Spy Shots Honda Civic Type R 2022 Beredar, Jadi Mirip BMW

25/05/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Spy shots Honda Civic Type R 2022 tertangkap kamera, jika diamati dari kamuflase yang dipasangkan ke mobil tersebut apa benar tampilannya jadi mirip mobil BMW?

Sejak memulai debutnya pada tahun 1997 dengan kode bodi EK9, Honda Civic Type R sudah menjadi kegemaran petrolheads di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Desain kompak bak sedan atau hatchback harian, dikawinkan dengan mesin yang sudah di tune oleh Honda dan dapat berkitir di putaran tinggi dengan lengkingan khas ketika sistem VTEC-nya bekerja. Membuat Civic Type R punya banyak penggemar di seluruh dunia. Namun kini, Honda Civic Type R 2022 sedang dites jalan oleh para engineer Honda.

Gambar menunjukkan Honda Civic Type-R EK9 1997

Civic Type R berhasil mencuri perhatian para petrolheads sejak 23 tahun lalu

Kabar tersebut kami dapatkan dari website Car and Driver, media asal Amerika Serikat itu menyatakan kamuflase yang dibuat sedemikian rupa ini membuat Anda yakin bahwa Honda punya kerjasama khusus dengan pabrikan mobil Jerman yakni BMW, padahal sebenarnya tidak. Namun, disisi lain versi prototipe dari Honda Civic Type R terbaru ini seakan menjelaskan bahasa desain Honda Civic kedepannya. Maklum saja, Civic kini sudah masuk generasi kesepuluh dan khusus untuk Honda Civic Type R telah memasuki generasi kelima.

>>> Honda Indonesia Ungkap Alasan Mengapa Civic Turbo Hatchback RS Tidak Dilengkapi Honda Sensing

USIA 5 TAHUN PAS UNTUK BERGANTI MODEL

Gambar menunjukkan Honda Civic Type R 2017 dengan kode bodi FK8

Civic Type R dengan kode bodi FK8 dibangun di atas Civic generasi ke-10

Bisa dikatakan demikian, karena Honda Civic Type R memang dibangun di atas basis Honda Civic generasi kesepuluh yang hadir di Indonesia sejak tahun 2016. Dan jika diurut secara timeline suatu produk yang biasanya berlaku pada sebuah mobil, Civic Type R berkode bodi FK8 yang hadir di 2017 itu sudah berusia lima tahun pada tahun 2022. Usia lima tahun pada suatu produk, berarti sudah memasuki waktunya suatu model mendapatkan model baru atau hanya sekadar sentuhan facelift semata. 

Gambar menunjukkan tampilan samping Honda Civic Type R 2022

Honda terlihat berusaha mempertahankan garis desain sporty di Type R

Set back ke Honda Civic Type R terbaru, terlihat sekali usaha Honda agar tetap mempertahankan garis-garis sporty yang sudah jadi ciri khas Honda Civic Type R. "Honda Civic Type R terbaru sedang diuji, sepertinya itu tampilan pertama kita akan Honda Civic generasi kesebelas. Tapi apakah yang ada di balik kap mesin?" celoteh Jason Richmond, selaku Honda Brand Advocate di fan page Facebook pribadinya. Pria yang lebih akrab disebut HondaPro Jason ini juga menyatakan rasa penasarannya atas Civic Type R terbaru ini.

>>> Review Honda Civic Hatchback RS 2020: Ubahan Minimalis Nan Memikat

INTERIOR BERUBAH TOTAL

Gambar menunjukkan interior Honda Civic Type R 2022

Interior berubah total? We'll see...

Beralih ke interior, foto spy shoot Civic Type R ini menunjukkan sedikit bocoran kabin sedan medium kencang Honda ini. Terlihat bahwa setir tebal dengan desain baru digunakan pada Honda Civic Type R teranyar tersebut.

Layar infotaiment juga terlihat baru, terlihat lebih modern dari Type R FK8. Tentu belum banyak informasi yang bisa dikorek, karena memang mobil ini baru dites jalan, dan akan banyak parameter pengetesan yang dilakukan oleh para tester tersebut seperti kadar emisi, lifetime oli, hingga driving quality. Kami dari Cintamobil.com hanya bisa berharap Civic Type R terbaru bisa mendobrak pasar sembari tetap mempertahankan jati dirinya.

>>> Temukan berbagai pilhan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top