Spesifikasi Toyota Land Cruiser GR Sport, Varian Tertinggi LC300

04/08/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Setelah Land Cruiser 300 diperkenalkan Juni lalu, Toyota merilis varian tertinggi Bernama Toyota Land Cruiser GR Sport yang lebih maskulin dan lebih bertenaga.

Setelah memperkenalkan Toyota Land Cruiser 300 Series pada bulan Juni, Toyota mengumumkan peluncuran resminya dengan memperkenalkan varian andalan, Land Cruiser GR Sport. Alih-laih hanya fokus pada performa, mobil ini membidik kenyamanan berkendara di jalanan off-road yang lebih baik dan dikombinasikan dengan desain eksterior yang lebih agresif.

Nama GR Sport

Tambahan nama GR Sport pada mobil ini bukan hanya sebagai pembeda. Strategi penamaan Gazoo Racing memiliki arti tersendiri. GRMN untuk model sports ekstrem, GR untuk mobil bergaya sport, GR Sport untuk model sports entry-level, dan GR Parts untuk tambahan parts.

Toyota Land Cruiser GR Sport berwarna putih
Ada perbedaan signifikan dibandingkan varian standar

Sedangkan untuk Land Cruiser, insinyur Toyota ingin menghadirkan mobil dengan rasa berkendara yang “aman, mudah dikendarai, namun siap menempuh kondisi berkendara yang ekstrem”. Oleh karena itu, varian GR Sport dikembangkan

Dilansir dari berbagai sumber, Land Cruiser GR Sport membawa berbagai masukkan dari para pembalap yang berlomba di Reli Daka, dimana Land Cruiser turut serta dalam kategori mobil produksi sejak tahun 1995. Alhasil, pada Reli Dakar 2023 dan seterusnya, Toyota Audo Bodi akan ikut serta menggunakan kendaraan berbasis 300 Series GR Sport.

>>> Takut Dipakai Teroris, Toyota Larang Land Cruiser 300 Dijual Kembali

Eksterior yang maskulin

Mobil Land Cruiser GR Sport tentu saja memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan edisi entry level Toyota Land Cruiser 2021. Eksterior dipenuhi dengan bodykit versi khusus. Termasuk bumper depan yang didesain ulang dengan tulisan “Toyota” serta aksen chome pada grille depan. Intake samping dibuat vertikal, dan lapisan plastik yang tidak dicat di bagian bawah dengan skid plate untuk kesan maskulin pada mobil ini.

bagian belakang Toyota Land Cruiser GR Sport berwarna putih
Emblem GR Sport terlihat jelas di bagian belakang

Bagian profilnya mendapatkan velg aluminium 6-spoke dengan ukuran 18 inci. Lengkap menggunakan finishing Mud Grey dan detail cat hitam pada lengkung roda, gagang pintu, kaca spion dan moulding samping. Tentu saja ground clearance 230 mm untuk memudahkan Anda berkendara di jalanan dengan kontur kasar.

Sedangkan bumper belakang baru dengan skid plate bergaya aluminium menghiasi tampilan belakang. Ada penambahan spatbor belakang dan emblem GR Sport untuk menegaskan tampilan khusus dari varian tertinggi ini.

>>> Modifikasi Land Cruiser FJ40 Cangkok Mesin Chevrolet V8

Kabin sporty namun tetap nyaman

Berbeda dengan warna beige mewah yang menghiasi Toyota Land Cruiser 300 tipe LX, interior GR Sport memadukan warna hitam dan struktur kulit mewah tua yang membawa kesan sangar. Senada dengan emblem Gazoo Racing yang terlihat jelas pada lingkar kemudi.

interior Toyota Land Cruiser GR Sport didominasi warna hitam
Kabin didominasi warna hitam dengan aksen merah

Layar infotainment 12,3 inci yang lebar menyambut Anda ketika masuk ke dalam kabin, dan menjadi bagian penting dalam fitur hiburan mobil ini. Tak ketinggalan sistem smart key dan sandaran kepala dengan logo GR juga bisa terlihat.

Ada pola karbon di konsol tengah, panel pintu, dan setir untuk kesan sporty. Dan tak berbeda jauh dengan kenyamanan dari Land Cruiser 300, konfigurasi praktis tiga baris untuk menampung hingga 7 orang di dalam mobil dengan nyaman masih tetap dipertahankan.

Dua pilihan mesin

Mesin diesel memang masih menjadi bagian penting dalam sistem mekanis mobil Toyota ini, Mengingat Toyota sedang mengembangkan versi diesel hybrid untuk membuatnya lebih ramah lingkungan. Sedangkan GR Sport juga tersedia dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin yang bertenaga dan mesin diesel dengan torsi yang lebih tinggi.

mesin Toyota Land Cruiser GR Sport berwarna hitam
Ada dua pilihan mesin yang bisa didapatkan

Mesin bensin yang digunakan adalah unit V6 twin-turbo 3,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 409 hp dan torsi puncak mencapai 650 Nm. Sedangkan bagi Anda yang menginginkan torsi yang lebih besar, bisa memilih GR Sport bermesin diesel dengan onfigurasi V6 twin-turbo 3,3 liter. Mesin ini bisa menghadirkan tenaga 304 hp dan torsi 700 Nm yang lebih bertenaga.

Kedua mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis 10-percepatan Direct Shift. Bukan hanya bertugas untuk membantu penghematan bahan bakar, namun perpindahan yang dihasilkan cukup mulus. Nantinya tenaga akan dikirim ke empat roda, tak berbeda jauh dibandingkan model standar Land Cruiser lainnya.

>>> Toyota Land Cruiser 300 Bakal Ditantang SUV China

Peningkatan sistem off-road

Perlengkapan standar yang ditawarkan pada GR Sport termasuk sistem electronic differential lock di depan dan belakang. Berbeda dibandingkan varian lainnya yang hanya mendapatkan opsi differential lock belakang.

Toyota Land Cruiser GR Sport mendaki jalanan berbatu
Kemampuan off-road dibuat lebih bertenaga dibanding versi standar

Fitur eksklusif lainnya yang bisa didapatkan termasuk Electronic-Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) Toyota. Sistem ini akan mengontrol suspensi secara elektronik dan otomatis menyesuaikan stabilitator depan dan belakang untuk bereaksi terhadap kondisi individual setiap roda.

Sistem E-KDSS berguna untuk memberikan rasa nyaman ketika berkendara di jalanan yang tidak rata. Menawarkan peningkatan stabilitas berkendara di kota dan mengurangi getaran sambil meningkatkan kredensial off-road. Bahkan sistem ini meningkatkan performa suspensi setelah mobil melompat di udara.

>>> Toyota Produksi  Lagi Onderdil Land Cruiser Seri 40 

Harga Toyota Land Cruiser GR Sport

GR Sport merupakan model paling mahal dari Land Cruiser yang dipasarkan di Jepang. Mobil ini tersedia dengan banderol mulai dari 7.700.000 yen (sekitar Rp 1,01 miliar) untuk mesin bensin dan 8.000.000 (sekitar Rp 1,05 miliar) untuk mesin diesel.

Toyota Land Cruiser 300 sedang berada di jalan off-road 
Harganya bahkan lebih rendah dibandingkan model yang ada di Indonesia

Bandingkan dengan harga Toyota Land Cruiser di Indonesia yang dimulai dari Rp 2,2 miliar. Model yang diimpor langsung serta pajak pajak yang lebih tinggi untuk mobil bermesin di atas 2,5 liter memang berkontribuso terhadap peningkatan harga yang cukup tinggi.

Model ini akan diproduksi di Pabrik Yoshiwara Toyota di Jepang. Direncanakan mencapai dealer untuk pasar dalam negeri pada 21-22 Agustus mendatang. Meski pihak Toyota Astra Motor beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa mobil ini dibawa ke Indonesia, namun belum ada tanggal pasti perilisan mobil ini di Tanah Air.

>>> Dapatkan harga mobil Toyota baru dan promo menarik hanya di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah Toyota Land Cruiser 300 sudah ada di Indonesia?
Saat ini, generasi terbaru Land Cruiser 300 belum dipasarkans secara resmi di Indonesia.
Berapa harga Toyota Land Cruiser?
Harga Toyota Land Cruiser di laman resmi Toyota Astra dimulai dari Rp 2,2 miliar
Apakah Toyota Land Cruiser memiliki varian bermesin diesel?
Ya, hanya ada satu pilihan mesin Toyota Land Cruiser di Indonesia, yaitu bermesi diesel. Sedangkan varian bermesin bensin tak lagi dipasarkan.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top