Spesifikasi Wuling Mini EV, Calon Mobil Listrik Termurah di Indonesia

02/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Dipersiapkan sebagai mobil listrik termurah di Indonesia, intip desain dan spesifikasi Wuling Mini EV yang ditantang Menteri Luhut mulai dipasarkan tahun depan.

Setelah sebelumnya penampakannya heboh di media sosial, mobil listrik Wuling Mini EV mendapatkan perhatian lebih ketika Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menguji coba mobil ini. Dipercaya akan mengaspal di Indonesia tahun depan, mari kita lihat spesifikasi Wuling Mini EV ini.

Desain minimalis

Mobil yang dicoba oleh Menteri Luhut merupakan varian terbaru dari Hongguang Mini EV. Mobil yang diproduksi oleh SAIC-GM-Wuling ini dikenal dengan nama Wuling Hongguang MINI EV Macaron yang baru saja diperkenalkan pada bulan April 2021 lalu.

Wuling Mini EV dengan desain minimalis
Tampilan luar Wuling Mini EV yang minimalis

Mobil ini merupakan model yang lebih premium dibandingkan MINI EV standar dengan lampu depan LED yang lebih gelap, velg alloy two-tone dan warna bodi yang lebih eksklusif. Dimensinya sangat kompak, bahkan memiliki panjang hanya 2,9 meter dan lebar 1,5 meter, dengan konfigurasi kursi 2+2.

>>> Ini Dia Tampang SUV Wuling Asta yang Dijual Mulai Rp 153 Juta!

kursi Wuling Mini EV dengan warna hitam
Interior Wuling Mini EV dengan konfigurasi kursi 2+2

Interior Wuling Mini EV pun terkesan minimalis. Fitur standar yang ditawarkan termasuk AC, power window dan sistem stereo. Meskipun dimensinya kompak, tapi kepraktisannya tak kalah dibandingkan mobil perkotaan lainnya. Ada 12 kompartemen penyimpanan dan 741 liter ruang bagasi dengan kursi belakang dilipat.

>>> Simak Kelebihan Wuling MINI EV yang Siap Tes Pasar Indonesia

Fitur lebih canggih

Mini EV Macaron juga mendapatkan lebih banyak sistem keselamatan dibandingkan dengan trim dasar sebelumnya. Fitur tambahan yang ditawarkan pada mobil ini termasuk peringatan pejalan kaki berkecepatan rendah, kamera mundur dengan sonar parkir belakang, dan airbag sisi pengemudi.

interior Wuling Mini EV dengan dashboard warna hitam
Desain dalam yang minimalis dengan fitur tak kalah canggih

Untuk bagian mesin, spesifikasi Wuling Mini EV cukup menarik sebagai mobil perkotaan. Menggunakan motor listrik yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 27 hp dan torsi maksimal 85 Nm. Tenaga dialirkan ke roda belakang menggunakan transmisi satu percepatan otomatis. Mobil ini tetap menawan dengan kecepatan maksimal hingga 100 km/jam.

Dengan dua pilihan baterai, mobil ini menawarkan daya jangkau 120 kilometer untuk baterai berkapasitas 9.3 kWh dan jangkauan yang lebih jauh 170 kilometer dengan baterai berkapasitas 13.9 kWh.

spesifikasi Wuling Mini EV dengan transmisi single-speed
Ada transmisi single-speed dengan pedal berlogo positif dan negatif

Di China, harga Wuling Mini EV dibanderol mulai dari 37.600 yuan (Rp 83 jutaan), menjadi mobil listrik termurah di Negeri Tirai Bambu tersebut. Meskipun mobil listrik ini diimpor dari luar negeri sehingga membuat harganya semakin tinggi, namun rencana Pajak Karbon yang akan diberlakukan 16 Oktober mendatang bisa menekan harga jual mobil ini.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top