Suzuki Jimny 5 Pintu Siap Meluncur Tahun Depan

16/05/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Suzuki Jimny 5 pintu adalah model terbaru SUV kompak Suzuki yang menghadirkan dimensi yang lebih besar serta diprediksi membawa mesin turbo dan sistem hybrid.

Dikenal juga dengan nama Jimny Long, Suzuki Jimny 5 pintu sedang dalam pengembangan akhir oleh Suzuki Jepang dan siap dirilis tahun depan. Model 4x4 imut serukuran kei car Jepang ini memiliki panjang 3.4 meter dan lebar 1.4 meter. Sedangkan versi global yang dipasarkan di Indonesia dibuat lebih besar, sehingga memiliki pintu belakang dan ruang kaki bagi penumpang belakang yang lebih lapang.

Rilis tahun depan

Sebuah laman asal Jepang, Autoc-One, mengutip petinggi Suzuki yang menyebutkan bahwa Jimny 5 pintu akan dirilis pada 2022 mendatang. Awalnya SUV kompak Suzuki tersebut dipersiapkan debut perdana di gelaran Tokyo Motor Show pada bulan Oktober ini. Namun acara tersebut sayangnya dibatalkan akibat pandemi COVID-19 yang masih merebak di Jepang.

Suzuki Jimny 5 pintu berwarna hijau
Jimny 5 Pintu sudah mendapatkan popularitas sebelum diperkenalkan

>>> Suzuki Jimny 5-Pintu Kepergok Lagi Uji Jalan

Dilansir dari Motor1, Suzuki disebut siap menambahkan tenaga turbo dalam model terbaru Jimny. Dan tak lupa pengaturan hybrid dengan tambahan motor listrik pada mesin yang digunakan. Perubahan ini diyakini memberikan harga 300.000 yen (sekitar Rp 40 juta) lebih mahal dibandingkan Jimny Sierra khas Jepang.

Selain kehadiran pintu belakang, perubahan gaya pada sisi eksterior maupun interior diprediksi seminimal mungkin. Perubahan besar yang terlihat seperti grille depan yang didesain ulang dengan bilah horizontal tunggal untuk menggantikan model yang dipasarkan saat ini. Bahkan Suzuki diduga sedang mempersiapkan versi yang lebih mahal, membuat Jimny Long terlihat seperti Mercedes G-Class yang lebih kompak.

>>> Review Suzuki Katana 1993: Ini Nih Mobil Impian Anak Muda 1990-an

Sudah diuji jalan

Jimny Long diharapkan akan meluncur tahun depan. Begitu pula dengan kehadiran tiga model yang siap mendapatkan ubahan tengah generasi, atau facelift. Semuanya dipersiapkan untuk dirilis di Jepang sebelum dikirim ke pasar global. Sedangkan beberapa waktu lalu, Jimny 5 pintu terlihat sedang melakukan uji jalan di jalanan Eropa.

mesin Suzuki Jimny yang digunakan pada generasi terbaru
Jimny terbaru dipersiapkan dengan mesin turbo dan hybrid

Belum ada kejelasan tentang mesin yang digunakan. Sebagian media memprediksi Jimny Long menggunakan mesin K15B berkapasitas 1.5L yang mampu menghadirkan tenaga maksimal 100 hp dan torsi puncak 138 Nm. Mesin yang sama dengan yang digunakan di Suzuki Ertiga, Suzuki XL6, dan Suzuki S-Cross.

Namun tak menutup kemungkinan Suzuki akan membawa mesin turbo maupun motor listrik untuk menambah tenaga serta mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi yang dikeluarkan. Menarik dilihat apakah model siap masuk ke Indonesia nantinya. Kita tunggu saja.

>>> Berbagai pilihan mobil baru dan bekas Suzuki ada di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top