Solterra, Nama Mobil Listrik Subaru Bersama Toyota

12/05/2021

Mobil baru

2 menit

Setelah sebelumnya Toyota memperkenalkan SUV listrik bernama BZ4X, mobil listrik Subaru akhirnya secara resmi mendapatkan nama panggungnya, yaitu Solterra.

Selain Toyota 86 dan Subaru BRZ, Subaru dan Toyota dikabarkan sedang mengembangkan mobil listrik terbaru mereka. Dan beberapa waktu lalu, mobil listrik Subaru yang akan dijual pada 2022 akirnya mendapatkan namanya, Solterra. Subaru turut merilis sekilas tampilan model tersebut dan beberapa detail kendaraan.

SUV listrik ramah lingkungan

Nama Solterra sendiri diambil dari bahasa Latin, menggabungkan kata “matahari” dan “bumi”. Nama ini dimaksudkan untuk menegaskan spesifikasi kendaraan bertenaga baterai listrik yang ramah lingkungan. Belum ada kejelasan tentang kapan mobil ini akan dirilis, namun kemungkinan besar tampilan detailnya terungkap akhir tahun ini.

logo dari mobil listrik Subaru Solterra
Mobil listrik Subaru Solterra dikembangkan bersama dengan Toyota BZ4X

>>> Subaru Comeback ke Indonesia, Luncurkan Mobil Baru di Akhir Tahun

“Subaru of America, Inc. (SOA) hari ini mengumumkan akan menamai SUV listrik penuh barunya, Solterra. Dirancang sebagai usaha patungan antara Subaru dan Toyota, Solterra menampilkan platform listrik baru yang berdedikasi bernama Platform Global e-SUBARU. Usaha patungan ini menggabungkan keahlian Subaru dalam teknologi penggerak semua roda dengan teknologi elektrifikasi kendaraan Toyota,” jelas Subaru dalam pernyataan resminya.

Gabungkan teknologi Subaru dan Toyota

Subaru Solterra 2022 saling berbagi platform dengan Toyota BZ4X yang baru-baru ini terungkap sebagai SUV listrik terbaru Toyota. Di Toyota, platformnya disebut dengan nama e-TNGA, sedangkan versi Subaru dikenal dengan nama e-Subaru. Keduanya menggabungkan pengalaman Subaru dalam membuat sistem penggerak semua roda dan teknologi sistem baterai listrik Toyota untuk model hybrid-nya.

>>> Subaru Pamer Mobil Balap BRZ GT300, Debut Super GT 2021

tampilan terbaru dari Toyota BZ4X
Desain Toyota BZ4X yang dibuat lebih agresif

Sekilas terlihat detail tampilannya yang dibuat lebih elegan dibandingkan model Toyota yang lebih agresif. Lampu depan dibuat serupa, sedangkan dimensi dari kedua mobil ini tak jauh berbeda. Keduanya akan masuk ke segmen SUV kompak, bersamaan dengan model luar seperti Toyota RAV4 dan Subaru Forester.

Satu-satunya detail tentang mesin adalah penggunaan sistem penggerak semua roda sebagai standar. Begitu pula dengan kehadiran motor listrik di depan dan belakang. Sedang kapasitas baterainya belum diketahui, namun diperkirakan menawarkan jarak tempuh setidaknya 400 kilometer untuk bersaing dengan model lain di segmen ini, seperti Volkswagen ID.4 dan Ford Mustang Mach-E.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil bekas terbaik di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top