Suzuki Enggan Bawa Vitara Brezza Ke Indonesia Meski Ada Yang Ngebet. Mengapa?

17/05/2018

Mobil baru
Share this post:
Suzuki Enggan Bawa Vitara Brezza Ke Indonesia Meski Ada Yang Ngebet. Mengapa?
Maruti Suzuki India punya satu model mini SUV, yaitu Vitara Brezza yang diluncurkan awal 2016 lalu. Dilihat dari dekat, Vitara Brezza memang keren dan sangat cocok dengan karakter masyarakat India. Lalu, bagaimana potensi model ini di pasar Indonesia?

Vitara Brezza nampak dari depan di pameran Delhi Auto Expo 2016

Spesifikasi, desain, dan mesin Vitara Brezza dirasa kurang cocok untuk konsumen Indonesia meski di India sangat digemari

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif di situs berita cintamobil.com

Menurut pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bagi kebanyakan konsumen Indonesia, Vitara Brezza terasa ganjil sebab spesifikasinya memang India banget. Jika dipaksa didatangkan ke Indonesia dikhawatirkan target konsumennya tidak berkembang.

Sebagai gambaran, saat ini SIS sudah memiliki Grand Vitara yang bersaing di segmen sengit SUV. Itu saja konsumennya terbatas. Apalagi jika dihadirkan nanti didatangkan Vitara Brezza yang lebih mungil untuk bermain di segmen besar itu, tentu bakal lebih segmented.

Vitara Brezza nampak dari arah samping di pameran Delhi Auto Expo 2016

Vitara Brezza nampak dari belakang di pameran Delhi Auto Expo 2016

Maruti Suzuki Vitara Brezza diluncurkan dengan satu pilihan mesin, yaitu diesel 4-silinder berkapasitas 1.248 cc dan dua pilihan transmisi yaitu manual 5-speed dan matik AMT (Automated Manual Transmission)

“Vitara Brezza itu 1.3L diesel dan hanya manual. Dengan Grand Vitara yang sekarang sudah terbatas, nanti keluar Vitara Brezza yang lebih terbatas lagi, artinya kami terlalu segmented. Sayang Suzuki bila seperti itu,” tutur Head of Brand Development and Marketing Research Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel di hadapan awak media di Tangerang Selatan, Senin (14/5/2018).

Ya, mesin diesel buat mobil-mobil Suzuki memang masih kurang diminati konsumen Indonesia. SIS pernah menghadirkan model yang juga dibekali mesin diesel berkapasitas 1.248 cc, yaitu New Ertiga Diesel Hybrid. Namun, saat ini penjualan sudah dihentikan karena tidak begitu disukai konsumen dan sedang dipersiapkan model terbaru.

>>> Varian Terbaru All New Ertiga Diesel Hybrid Dipastikan Meluncur Tahun Ini

New Ertiga Diesel Hybrid sedang diuji di jalanan

New Ertiga Diesel Hybrid bermesin 1.3L yang akhirnya dihentikan penjualannya jauh sebelum All New Ertiga diluncurkan karena tidak laris

Begitu juga dengan transmisi manual rasa otomatis AMT. SIS pernah menerapkannya pada model mobil murah Karimun Wagon R, dan ternyata juga tak membuat penjualan Karimun meroket. 

Melihat berbagai pertimbangan, Vitara Brezza nampaknya tak bakal dihadirkan ke Indonesia meski beberapa konsumen ngebet pengin memiliki.

>>> Bosan dengan mobil kamu? Jual saja di situs jual beli mobil harga bagus cintamobil.com

Share this post:
 
back to top