SUV Kecil Honda Dites Jalan, Mungkinkah Honda ZR-V?

26/02/2021

Mobil baru

3 menit

Salah satu SUV turunan dari Honda Vezel tertangkap kamera sedang tes jalan di Jepang, mungkinkah ini adalah Honda ZR-V yang akan jadi penantang Daihatsu Rocky?

Yes! Akhirnya SUV turunan dari Honda Vezel di Jepang tertangkap kamera salah satu media di Jepang bernama mag-x.jp. Mobil ini digadang-gadang sebagai adik dari Honda Vezel. Honda Vezel sendiri merupakan nama untuk Honda HR-V di Indonesia. So, mungkinkah SUV kompak yang fotonya tertangkap media tersebut merupakan Honda ZR-V dan akan mulai dijual tahun depan?

Turunan Honda Vezel / HR-V

"SUV turunan ini disesuaikan dengan bentuk seperti wagon untuk membedakannya dari Vezel yang berpenampilan coupe. Ini adalah salah satu yang tampaknya cocok untuk penggunaan yang lebih aktif seperti waktu luang di luar ruangan. Karena komponen yang akan digunakan sama dengan Vezel baru, hybrid dua motor akan ditempatkan di tengah," tulis media Jepang bernama mag-x.jp tersebut.

Gambar spyshoot Honda ZR-V

Seperti apa ya tampang ZR-V nantinya?

Tentu saja belum ada keterangan lebih lanjut mengenai spy shoot ini, namun disinyalir ini adalah SUV baru Honda yang akan diposisikan di atas Honda BR-V namun di bawah Honda HR-V. Honda ZR-V sendiri merupakan jawaban Honda atas maraknya produk SUV mungil yang sebentar lagi akan membanjiri pasar, tak terkecuali dengan Indonesia.

>>> Berapa harga mobil Honda baru?

Honda Indonesia Tertarik Di Kelas LSUV / SUV Kecil

"Untuk LSUV (Low Sport Utility Vehicle) memang dari hasil studi kami, menyatakan ada pergerakan, tentunya kami akan menunggu timing yang tepat. Yang jelas kami akan memberikan produk yang benar-benar sesuai dengan kemuan konsumen, karakter konsumen (di kelas ini) menginginkan desain yang sporty," tukas ujar Yusak Billy, selaku Business Innovation and Marketing Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Gambar dokumen Honda ZR-V

Positioning produk Honda

Pria dengan sapaan akrab Billy ini juga menambahkan, "Kami akan siapkan suatu produk yang benar-benar diinginkan konsumen, kami akan munculkan mobil dengan DNA yang sporty," tambah Billy kepada Cintamobil.com. Sekadar informasi, Honda global kini memang sedang giat membuat adik dari ketiga model SUV andalan Honda tersebut, yakni ZR-V. 

Gambar Honda Vezel atau HR-V

ZR-V merupakan adik Honda HR-V

Sebagai informasi, ada alasan khusus mengapa Honda mengambil nomenklatur ZR-V yang huruf paling depannya diambil dari generasi Z, atau dengan kata lain SUV kompak ini memang disiapkan untuk menggaet konsumen millenial. Maklum, semakin kesini umur pembeli mobil jadi semakin muda. Honda secara resmi sudah mendaftarkan paten nama untuk Honda ZR-V tepat pada tanggal 17 April 2020 lalu.

>>> Akankah Honda HR-V 2021 Diboyong ke Indonesia?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top