Susul Daihatsu, Toyota Siapkan SUV Mungilnya

31/10/2019

Mobil baru

5 menit

Susul Daihatsu, Toyota Siapkan SUV Mungilnya
Setelah Daihatsu Rocky memulai debutnya di Tokyo Motor Show Show 2019 bulan ini, Toyota menyiapkan SUV mungil dengan platform serupa dan akan diperkenalkan untuk pertama kalinya awal November ini.

Dibangun dari platform DNGA, SUV Mungil Toyota nanti akan diberi nama Toyota Raize. Dan seperti mobil sharing platform Toyota-Daihatsu lainnya, Raize memiliki desain body panel, sasis, mesin, dan interior yang sama seperti Daihatsu Rocky.

>>> Daihatsu Rocky sudah siap dipasarkan?

Yang membedakan Toyota Raize dengan Daihatsu Rocky adalah desain interior, di mana Raize tampak sedikit terlihat lebih premium ketimbang Rocky. Salah satunya dengan penggunaan gril trapesium besar khas Toyota dengan aksen jaring-jaring, dan membuatnya mirip seperti SUV RAV4 versi mini.

Tampak depan Toyota Raize berwarna biru

Sepintas, Toyota Raize tampak seperti SUV RAV-4

Toyota Raize juga mendapatkan LED DRL (Daytime Running Lights), lampu kabut dengan LED di atasnya. Secara desain lampu depan, Raize terlihat sangat identik dengan Rocky, keduanya juga mendapatkan pelek 17 inci, meski dengan desain yang sedikit berbeda.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Masuk ke dalam, Toyota Raize memiliki desain yang sama seperti Daihatsu Rocky. Mulai dari layar 8 inci yang identik dengan peletakan yang sama, desain konsol tengah heksagonal yang memiliki desain driver-sentris, sampai setir tiga palang yang juga digunakan Rocky.

Interior Daihatsu Rocky Tokyo Motor Show 2019

Untuk interior, desain Raize akan identik seperti Rocky

>>> Ada mobil baru apa aja sih? Kami punya jawabannya

Mengingat platform yang digunakan sama, maka kami memprediksikan Toyota Raize akan memiliki dimensi yang sama seperti Daihatsu Rocky, yakni panjang 3.995 mm, tinggi 1.695 mm, lebar 1.620 mm, dan wheelbase 2.525 mm. Untuk sektor dapur pacu, Raize akan menggunakan mesin tiga silinder 12 katup berkapasitas 1 liter turbo, yang memiliki tenaga 98 PS dan torsi 140 Nm. Mesin ini nantinya akan dipasangkan dengan transmisi CVT sebagai standar, dengan opsi manual 6-percepatan akan menyusul nanti.

Sharing platform Toyota-Daihatsu bukanlah barang baru di Indonesia, dimulai sejak kelahiran Avanza-Xenia 2003 lalu, dua perusahaan Jepang ini sudah menghadirkan banyak kendaraan dengan platform serupa, sebut saja Rush-Terios, Agya-Ayla dan Calya-Sigra.

>>> Berita otomotif lainnya bisa Anda lihat di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top