Subaru Kenalkan Forester 2021, Kini Pakai Mesin Turbo

26/10/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Subaru Kenalkan Forester 2021, Kini Pakai Mesin Turbo
Dua tahun pertama tanpa varian turbo, Subaru menyisipkan mesin induksi paksa ke facelift Forester generasi kelima yang akan dijual mulai 2021 di Jepang.

Subaru Forester generasi kelima hadir dalam berbagai pilihan mesin baik itu bensin, diesel, atau hybrid e-boxer. Tapi tidak dengan mesin turbo, yang tak pernah absen sejak debut generasi pertama tahun 1997.

Mesin turbo 1.8L yang digunakan Subaru Forester

Mesin yang digunakan sama seperti kepunyaan MPV Subaru Levorg

Setelah dua tahun, Subaru akhirnya menyisipkan mesin turbo ke facelift pertama Forester. Mesin turbo generasi terbaru itu hadir dalam kapasitas yang lebih kompak, 1.8 liter.

>>> Lelang mobil Subaru hadir lagi, harga mulai Rp 115 juta

Lebih dari sekadar mesin baru

Mesin yang digunakan Subaru Forester 2021 diberi kode CB18, dan sama seperti yang digunakan oleh MPV Levorg yang baru diperkenalkan akhir tahun lalu. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 174 HP dan torsi 300 Nm.

Mesin ini akan dipakai di varian Forester Sport, yang juga mendapatkan girboks CVT dan sistem berkendara all-wheel drive. Tidak cuma mesin baru, Forester 2021 juga mendapatkan ubahan di sisi kaki-kaki yang meliputi setting damper dan coil spring.

Tampilan depan Subaru Forester 2021

Tampilan belakang Subaru Forester 2021

Tampilan baru Forester 2021

Selain varian Sport, Subaru Forester 2021 juga akan hadir dengan trim Touring, X-Break, dan Advance. Ketiga varian tersebut ditenagai mesin hybrid e-Boxer yang mengombinasikan mesin bensin 2.0L dan motor listrik yang menghasilkan tenaga 143 HP dengan pilihan girboks dan sistem penggerak yang sama seperti varian sport.

>>> Launching 2021, Subaru beri bocoran BRZ terbaru

Subaru tidak memberikan banyak ubahan visual ke Forester 2021, paling hanya desain bumper depan-belakang yang disegarkan dengan skidplate yang terintegrasi, rumah lampu kabut warna hitam, dan spoiler baru.

Sementara itu, untuk interior ubahannya meliputi doortrim baru, panel instrumen yang dibalut kulit hitam dan suede, jok kulit dengan aksen jahitan silver, pedal berbahan metal, dan aksen oranye di konsol tengah.

Untuk melengkapi improvement yang didapat, Subaru Forester 2021 juga menyematkan sistem driver monitoring baru menggunakan kamera yang terintegrasi dengan cluster instrument untuk varian Sport dan Advance, dan hadir sebagai opsi untuk trim Touring dan X-Break.

Baru dijual di Jepang, pasar lain masih menunggu

Subaru Forester 2021 varian Sport akan dijual mulai 3.289.000 yen (setara Rp 460 juta, dan baru akan dijual di Jepang pada akhir 2020. Belum ada konfirmasi lebih lanjut apakah model ini akan hadir di pasar lain, baik itu Australia, atau Amerika.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top