam versi BSIV. Berbeda dengan mesin diesel D13A 1.3L, mesin diesel terbaru Suzuki E15A 1.5L tidak akan hadir dengan teknologi mild hybrid SHVS yang pernah diperkenalkan di Suzuki Ertiga Diesel 2017. Di India sana Maruti Suzuki menjual Suzuki Ertiga diesel dalam empat tipe, yakni Ldi, Vdi, Zdi dan Zdi+. Model-model tersebut belum memakai mesin diesel 1.500 cc. Mesin diesel baru ini diklaim selain lebih irit bahan bakar juga lebih bertenaga. Akankah mesin diesel terbaru Suzuki ini masuk Indonesia lewat All New Suzuki Ertiga? Jika ya, sepertinya masih agak lama. Karena sambutan akan Suzuki Ertiga Diesel di Indonesia tahun 2017 lalu tidak begitu ramai animonya.

>>> Terungkap! Ini dia bocoran dokumen yang menjelaskan All New Suzuki Ertiga mendapat tambahan fitur

Maruti Suzuki Ertiga Diesel India berwarna merah

All New Suzuki Ertiga bermesin Diesel sudah dijual di India

Belum diketahui apakah akan ada pilihan transmisi otomatis untuk mesin diesel baru Suzuki ini. Namun, sepertinya mesin diesel berkapasitas kecil dengan transmisi otomatis belum akan ada di mesin diesel terbaru Suzuki ini. Mengapa demikian? Hal itu disebabkan karena belum ada vendor transmisi otomatis macam ZF, Aisin Warner, bahkan sekelas vendor transmisi balap macam Xtrac, Sadev, hingga Ricardo yang mampu serta mau menciptakan material transmisi otomatis dengan bahan ekstra kuat namun dijual dengan harga yang murah. Coba Anda tengok mesin diesel dengan kapasitas mesin kecil yang pernah dijual di Indonesia macam Renault Duster, Hyundai i20 Diesel, bahkan sampai Suzuki Ertiga Diesel yang pernah sebentar dijual di Indonesia tidak ada yang dilengkapi dengan transmisi otomatis.

>>> Dapatkan harga terbaik dari Suzuki Ertiga disini 

Tampak transmisi manual All New Suzuki Ertiga Diesel

Kami ragu Suzuki akan menyediakan transmisi otomatis untuk Suzuki Ertiga Diesel dengan mesin terbaru

>>> Simak artikel otomotif menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Varian Terbaru All New Ertiga Diesel Hybrid Dipastikan Meluncur Tahun Ini

08/05/2018

Pasar mobil

Suzuki Ertiga generasi terbaru atau All New Ertiga sudah resmi diluncurkan pada pameran IIMS 2018 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, 19-29 April 2018 lalu dan langsung tersedia dalam empat varian yaitu GX, GL, GX-ESP, dan GA dengan GX menjadi varian paling laris.

Lihat juga

All New Suzuki Ertiga 2020: Harga mobil All New Suzuki Ertiga & Promo Oktober

01/10/2020

Suzuki

Suzuki Ertiga adalah salah satu MPV terlaris Tanah Air. Dan di tahun ini Suzuki memberikan perubahan terbarunya. Berapa harga All New Suzuki Ertiga bulan ini?

Lihat juga

Bocoran Dokumen Ungkap Penambahan Fitur Suzuki Ertiga 2019

11/02/2019

Mobil baru

Baru saja tahun baru dimulai, Suzuki langsung gerak cepat membuka lembaran baru dengan untuk Suzuki Ertiga 2019. Bocoran tersebut menunjukan pelek baru serta beberapa fitur tambahan.

Lihat juga

Bakal Ada World Premiere di IIMS 2019, Apa Itu Suzuki Ertiga Cross?

02/02/2019

Event - Promosi

5 menit

Salah satu yang menarik dari pameran IIMS 2019 adalah bahwa di pameran otomotif bergengsi itu bakal ada peluncuran perdana mobil baru alias world premiere. Santer dikabarkan pula Suzuki Ertiga Cross menjadi kandidat terkuat mobil baru tersebut. Benarkah demikian?

Lihat juga

Review Dan Test Drive Suzuki All New Ertiga GX 2018: Bersenjata Makin Lengkap

29/06/2018

Editor rate:

Di tengah-tengah kritik terhadap pengurangan fitur Suzuki Ertiga 2018, Cintamobil.com melakukan test drive varian teratas GX. Simak terus untuk review selengkapnya

Lihat juga