Sosok Porsche Taycan Cross Turismo Terungkap, EV Wagon Super Kencang

11/11/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Sosok Porsche Taycan Cross Turismo Terungkap, EV Wagon Super Kencang
Desas-desus kemunculan Taycan Cross Turismo makin kencang seiring beredarnya spyshot sang EV. Tapi, Porsche mengubah konsepnya dari sebelumnya crossover jadi wagon.

Menyusul varian sedan yang rilis tahun lalu, Porsche menyiapkan Taycan Cross Turismo yang diprediksi akan launching sekitar 2021. Dan belum lama ini, beredar spyshot EV performa tinggi itu tanpa kamuflase.

>>> Peluncuran Taycan Cross Turismo Tertunda Covid-19

Dari Crossover jadi Shooting Brake

Berbeda dari konsep Mission E-Cross Turismo yang dipamerkan di Geneva Motor Show 2018 lalu, Porsche Taycan Cross Turismo tidak jadi mengadopsi konsep crossover, sebagai gantinya bentuk mobil ini berubah jadi Shooting Brake.

Keputusan ini menjadikan portofolio Taycan akan sama seperti Panamera, yang juga memiliki varian Estate. Lebih dari itu, Porsche Taycan Cross Turismo juga akan jadi pelopor wagon performa tinggi dengan konsep EV, dan berpontensi merusak hegemoni Audi RS6 Avant dan Mercedes-AMG E63.

Tampilan depan Porsche Taycan Cross Turismo

Tampilan belakang Porsche Taycan Cross Turismo

Berbeda dari konsep awal, Taycan Cross Turismo hadir dalam body EV

Secara desain, prototype Taycan Cross Turismo terlihat identic seperti model saloon yang lebih dulu rilis. Desain lampu depannya menganut model yang terlihat langsung dengan LED empat titik khas mobil Porsche, dengan port charger berada di fender kiri depan.

Perubahan dramatis terlihat dari pillar-B ke belakang, garis atapnya memanjang sampai ke belakang seperti Panamera Sport Turismo. Tentu saja, keuntungan dari konsep ini adalah kepraktisan yang lebih baik, di mana kapasitas bagasi naik dari 447L di versi normal jadi 500L, belum lagi headroom penumpang yang lebih baik.

>>> Review Porsche Taycan Turbo S 2019: Sedan Elektrik Rasa Sportscar Berdarah Jerman Siap Kalahkan Tesla

Powertrain sama persis seperti model sedan

Berbicara soal powertrain, Porsche Taycan Cross Turismo akan memakai opsi yang sama seperti Taycan standar. Di mana varian entry level 4S akan memakai dua buah motor elektrik bertenaga 429 HP (523 HP dengan mode Overboost) dan baterai berkapasitas 79 kWh.

Powertrain Porsche Taycan Turbo S

Powertrain yang dipakai sama seperti Porsche Taycan standar

Sementara itu, varian Turbo dan Turbo S akan hadir dengan konfigurasi motor listrik bertenaga 617 HP, dengan potensi maksimal di 671 HP dan 751 HP saat memakai mode Overboost, dan baterai dengan kapasitas lebih besar, 93 kWh.

Meski Taycan Cross Turismo berubah menjadi sebuah estate, Porsche tetap menyiapkan EV listrik, yang akan mengambil basis Porsche Macan yang cukup populer. Siap launching 2022, Macan EV akan dijual beriringan dengan model konvensional.

Varian EV Porsche Macan

Porsche juga diketahui tengah mengembangkan Macan EV

Tidak hanya Macan, Porsche juga berencana menghadirkan Cayenne EV di generasi berikutnya, namun belum diketahui kapan pastinya mengingat SUV premium ini baru saja memasuki generasi ketiga tahun 2018 lalu.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top