Suzuki Jimny 5 Pintu Kepergok Lagi Uji Jalan

17/03/2021

Mobil baru

5 menit

Suzuki Jimny 5 pintu sepertinya sudah bersiap untuk masuk ke lini produksi, mengingat mobil ini kedapatan telah melakukan uji coba di jalan raya belum lama ini.

Kabar tentang hadirnya Suzuki Jimny 5 pintu memang sudah santer sejak beberapa tahun lalu. Apalagi ketika SUV compact ini makin booming, maka isu akan munculnya varian Suzuki Jimny LWB (Long Wheel Base) pun semkain marak.

Berbagai spekulasi muncul, bahkan ada yang memprediksi kalau Jimny 5 doors ini bakal dirilis tahun 2020. Sayangnya pandemi Covid-19 pun melanda hampir seluruh negara di bumi ini. Tak ayal rencana menghadirkan Suzuki Jimny LWB ini pupus.

>>> Ini Lho 5 Hal Yang Bikin New Suzuki Jimny Jago Off-Road

Muncul Pertama Kalinya di Jalan Raya

Spyshoot Suzuki Jimny 5 Doors

Panampakan Jimny 5 doors di jalan raya (Foto: Gaadiwaadi)

Namun kini berita kehadiran Jimny 5 pintu kembali geger. Pasalnya sebuah penampakan foto unit Suzuki Jimny dengan sasis lebih panjang berhasil dijepret oleh sejumlah media, termasuk Gaadiwaadi dan Carwale. Disebutkan mobil ini terpapar lensa kamera ketika sedang diuji coba di jalanan Eropa.

Sosoknya memang terlihat sedikit lebih panjang dibanding Suzuki Jimny yang juga dipasarkan di Indonesia. Tertutup stiker kamuflase diseluruh bagian bodinya kecuali kaca, tidak terlihat secara jelas bagaimana bentuk pintu untuk akses masuk penumpang belakang. Namun secara siluet, desainnya memang masih identik dengan Jimny JB74. Semnetara ukuran tubuhnya diprediksi panjang mobil ini sekitar 4 meter.

Kemunculan Jimny 5 pintu ini jelas menjadi titik terang akan peluncuran mobil tersebut setelah sekian lama hanya sekedar gosip.

>>> 8 Contoh Modifikasi Mobil Jimny dari Harian Sampai yang Extreme

Jimny 5 Pintu Pakai Mesin Suzuki Ertiga

Suzuki Jimny 5 Doors rendering

Apakah akan seperti ini wujud aslinya?

>>> Review Suzuki Katana 1993: Ini Nih Mobil Impian Anak Muda 1990-an

Untuk mesinnya, Suzuki Jimny LWB ini diprediksi gunakan mesin bensin K15B 1.500 cc. Mesin bertenaga 100 hp dengan torsi 138 Nm itu setara dengan yang dipasang pada Suzuki Ertiga, XL6, S-Cross, dan Vitara Brezza.

Menggunakan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan, Jimny 5 doors ini juga menggunakan sistem penggerak part-time four-wheel drive (4WD) All Grip Pro seperti pada model 3 pintu.

Mengingat saat ini Maruti juga memproduksi Jimny untuk pesanan di beberapa negara lain, maka bukan tidak mungkin Jimny 5 pintu juga bakal diproduksi di India.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top