Mengintip Model Kedua Subaru Wilderness

05/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Subaru Wilderness menjadi strategi sub brand Subaru untuk memperluas segmen pasar dan mendongkrak volume penjualan melaui produk Outback dan Forester

Kini, strategi “sub brand model” sudah menjadi keharusan bagi pabrikan otomotif untuk memperbesar pundi uangnya. Lebih kurang begini penjelasannya, kalau hanya mengandalkan merek asli, tentunya tidak mudah untuk memperbesar volume pasar merek tersebut. Contohnya Toyota dengan sub brand model Lexus yang menyasar segmen pasar mobil mewah dan sub brand GR (Gazoo Racing) untuk memenuhi permintaan segmen pasar sports car. 

>>> Paket Aksesoris Subaru BRZ 2022 Bergaya JDM

Subaru Wilderness

gambar subaru

 Sub brand model untuk memperluas volume penjualan  

Mulai Maret 2021, Subaru merilis sub brand model “Subaru Wilderness” sebagai model tahun 2022 untuk memperbanyak volume penjualan dalam segmen pasar “the real & rugged SUV”. Dengan demikian Subaru dapat menjawab kebutuhan konsumen setianya yang hobi off road. Maklum, tidak semua off road mania sanggup membiayai uang “jajan” Jeep Wrangler. 

gambar subaru outback

Subaru Outback menjadi model perdana  

Subaru mengisi sub brand model Subaru Wilderness dengan Subaru Outback sebagai model pertama dan sekarang  model kedua  sudah siap rilis. Sejatinya, Subaru belum resmi menyebut nama model tersebut, namun dealer  Subaru of New England memberikan konfirmasi resmi kalau yang dimaksud adalah Subaru  Forester Wilderness.

Subaru Forester Wilderness

gambar mesin subaru

Mesin FA24 turbo menjadi andalan Subaru Outback dan Subaru Forester 

Serupa dengan Subaru Outback, model Subaru Forester untuk sub brand model ini juga sama-sama menganut Subaru Global Platform (SGP). Alhasil, kedua model tersebut (Outback dan Forester) mempunyai kapabilitas off road yang sekelas dan performa jalanan yang setara (sama-sama memakai mesin FA24 2,4 liter turbo 260 hp 376 Nm).  

gambar ban

Ban Yokohama Geolandar membantu menambah ground clearance 

Terkait kemampuan off road, Subaru melengkapi Forester Wilderness dengan final gear ratio  4,44:1. Lalu ada lagi fitur canggih berupa sistem X-MODE yang secara otomatis mengatur laju kendaraan mulai dari kecepatan rendah hingga  di atas 40 km/jam. Berlanjut dengan instalasi ban Yokohama Geolandar all-terrain dan velg alloy matte black 17 inci yang menghasilkan tambahan ground clearance setinggi 20 mm. Cukup untuk membantu melalui handicap di lintasan off road.  

gambar subaru

Pola Subaru Outback akan diterapkan pada Subaru Forester 

Sebagai menu penutup, Subaru memberikan sentuhan khusus untuk Subaru Forester Wilderness berupa lampu kabut LED model segi enam, stiker matte black anti silau untuk kap mesin, panel hitam pada jendela dan tow hook berwarna tembaga.  Untuk bodi terdapat emblem pintu  Subaru Wilderness di belakang  fender depan beserta  wheel cladding yang unik dan khas.  

>>> Subaru WRX 2022 Meluncur 19 Agustus, Intip Tampilannya di Sini

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top