Suzuki A-Cross Cocok Gantikan Grand Vitara?

09/05/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Suzuki A-Cross Cocok Gantikan Grand Vitara?
Grand Vitara sudah tidak asing di Indonesia, sayang Suzuki Indonesia belum menghadirkan kembali versi terbarunya, akankah Suzuki A-Cross gantikan Grand Vitara?

Nama Suzuki Grand Vitara sudah tidak asing di Indonesia. Pada masa itu Sport Utility Vehicle (SUV) Suzuki berdesain mengkotak ini hadir di tahun 2006 dan langsung merebut perhatian pecinta mobil SUV. Tak tanggung-tanggung, bahkan ia langsung jadi SUV terbaik di kelasnya mengalahkan Nissan X-Trail dan Honda CR-V. Sayang PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hingga saat ini belum menghadirkan kembali versi terbarunya, akankah Suzuki A-Cross lebih pas gantikan Grand Vitara?

Gambar menunjukkan Suzuki Vitara 2.4

Suzuki Grand Vitara pas jika digantikan dengan Suzuki A-Cross?

Jika melihat kondisi saat ini, dimana Indonesia sedang dilanda pandemi virus Corona (Covid19), kemungkinan belum akan ada produk baru berwujud SUV tulen seperti Grand Vitara dari Suzuki Indonesia. Namun, disinyalir, kini PT SIS sedang giat mempersiapkan sebuah mobil city car dan SUV baru yang lebih pas dan lebih 'terasa' Indonesia. Untuk dua produk tersebut kita tunggu saja kehadirannya di Tanah Air. 

Gambar menunjukkan Suzuki A-Cross 2020

Inilah render Suzuki A-Cross yang kami ambil dari website WapCar Malaysia

Kembali ke Suzuki A-Cross, baru-baru ini terdapat laporan dari Autocar India, yang menerangkan bahwa Suzuki sedang mempersiapkan kelahiran SUV baru yang berbasis dari Toyota RAV4. Tentunya hal ini tidak mengherankan, mengingat Toyota dan Suzuki telah melakukan kerjasama terhadap beberapa produk. Salah satunya adalah Toyota Glanza yang lahir berbasis dari Suzuki Baleno.

>>> Review Toyota Rav4 2017: SUV Kokoh yang Sangat Safety

Suzuki Mengharapkan Keunggulan Toyota RAV4

Gambar menunjukkan Toyota RAV4 2020

Toyota RAV4 sudah terjual lebih dari 10 juta unit di dunia

Kerjasama seperti ini jelas baik bagi kedua pabrikan ini, sebab masing-masing dari pabrikan dapat mengambil sisi positif dari suatu produk. Toyota RAV4 sendiri merupakan SUV terlaris di Eropa. Terbukti penjualan 10 juta unit di seluruh dunia dapat dicapai bulan Februari 2020 lalu. Jelas ini jadi salah satu bukti mobil tersebut di terima dengan baik di pasar mobil dunia. Itulah yang diharapkan Suzuki mengenai produk baru kerjasamanya ini.

Gambar menunjukkan sistem penggerak Toyota RAV4

Mesin hybrid berteknologi dynamic force engine akan disematkan

Untuk aspek teknis, Suzuki A-Cross akan tetap mengusung basis RAV4 dengan rancang bangun TNGA (Toyota New Global Architecture) yang membuat mobil lebih nyaman dikemudikan, punya handling baik dan punya desain yang memukau. Mesin yang digunakan sendiri sama seperti Toyota RAV4 yakni unit hybrid 4 silinder berkapasitas 2500 cc dengan teknologi dynamic force engine.

>>> Review Suzuki Grand Vitara 2015 : SUV Bercitarasa Eropa

Hybrid + Dynamic Force Engine = Efisiensi Optimal

Gambar menunjukkan posisi katup mesin dynamic force engine Toyota

Posisi katup lebih rebah diharapkan membuat flow udara lebih cepat

Teknologi dynamic force engine ini intinya adalah mempercepat aliran udara (flow) dengan mengatur ulang kerebahan katup. Katup alias klep ini dibuat lebih rebah dari mesin konvensional. Kerebahannya cukup ekstrim, hingga 41°. Bandingkan dengan mesin Toyota konvensional atau mesin lainnya yang berkisar antara 35-37º. Dengan pengaturan ulang kemiringan katup, lubang katup, sitting klep (dudukan katup) maka diharapkan aliran udara masuk menjadi lebih lancar, padat, dan berputar dengan cepat. Lantas, apakah Suzuki A-Cross akan masuk Indonesia? Hanya PT SIS yang dapat menjawab.

>>> Klik sini untuk lanjut simak berita otomotif yang hot lainnya

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Membandingkan Suzuki Carry Jepang vs Indonesia

19/04/2020

Mobil baru

5 menit

Carry adalah model penting Suzuki di Indonesia, tanpa Carry mungkin Suzuki tak akan pernah jualan mobil, mari kita bandingkan Suzuki Carry Jepang vs Indonesia

Lihat juga

Diterpa Corona Jualan Suzuki New Carry Pick Up Tetap Melesat

03/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan di kategori mobil niaga cukup stabil saat terpaan virus Corona, terbukti jualan Suzuki New Cary Pick Up tetap melesat meninggalkan lawan-lawannya

Lihat juga

Lebih Hemat Rp1 Jutaan Tetap Tampil Mewah Ala Suzuki New Carry Luxury 2020

11/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Pemilik Suzuki New Carry non Luxury bisa dandan ala Suzuki New Carry Luxury yang baru saja meluncur di GIICOMVEC 2020 lalu dengan mengeluarkan uang sejumlah ini

Lihat juga

[GIICOMVEC 2020]: Kukuhkan Title 'Rajanya Pick Up' Suzuki Indonesia Luncurkan New Carry Luxury

05/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Hari ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi meluncurkan varian tertinggi dari Suzuki New Carry Pick Up, yaitu New Carry Luxury dalam acara GIICOMVEC (Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo) 2020.

Lihat juga

First Drive Suzuki New Carry Pick Up 2019, Mencoba Sang Legenda Pick Up

03/03/2020

Mobil baru

5 menit

Mobil ini digadang-gadang menjadi yang terbaik di kelasnya. Kami pun langsung lompat ke kursi pengemudi untuk first drive Suzuki New Carry Pick Up 2019

Lihat juga
 
back to top