Spesialis Cybersecurity Qihoo 360 Siapkan Mobil Listrik

16/05/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Manisnya pasar global mobil listrik menciptakan daya pikat bagi Qihoo 360, spesialis cybersecurity untuk mencoba peruntungan dalam bisnis mobil tanpa mesin

Saat ini, pasar global untuk mobil listrik sudah menjadi semacam gula (sangat) manis yang memikat minat banyak semut untuk saling berebut. Maksudnya, bukan hanya pabrikan otomotif generasi  lama seperti Nissan atau orde baru semacam Tesla yang beramai-ramai terjun ke bisnis mobil listrik. Nyatanya sekarang makin banyak pabrikan non otomotif yang berbondong-bondong mencoba peruntungan dalam bisnis mobil listrik global seperti Apple, Baidu, Huawei, Xiaomi,  serta Oppo. Dan sekarang ada lagi nama besar yang sedang menghitung-hitung peluang dalam pasar mobil listrik global. Adalah Qihoo 360, perusahaan yang berbisnis cybersecurity asal China yang baru-baru ini menjalin kemitraan bersama perusahaan rintisan mobil listrik, Hozon Auto, untuk membuat sejumlah proyek mobil listrik di masa mendatang

Mobil Listrik 

Kemitraan  Qihoo 360 dan Hozon Auto bermula ketika Hozon Auto mengumumkan pencarian  dana sebesar US$ 467 juta untuk pengembangan proyek mobil listrik Nezha baru-baru ini. Ibarat gayung bersambut, sang raksasa cybersecurity memimpin pencarian dana dan bersiap menjadi pemegang saham terbesar kedua untuk Hozon Auto. Nantinya, spesialis keamanan internet tersebut akan fokus pada pengembangan teknologi keamanan perangkat pada mobil-mobil listrik kreasi Hozon Auto.

gambar hozon auto

Mobil listrik yang menjadi platform kerja sama Qihoo 360 dan  Hozon Auto

Apalagi perangkat lunak mobil-mobil listrik masa kini semakin rentan terhadap serangan hacker dan cyberattack, terlebih sudah ada pengalaman berbisnis otomotif melalui penyediaan perangkat perekam data untuk sejumlah pabrikan mobil sehingga tidak sulit untuk mewujudkan ambisi tersebut. Selain itu, juga ada penerapan teknologi internet untuk mengubah mobil listrik konvensional menjadi sebuah mobil yang sarat dengan konektivitas dan komunikasi.

>>> Mengenal Cara Kerja Mobil Listrik serta Kelebihan dan Kekurangannya

Menurut rencana,  mobil listrik hasil kreasi pebisnis cybersecurity dan pabrikan otomotif tersebut akan masuk pasar paling cepat pada tahun 2025, sama seperti mobil listrik versi para raksasa  teknologi informasi lainnya.   

Qihoo 360

Nama lengkapnya adalah Qihoo 360 Technology Co. Ltd., sebuah perusahaan keamanan internet yang punya markas besar di China. Sejauh ini, mereka telah merilis aplikasi anti virus  dengan nama “360 Safeguard” dan “360 Mobile Safe”, lalu aplikasi anti virus untuk web browser “360 Secure Browser” serta  mobile application store bernama “360 Mobile Assistant”. Secara umum, bisnis mereka mencakup security guard, mobile guard, safe browser, antivirus software,  mobile assistant, entertainment service, loan navigation dan credit guard.

gambar qihoo 360

Salah satu raksasa cybersecurity yang kini terjun ke bisnis mobil listrik

Beberapa waktu sebelumnya, mereka pernah mendirikan grup riset khusus keamanan mobil, 360 Sky-Go Team, yang menjalin kemitraan dengan pabrikan  Mercedes-Benz dan BYD. Qihoo 360 didirikan oleh  Zhou Hongyi dan Qi Xiangdong pada bulan  Juni 2005 serta memiliki kantor pusat di  distrik Chaoyang,  Beijing. Terkait bisnis mobil listrik, Zhou Hongyi menegaskan pihaknya lebih fokus pada aspek pengembangan  perangkat lunak (software). Nantinya, kedua belah pihak  akan mendirikan pusat riset bersama yang berlokasi di Beijing, ibukota China.  

>>> Biasa Bikin HP, Oppo Siap Hadirkan Mobil Listrik

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top