Spesifikasi Wuling Formo S 2021 Cocok Buat Usaha & Keluarga?

26/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Tak puas hanya membaca rilis dan melihat website saja, tim Cintamobil.com datang langsung ke Pusat Grosir Cililitan untuk melihat sosok Wuling Formo S 2021

Sebagai media otomotif yang punya kredibilitas tinggi dalam mengulas mobil baru, tentunya Cintamobil.com tidak lekas puas dan percaya ketika membaca rilis tentang peluncuran mobil baru di Indonesia. Kami pun langsung meluncur ke Pusat Grosir Cililitan di bilangan Jakarta Timur untuk menengok sosok Wuling Formo S 2021.

Wuling Formo S 8-Seater 2021

Mobil ini sedang 'mejeng' di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Jakarta Timur

Yes, Wuling sedang melakukan pameran mini terhadap mobil ini di salah satu pusat belanja terbesar di Jakarta Timur ini. Terdapat dua unit mobil yang dipamerkan yakni Wuling Formo S 5-Seater, maupun Wuling Formo S 8-Seater. Lantas seperti apa detailnya?

Perbedaan Dengan Formo Sebelumnya

Sebelum membahas mengenai interiornya yang jadi nilai jual utama mobil ini, kita bahas dulu sedikit di bagian eksteriornya. Secara umum ubahan yang dilakukan PT SGMW Sales Indonesia selaku agen pemengan merek Wuling di Indonesia tidak terlalu banyak.

Eksterior depan Wuling Formo S 2021

Beda terbesar pada eksterior ada di headlamp dan ornamen grille

Di bagian depan mereka memberikan sentuhan kelir hitam (smoke) pada headlampnya, serupa dengan yang digunakan Wuling Confero DB. Lantas grille juga diberikan aksen chrome tipis-tipis yang menambah kesan elegan dari mobil.

Eksterior belakang Wuling Formo S 2021

Tampilan belakang tak ada ubahan, kecuali logo 'FORMO S'

Selebihnya masih sama saja dengan Wuling Formo yang meluncur tiga tahun silam, baik itu tampilan samping, hingga tampilan eksterior belakang. Terlihat sekali Wuling Indonesia menempatkan mobil ini sebagai 'kuda beban' yang siap mendukung bisnis Anda.

 

Kabin (Terasa) Kedap & Kargo Luas

Meski layout dashboardnya sama seperti Formo sebelumnya, tapi kami cukup terkesan dengan Wuling yang tetap mempertahankan layout dasbor seperti kakaknya yakni Confero. Bedanya jam analog khas Wuling Confero dihilangkan dan diganti dengan logo emboss kebanggaan Wuling yakni lima berlian.

Pintu depan Wuling Formo S 2021

Saat pintu ditutup, kabin terasa kedap

Kabinnya pun terasa kedap, setidaknya hiruk pikuk pusat perbelanjaan ini langsung terisolir begitu Anda menutup pintu mobil ini. Memang harus kami validasi ulang dengan cara tes jalan mobil ini secara lengkap untuk peredaman suaranya, tapi setidaknya ini bisa sedikit memberikan Anda gambaran.

Ruang kargo Wuling Formo S 2021

Cocok untuk bawa barang

Ruang kargo yang ditawarkan oleh Wuling Formo S juga memadai. Untuk versi 5 tempat duduk contohnya, terdapat volume bagasi dengan panjang 1.700 mm, lebar 1.260 mm, dan tinggi 1.340 mm sehingga ia menawarkan fleksibilitas yang cukup baik.

Kursi depan Wuling Formo S 2021

Headrest hanya tersedia di kursi pengemudi dan penumpang depan

Peruntukan mobil ini benar-benar menyasar mobil niaga, alih-alih untuk mengancam mobil di kelas LCGC 7-penumpang yang masih menawarkan kenyamanan dan keamanan lebih baik. Contohnya, ia tak dilengkapi headrest untuk kursi baris kedua dan ketiga (pada versi 8-penumpang). Rem pun tidak ada sistem ABS & EBD.

Mesin 1.200 CC Lebih Kencang Dari Daihatsu Sigra?

Kalau boleh jujur, kami agak skeptis dengan performanya. Maklum saja, kesan kami saat mencoba Wuling Confero yang bermesin 1.500 itu tidak terlalu impresif dalam hal konsumsi bahan bakar dan akselerasi.

Mesin Wuling Formo S

Mesinnya mirip yang dipakai Chevrolet Aveo 1.200 cc

Apalagi Wuling Formo ini hanya dibekali dengan mesin berkonfigurasi 4-silinder dengan isi silinder bersih 1,206 cc yang diatas kertas hanya mampu menghasilkan tenaga 77,5 Hp pada putaran mesin 5.600 rpm serta torsi sebesar 110 Nm pada rentang kitiran 3.600 hingga 4.400 rpm.

Eksterior Samping Wuling Formo S 2021

Tenaga tersalur ke dua roda belakang via transmisi 5-percepatan

Kalau ditelisik, pihak teknik Wuling sebenarnya telah melakukan sedikit tuning di mesin ini, karena meski angka torsinya sama, tetapi bisa diraih lebih rendah 200 rpm bila dibandingkan dengan Formo sebelumnya.

Kursi Depan Wuling Formo S 2021

Pedal kopling terasa ringan, menyenangkan untuk penggunaan di dalam kota

Ditambah lagi dengan mesin yang dirancang overstroke (langkah piston alias stroke lebih panjang dari penampang piston / bore-nya) terlihat sekali bila Wuling Formo difokuskan dalam mengejar torsi mesin yang maksimum.

>>> Pertarungan Panas Light Commercial Vehicle, Wuling Formo 1.2 Passenger Van vs Toyota Avanza 1.3

Harga (Sangat) Menarik

Formo S dibanderol mulai Rp 150,8 juta untuk varian 5-seater sedangkan 8-seater dijual seharga Rp 155,8 juta. Selama periode peluncuran ini, konsumen juga masih dapat menikmati program relaksasi PPnBM 100% subsidi by Wuling Indonesia untuk setiap pembelian unit Wuling Formo S.

Emblem Wuling Formo S

Harganya menarik

Dengan begitu Formo S ini bisa Anda pinang dengan harga mulai Rp 134,8 juta untuk versi 5-seater dan versi 8-seater Rp 139,8 juta. Menarik bukan? Hanya PT SGMW Sales Indonesia yang bisa begini.

>>> MPV Wuling Formo S Meluncur, Harganya Mulai Rp 130 Jutaan

Spesifikasi Wuling Formo S 2021

Berikut ini adalah spesifikasi Wuling Formo S 2021.

Mesin Wuling Formo S 2021

Seri mesin

4 Cylinder in-Line DOHC, P-TEC VVT

Bahan Bakar

Bensin

Tenaga Maksimum

77,5 Hp @ 5.600 rpm

Torsi Maksimum

110 Nm @ 3.600 ~ 4.000 rpm

Bore X Stroke

69,7 mm X 79 mm

Kubikasi

1,206 cc

Transmisi Tipe, Tipe Penggerak

5 Percepatan Manual, Penggerak Roda Belakang

Dimensi Wuling Formo S 2021

Panjang X Lebar X Tinggi

4.493 mm X 1.691 mm X 1.715 mm

Dimensi Bagasi

1.700 mm X 1.260 mm X 1.340 mm

Jumlah Tempat Duduk

5 Tempat Duduk & 8 Tempat Duduk

Tapak Roda Depan & Belakang

1.430 mm & 1.450 mm

Jarak Poros Roda

2.720 mm

Kapasitas Tangki

42 liter

Suspensi/Kaki-Kaki Wuling Formo S 2021

Suspensi Depan

McPherson Strut, Coil Spring

Suspensi Belakang

Coil Spring, Semi-Independent Suspension

Ukuran Ban

 195/60 R15 with Steel Rims

Bagi Anda yang penasaran untuk melihat wujud asli Formo S, bisa langsung mengunjungi pameran yang dihelat Wuling di Pusat Grosir Cililitan pada 25-31 Oktober 2021.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top