Sudah Uji Tipe, Honda City Hatchback Belum Pasti Meluncur di Indonesia

05/01/2021

Mobil baru

4 menit

Sudah Uji Tipe, Honda City Hatchback Belum Pasti Meluncur di Indonesia
PT Honda Prospect Motor tak menampik telah mendaftarkan Honda City Hatchback ke Samsat Jakarta. Tapi itu bukan jaminan hatchback itu meluncur di Indonesia.

PT Honda Prospect Motor tak menampik perihal munculnya nama City Hatchback pada situs Samsat Pajak Kendaraan Bermotor DKI Jakarta.

Seperti diberitakan sebelumnya, nama Honda City Hatchback kembali ramai diperbincangkan usai muncul dalam laman Samsat Jakarta. 

>>> Honda City Hatchback Muncul di Situs Samsat, Segera Meluncur?

Tak Jadi Jaminan Meluncur di Indonesia

Honda City Hatchback

Meski sudah didaftarkan tak menjamin akan meluncur di Indonesia

Namun demikian, Business Inovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy masih enggan membeberkan lebih lengkap terkait mobil teranyarnya itu. 

"Iya sudah didaftarkan. Namun untuk dipasarkan di sini atau tidak, masih kami pelajari yah," jelas Billy saat dihubungi Cintamobil.com, Senin (4/1/2021) sore. 

Honda City Hatchback tak cuma didaftarkan ke Samsat, melainkan sudah melakoni Uji Tipe di Kementerian Perhubungan. 

Sesuai dengan aturan Menteri Perhubungan, Uji Tipe merupakan pengujian yang dilakukan terhadap fisik Kendaraan Bermotor untuk penelitian rancang bangun dan rekayasan Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan, atau Kereta Tempelan sebelum Kendaraan Bermotor dibuat dan/atau dirakit dan/atau diimpor secara massal serta Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi.

Nantinya bila kendaraan lolos Uji Tipe akan mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT). Kemudian, sebelum diproduksi maupun diimpor secara massal sebuah kendaraan harus mendapatkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT). 

>>> Model Mobil Listrik Honda di Indonesia Tergantung Hal Ini

Jadi Angin Segar untuk Honda

SRUT merupakan bukti bahwa setiap Kendaraan Bermotor dalam keadaan lengkap, kereta gandengan, kereta tempelan, yang dibuat, dirakit, dan/atau diimpor memiliki spesifikasi teknis dan unjuk kerja yang sama/sesuai dengan tipe kendaraan yang telah disahkan dan memiliki SUT.

"Oh iya udah ditest di Kemenhub. Namun bukan berarti apa yang di test Kemenhub pasti akan diluncurkan yah," tegas Billy. 

Bila dilihat, memang tak ada jaminan bahwa kendaraan yang sudah melakukan Uji Tipe pasti diluncurkan di Indonesia. Namun kebanyakan, dari yang sudah-sudah bila hadir di laman Samsat maka kemungkinan besar akan meluncur di Indonesia.

Honda City Hatchback

Desainnya sporty, pas dengan karakter yang diinginkan orang Indonesia pada sebuah hatchback

Mengambil contoh Hyundai Palisade. Nama Hyundai Palisade muncul di situs samsat pada Agustus 2020. Baru pada Desember 2020 SUV bongsor asal Negeri Ginseng itu diluncurkan di Indonesia. 

Apabila nanti jadi meluncur, Honda City Hatchback tentu akan menjadi angin segar bagi produsen Jepang berlogo 'H' tersebut. Maklum, sepanjang tahun 2020 Honda tak meluncurkan mobil baru di Indonesia. Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah pandemi Covid-19. Billy sendiri menegaskan bahwa pandemi mengacaukan rencana bisnis Honda di Indonesia, termasuk soal peluncuran mobil baru. 

Kalau diperhatikan, Honda telah memberikan sinyal-sinyal akan kehadiran City Hathcback di Indonesia. Hal itu diperkuat dengan pernyataan bahwa desain City Hatchback yang sporty sesuai dengan karakter orang Indonesia. Tetapi untuk kepastian peluncuran tentunya Anda yang telah menanti masih harus bersabar.

>>> Sinyal Positif Honda Boyong City Hatchback di Indonesia

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top