Suzuki Jimny Terbaru Jadi Mobil Niaga 2 Kursi di Eropa

09/09/2020

Mobil baru

2 menit

Suzuki Jimny Terbaru Jadi Mobil Niaga 2 Kursi di Eropa
Suzuki mengubah salah satu model terfavoritnya, Suzuki Jimny terbaru, sebagai kendaraan niaga 2 kursi untuk mengatasi peraturan emisi yang ketat di Eropa.

Jimny memang menjadi salah satu jualan paling laris Suzuki di seluruh dunia. Tak hanya di Asia, tetapi popularitasnya di Eropa terlihat mengesankan. Hanya saja kehadiran Jimny di Benua Biru terancam batal akibat emisi buang yang masih tinggi. Untuk mengatasi peraturan emisi gas buang, Suzuki Jimny terbaru akhirnya diperkenalkan sebagai mobil niaga 2-kursi.

Suzuki Jimny 2 kursi

Pasar Eropa memang memiliki aturan emis yang ketat. Hal ini juga berlaku pada model yang masuk ke Eropa, seperti Suzuki. Masalah tersebut bahkan membuat Suzuki Jimny kemungkinan besar tidak bisa dipasarkan di Eropa. Namun pabrikan asal Jepang ini kembali merilis off-roader Suzuki Jimny dengan kedok kendaraan niaga ringan di Eropa.

interior Suzuki Jimny terbaru berwarna hitam
Jimny akhirnya mendapatkan konfigurasi 2 kursi untuk pasar Eropa

Dilansir dari Autocar, Suzuki membuang kursi belakang dan mengubah kompartemen belakang menjadi area penyimpanan yang besar dengan lantai datar dan partisi kargo. Jika dibandingkan dengan versi empat kursi dengan jok belakang dilipat, maka Suzuki Jimny 2 kursi ini memiliki kapasitas penyimpanan ekstra 33 liter, membuatnya memberikan total bagasi 863 liter.

>>> Seperti Ini Jadinya Kalau Suzuki Jimny Jadi Mobil Listrik

Ketatnya aturan emisi Eropa

Kehadiran Suzuki Jimny memang tidak bisa sejalan dengan peraturan emisi Eropa. Penjualannya terpaksa dihentikan dua bulan lalu ketika Uni Eropa memutuskan semua mobil baru yang dipasarkan harus mengeluarkan emisi tak lebih dari 95 gram CO2 per kilometer (g/km). 

Meskipun Suzuki Jimny terbaru memiliki bobot yang ringan, namun emisi buangnya mencapai 150 g/km. Dengan mengklasifikasikan kembali Suzuki Jimny sebagai kendaraan niaga, maka Suzuki bisa menjual Jimny dengan peraturan CO2 yang tidak terlalu ketat.

>>> Profil Suzuki Jimny 2019: Generasi Keempat Muncul Setelah Penantian Panjang 20 Tahun

mesin Suzuki Jimny terbaru berwarna hitam
Mesin yang digunakan masih sama dengan edisi terbaru tahun lalu

Selain menghilangkan dua jok belakang, meningkatkan kapasitas penyimpanan, serta bobot yang lebih rnigan menjadi 1.090 kg, tidak ada perubahan lainnya pada edisi terbaru Suzki Jimnya yang akan dipasarkan di Eropa.

Jimny masih setia dengan mesin bensin 1.5L yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 100 PS dan torsi puncak 130 Nm. Menggunakan sistem penggerak 4WD paruh waktu dengan jangkauan rendah, semua fitur keselamatan masih dipertahankan, termasuk ground clearance 210 mm yang membuatnya siap berkendara di semua kondisi jalan.

>>> Dapatkan berbagai mobil baru dan bekas Suzuki hanya di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top