Suksesor Sorento dan Sportage, KIA Seltos Hadir di Indonesia Tahun Depan?

04/12/2019

Mobil baru

4 menit

Suksesor Sorento dan Sportage, KIA Seltos Hadir di Indonesia Tahun Depan?
Berada di bawah PT Kreta Indo Artha, KIA kembali menunjukan tajinya. Sudah menghadirkan empat line-up mobil, pabrikan Korea Selatan itu menyiapkan SUV KIA Seltos sebagai model kelima yang hadir di pasar Indonesia.

Setelah menghadirkan KIA Rio, Picanto, Sedona, dan Big-Up K2700. KIA tampaknya akan meramaikan pasar SUV tanah air dengan rencana memperkenalkan KIA Seltos, yang akan jadi suksesor dari model Sorento dan Sportage yang sempat wara-wiri di jalanan Indonesia. Rencana hadirnya Seltos di Indonesia diperkuat dengan teaser berupa poster mobil baru KIA di salah satu gedung, beberapa bocoran pun mengatakan bahwa mobil tersebut  akan hadir awal tahun depan.

>>> Beralih kepemilikan, KIA jadi bagian Indomobil Group

Teaser KIA Seltos di salah satu gedung di Jakarta

Jika melihat teaser ini, rasanya Seltos akan jadi mobil terbaru KIA

Diperkenalkan secara global pada Agustus 2019 untuk pasar India, KIA Seltos hadir dalam dua model. Yang pertama adalah Tech Line yang mendapatkan dua pilihan mesin, yakni yakni mesin 1500cc bensin yang menghasilkan tenaga 113 HP dan torsi 144 Nm dan mesin diesel 1500cc berteknologi VGT Turbo yang menghasilkan tenaga 113 HP dan torsi 240 Nm. Masing-masing hadir dalam dua pilihan transmisi, yakni manual 6 percepatan dan otomatis CVT.

>>> Harga mobil KIA terbaru bisa dilihat di sini

KIA Seltos juga menghadirkan model paling sporty, GT Line yang dibekali mesin bertenaga 138 HP dan 242 Nm, dan dipasangkan dengan transmisi manual enam percepatan dan otomatis Dual-Clutch Transmission 7 percepatan. Jika melihat pasar Indonesia tampaknya Seltos untuk Indonesia hadir dalam varian Tech Line menggunakan mesin bensin 1500cc, meski tak menutup kemungkinan akan hadir varian GT Line yang lebih bertenaga dan kencang.

Desain interior KIA Seltos

Dari desain interiornya, Telihat KIA Seltos dijejali banyak fitur kekinian

Secara fitur, Seltos memiliki berbagai fitur canggih. Untuk model termahalnya, Seltos dipasangkan kamera 360, sunroof elektrik, blind view monitor, wireless charger, dan sistem audio bose. Dengan level seperti ini, SUV asal Korea selatan ini dapat melawan Honda HR-V.

>>> Berita seputar mobil baru lainnya dapat Anda lihat di sini

Sejak diperkenalkan pada Agustus 2019, KIA Seltos telah menjelma menjadi sebuah fenomena di India dengan setidaknya sudah ada 86.840 pemesanan sampai saat ini. Untuk menangani permintaan yang membeludak, KIA India bahkan sampai meningkatkan angka produksi Seltos sampai 15.000 unit/bulan.

Komparasi KIA Seltos dengan Honda HR-V di Filipina

Komparasi KIA Seltos dan Honda HR-V di Filipina, bagaimana spesifikasi Seltos untuk pasar Indonesia?

KIA Seltos sendiri di India dijual antara INR 969.000 (setara Rp 190 juta) – INR 1.599.000 (setara Rp 315 juta), dengan rentang harga seperti ini, rasanya tak berlebihan jika Seltos diposisikan untuk melawan Honda HR-V dan Hyundai Kona.

>>> Berita otomotif terlengkap dapat Anda temukan di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top