Segini Perbandingan Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid Facelift vs Avanza FWD

20/04/2022

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Segini Perbandingan Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid Facelift vs Avanza FWD
Edisi terbaru dari Suzuki Ertiga Hybrid mulai diperkenalkan di India. Dengan mesin baru, apakah Low MPV kebanggaan Suzuki ini lebih irit dari Avanza dan Xenia?

Suzuki Ertiga Hybrid baru saja meluncur di India. Edisi facelift dari Ertiga generasi kedua ini membawa teknologi hybrid yang diklaim lebih irit dibandingkan mobil pembakaran konvensional biasa. Lalu, apakah konsumsi BBM Ertiga Hybrid mampu mengungguli pesaingnya di segmen Low MPV seperti Toyota Avanza?

Tambahan mesin baru

Facelift kali ini memberikan perubahan minor sebagai penyegaran pada MPV keluarga Suzuki ini. Di bagian mesin, Ertiga facelift mengadopsi mesin baru 1.5 liter DualJet yang sudah dilengkapi dengan teknologi start-stop engine. Menghasilkan tenaga maksimal 103 hp dan torsi puncak 136.8 Nm, atau 2 hp dan 1.2 Nm lebih kecil dibandingkan mesin 1.5 liter biasa Ertiga.

mobil baru Suzuki Ertiga Hybrid di India
Ertiga facelift di India yang mendapatkan mesin baru

>>> Dapatkan mobil Suzuki Ertiga baru dan bekas terbaik hanya di sini

Sesuai dengan namanya, mesin ini menggunakan dua injector per silinder. Secara teori, penggunaan mesin baru seharusnya mampu meningkatkan keluaran tenaga dan membuat Ertiga lebih irit dibandingkan sebelumnya.

Sistem Smart Hybrid Ertiga sendiri menggunakan fitur Idling Start Stop. Hal ini membuat sistem secara otomatis mematikan mesin ketika mobil berada dalam kondisi diam atau tidak digas. Didukung dengan fitur Integrated Smart Generator (ISG) yang akan menyalakan mesin serta menjaga putaran mesin bekerja secara optimal.

Lebih irit dari Avanza – Xenia?

Di India, edisi terbaru Ertiga menggunakan transmisi manual 5-percepatan yang diklaim mampu menawarkan konsumsi BBM 20,51 km/liter layaknya model lama. Sedangkan transmisi 4-percepatan otomatis telah diganti dengan 6-percepatan lengkap dengan paddle shift. Ini diklaim menghadirkan konsumsi 20,30 km/liter.

Nah, bandingkan dengan konsumsi BBM Avanza maupun Xenia yang diklaim semakin irit akibat perpindahan dari penggerak roda belakang ke roda depan. Dalam pengujian yang dilakukan secara internal oleh Daihatsu, Xenia 1.3 liter CVT memperoleh catatan efisiensi 29,9 km/liter, sedang tipe 1.5 liter mencatatkan 29,9 km/liter.

Mengingat kedua mobil ini menggunakan basis dan teknologi yang hampir sama, konsumsi BBM Avanza FWD dipastikan tak begitu jauh dibandingkan dengan pengujian yang dilakukan pada Xenia FWD.

>>> Konsumsi BBM Daihatsu All New Xenia Lebih Baik Dari Xpander & Ertiga

Selain itu, Ertiga facelift di India juga mendapatkan tipe CNG yang memiliki konsumsi bbm lebih irit dibandingkan model lainnya. Tipe ini menggunakan mesin berbahan bakar bensin dengan konsumsi 22,80 km/liter. Tapi sayangnya ini dibuat khusus untuk pasar India.

Harga Suzuki Ertiga Hybrid dibanderol mulai dari 8.35 lakh rupee, atau setara dengan Rp 157 jutaan. Saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan Suzuki Ertiga facelift akan dibawa ke Indonesia.

>>> Suzuki Ertiga Terbaru Akan Meluncur, Yakin Saingi Avanza dan Xpander?

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar
 
back to top