Suzuki Jimny Beans, Si Mungil yang Cocok untuk Jualan Kopi!

01/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Suzuki Jimny Beans menjadi kreasi terbaru Suzuki UK untuk memenuhi kebutuhan para penggemar Suzuki Jimny dan para penggemar kopi untuk ngopi di mana saja

Entah mengapa pabrikan mobil asal Hamamatsu, Suzuki, Jepang, tergila-gila dengan kopi dan turunannya. Sebagai contoh, Suzuki pernah merilis Cappuccino yang beredar pada kurun waktu 1991-1998 (info lengkap ada di bagian tersendiri). Kini, Suzuki UK merilis Jimny Beans untuk memanjakan para penggemar Suzuki Jimny dan penikmat kopi melalui Suzuki Jimny Beans

>>> Ada Suzuki Jimny Versi Kekar dari Korea Selatan, Begini Wujudnya

Suzuki Jimny LCV

gambar suzuki jimny

Mobil kopi keliling, bisa buka dagangan di mana saja

Platform dasar Suzuki Jimny Beans memakai Suzuki Jimny LCV (light commercial vehicle) alias Suzuki Jimny vesi niaga yang memang beredar di pasar Eropa, terutama Inggris. Karena kabin bagian belakang memang kosong untuk memuat barang, tentunya semakin memudahkan proses konversi menjadi mobil kopi keliling (mobile coffee bar). 

Mobil kopi keliling ini dipasarkan oleh Suzuki UK dengan nama Suzuki Jimny Beans. O iya, yang tersisa hanya satu kursi untuk pengemudi yang merangkap sebagai barista dan melayani pengunjung. Kabin belakang diisi tangki air bersih berkapasitas 57 liter dan dilengkapi dengan sistem filter air buatan 3M  untuk pasokan air kepada mesin pembuat kopi. 

Segenap modifikasi mobil kopi keliling ini dikerjakan oleh rumah modifikasi Coffee Latino. Mencakup instalasi tangki LPG di bawah dek lantai mobil bagian belakang. Mengutamakan aspek keselamatan, pipa knalpot dibuat model buang samping di bawah pintu kiri. Mesin pembuat kopi pada Suzuki Jimny Beans ini bisa memakai daya listrik atau LPG. Bahkan bisa buka dagangan  di lapangan terbuka karena tersedia dukungan dua unit baterai 12 Volt/125 Ah.  

gambar suzuki jimny

Kopi atau teh? Silakan pesan sesuai selera

Untuk mesin pembuat kopi, digunakan produk  Fracino. Pemasangan mesin pembuat kopi Fracino dibuat terintegrasi dengan kabin belakang Suzuki Jimny LCV disertai “dapur” model custom-made beserta lapisan plat aluminium. Tambahan lainnya mencakup kulkas kompak  12V buatan Waeco dan dispenser air panas untuk membuat minuman teh.

>>> Suzuki Jimny Lite, Produk Minimalis Untuk Memotong Inden, Masuk Indonesia?

Suzuki Cappuccino 

gambar suzuki cappuccino

Tampil perdana sebagai mobil konsep pada Tokyo Motor Show 1989

Sejak awal, Suzuki memang menyiapkan Cappuccino untuk pasar Jepang saja (JDM) dan tidak ada rencana ekspor. Alhasil,  spesifikasinya dibuat sebagai  Kei car dengan panjang bodi kurang dari 3,3 m, lebarnya tidak lebih dari  1,4 m dan kapasitas mesin  0.66 liter. Produksi Suzuki  Cappuccino dimulai  Oktober 1991 di pabrik  Kosai, Jepang. Dan pada tahun yang sama (1991),  Suzuki GB (Suzuki Inggris) melobi  Suzuki Motor Corporation agar merilis Suzuki Cappuccino untuk pasar Inggris.

Setelah 18 bulan negosiasi dan kerja sama teknis antara Suzuki UK dan Suzuki Jepang, akhirnya Suzuki Cappuccino disiapkan  untuk pasar Inggris dengan 23 modifikasi sesuai permintaan British National Type Approval. Pada Oktober  1992, Suzuki  Cappuccino tampil perdana dalam  British International Motor Show dan meraih dua gelar bergengsi sekaligus; Best Sportscar Under £ 20.000 dan Best Car of the Show. 

gambar suzuki cappuccino

Suzuki Cappuccino dengan 23 modifikasi sesuai regulasi pasar Inggris 

Oktober 1993, Suzuki Cappuccino resmi dirilis untuk pasar Inggris dengan harga £ 11.995. Karena adanya regulasi impor di Inggris,  maka kuota Suzuki Cappuccino untuk pasar Inggris dipotong dari  1.500 unit menjadi  1.182 unit. Dari jumlah tersebut,  1.110 unit dipasarkan di Inggris dan sisanya dijual di  Jerman, Prancis, Belanda dan Swedia.  

>>> Suzuki Jimny 5 Pintu Siap Meluncur Tahun Depan

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top