Small But Practical, Jadi Ciri Interior Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

25/02/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Duo jagoan geng Astra ini dikabarkan siap meluncur di Tanah Air. Sebelum Daihatsu Rocky dan Toyota Raize muncul, intip dulu kepraktisan interior mobil ini

Duo jagoan geng Sunter ini dikabarkan siap meluncur di Tanah Air. Disebut geng Sunter karena kantor pusat kedua pabrikan Jepang ini berlokasi di Sunter, Jakarta Pusat. Meski berdimensi kompak, namun interior Daihatsu Rocky dan Toyota Raize ini tetap praktis. Apalagi Daihatsu sebelum mengusung tagline 'Daihatsu Sahabatku', pabrikan ini sempat dikenal sebagai car maker dengan tagline 'We Make It Compact'. Seperti apa praktisnya kabin mobil buatan mereka? Berikut ulasan tim Cintamobil.com.

Akomodasi Penumpang

Meski punya dimensi kompak, namun untuk keleluasan di dalam kabin, mobil-mobil rancangan Daihatsu-Toyot tidak perlu diragukan keunggulannya. Lima penumpang dapat duduk dengan nyaman di dalam mobil ini. Kursi depan memiliki desain egronomis yang baik sehingga rasanya tidak akan menyebabkan kelelahan dalam perjalanan jauh. Hal tersebut menjadi salah satu nilai plus interior Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Gambar layout kursi Daihatsu Rocky

Akomodasi kabin baik dan pas untuk keluarga muda

Pada Daihatsu Rocky yang dijual di Jepang, kemampuan menahan beban tubuh juga ditingkatkan dengan menaikkan sudut lumbar support. Pun begitu dengan bentuk kursinya yang lebih mendekap tubuh, kenyamanan juga meningkat karena panjang dudukan kursi bertambah. Untuk kursi belakang, terdapat fungsi pelipatan 60:40 guna menambah kepraktisannya. Sandaran juga dapat dibuat rebah bahkan hingga berbaring.

>>> 5 Alasan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Juga Cocok Pakai Mesin 1.200 cc

Pengaturan Kursi Dan Bagasi Praktis

Bukan hanya soal akomodasi penumpang, interior Daihatsu Rocky dan Toyota Raize juga punya fleksibilitas baik untuk ruang bagasi. Hal ini karena desain deck board yang memiliki dua pengaturan ketinggian. Saat posisinya diletakan di bawah, kapasitas bagasi menjadi 369 liter, sementara itu jika Anda membutuhkan konfigurasi rata lantai, deck board bisa dinaikkan ke atas dan bisa mengakomodir kabin rata lantai dengan pelipatan kursi baris kedua 60:40.

Gambar bagasi Daihatsu Rocky

Kursi belakang bisa dilipat dengan format 60:40

Daihatsu Motor Corporation jelas tidak main-main saat mendesain ruang bagasi mobil ini, meski dimensi panjang mobil ini kurang dari 4 meter, tetapi keleluasaan bagasinya tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan, khusus untuk versi Jepang, lantai bagasinya dapat dibuat naik dan turun sebanyak 125 mm sehingga akan menambah kapasitas bagasi. Untuk versi Indonesia sepertinya lantai bagasi akan sedikit terkorbankan untuk peletakkan ban serep.

Gambar ruang kargo Daihatsu Rocky

Kabin praktis bakal disukai kaum milenial

Pengaturan interior Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang demikian praktis membuat Anda leluasa ketika hendak memasukkan barang ke dalam mobil ini. Belum lagi ia didukung dengan dimensi ruang bagasi (saat semua kursi digunakan) yang berukuran panjang 755 mm, lebar 1.000 mm dan tinggi 740 mm. Kelegaan bagasi ini tentunya berpengaruh positif dan akan menyenangkan kaum milenial maupun keluarga muda yang bakal jadi target pasar mobil ini di Tanah Air.

>>> Mau beli mobil Daihatsu? Segini harga barunya

Ruang Penyimpanan Berlimpah

Keunggulan interior Daihatsu Rocky dan Toyota Raize tak sampai di situ saja. Dua mobil racikan geng Astra yang digadang-gadang menjadi the next big hit ini juga dibekali dengan ruang penyimpanan berlimpah. Seperti adanya kantung untuk menyimpan ponsel di bawah trim tuas transmisi. Lalu ada lagi console box di antara kursi penumpang depan dan kursi pengemudi yang dapat digunakan untuk meletakkan sesuatu benda.

Gambar ruang penyimpanan Daihatsu Rocky

Tetap tersedia console box untuk penyimpanan

Di bawah kisi AC penumpang depan juga terdapat cup holder yang dapat dipakai untuk mendinginkan minuman Anda. Secara total tercatat ada lebih delapan cup holder yang ada di mobil ini. Jumlah tersebut jelas lebih dari cukup, mengingat kapasitas mobil ini hanya diperuntukkan untuk lima penumpang saja. Dan tentu saja ada laci yang yang cukup besar untuk menyimpan beberapa barang pribadi Anda.

Gambar laci depan Daihatsu Rocky

Terdapat satu laci tertutup di dashboard Daihatsu Rocky

>>> Beli Oli Daihatsu Kini Bisa Lebih Murah

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top