Supercar Hybrid Aston Martin Valhalla Bertenaga 940 Hp Meluncur

16/07/2021

Mobil baru

3 menit

Akhirnya Aston Martin perkenalkan versi produksi dari konsep AM-RB 003 yang kini dikenal dengan Supercar Hybrid Aston Martin Valhalla bertenaga 954 daya kuda.

Dua tahun lalu setelah Aston Martin memulai debut konsep AM-RB 003 yang mencolok kini versi produksi terakhir telah tiba dengan nama Valhalla. Produksi supercar hybrid bermesin tengah Aston Martin Valhalla yang luar biasa ini diatur untuk benar-benar berfokus pada pengemudi. 

>>> Aston Martin Valkyrie AMR Pro, Bikin Serasa Nyetir Mobil Balap F1

Gambar menunjukan mobil baru Aston martin

Tampilan eksterior samping Supercar Hybrid Aston  Martin Valhalla

Jadi Bukti Komiten Aston Martin

Aston Martin Valhalla merupakan produk terbaru dan paling signifikan dari strategi Project Horizon merek saat ini untuk sebuah mobil yang akan memperluas portofolio model untuk mencerminkan kehadiran Aston Martin di Formula One dengan menetapkan standar terbaik di kelasnya untuk kinerja, dinamika dan kenikmatan berkendara, dan mendorong transisi dari pembakaran internal ke hybrid ke powertrain listrik penuh.

"Peluncuran Valhalla menunjukkan komitmen Aston Martin untuk membangun berbagai mobil yang berfokus pada pengemudi bermesin tengah yang luar biasa, tahap berikutnya yang penting dalam perluasan jajaran produk kami," kata Lawrence Stroll, Executive Chairman Aston Martin.

 Aston Martin Valhalla dibekali dengan powertrain hybrid didukung dengan kapasitas baterai 150kW/400V dengan tiga motor listrik dengan total daya 201 tenaga kuda. Namun yang terpenting dari itu yakni hadirnya mesin V8, 4.000 cc, twin turbo yang dipasang di bagian belakang bertenaga 739 hp. 

Total dari kedua mesin dapat mengeluarkan tenaga mencapai 940 hp. Daya tersebut disalurkan melalui  transmisi otomatis delapan kecepatan dual-clutch ke roda depan. Aston Martin sendiri mengklaim bahwa Valhalla dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 2,5 detik dan kecepatan tertingginya mencapai 330 km/jam. 

>>> Jam Tangan Aston Martin Girard-Perregaux, Hanya Ada 18 unit Saja

Gambar menunjukan Vahalla

Tampilan eksterior belakang Supercar Hybrid Aston  Martin Valhall

Berambisi Jadi Salah Satu yang Tercepat di Nürburgring 

Mungkin angka terkait kinerja yang lebih mengesankan adalah waktu putaran yang ditargetkan di Nürburgring hanya 6 menit dan 30 detik. Ini akan memangkas 13 detik dari rekor saat ini yang dimiliki oleh AMG GT Black Series. 

Ralph Illenberger selaku Kepala Teknik Powertrain Aston Martin mengatakan bahwa Valhalla adalah kesempatan pertama perusahaan untuk benar-benar menunjukkan kemampuan dalam arti produksi yang sebenarnya. 

“Kami telah menciptakan mesin V8 dengan menggabungkannya sistem hybrid yang kuat. Dan, tentu saja, kami juga memiliki Transmisi Kopling Ganda yang bisa dipesan lebih dahulu yang pertama untuk Aston Martin dan komponen penting baik untuk Valhalla dan model Aston Martin masa depan. Hasilnya adalah powertrain yang benar-benar kelas dunia untuk supercar yang efisien dan berkinerja sangat baik,” tutupnya.

>>> Tips Merawat Ban di Tengah Cuaca yang Tak Menentu

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top