Slope Sensor Jadi Senjata Toyota Avanza 2022 Kuat Nanjak

28/10/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Salah satu momok terbesar mobil berpenggerak roda depan adalah saat harus melibas tanjakan terjal, tapi tenang Toyota Avanza 2022 ini dijamin kuat nanjak...

Baik Toyota Avanza 2022 maupun Daihatsu Xenia 2022 dipastikan akan menggunakan layout penggerak roda depan alias Front Wheel Drive (FWD). Memang, dari sisi efisiensi mobil ini akan banyak benefit, tetapi salah satu yang dikhawatirkan dari mobil FWD adalah saat harus melewati tanjakan curam.

Maklum saja, salah satu momok terbesar mobil berpenggerak roda depan adalah saat harus melibas tanjakan baik yang terjal maupun long continues slope. Apalagi kalau musti nanjak dari posisi berhenti (start di tanjakan). Tapi tenang, Toyota Avanza 2022 ini dijamin bakal kuat nanjak kok, bahkan dari posisi diam sekalipun...

Slope Sensor = Sensor Kemiringan Jalan

Hal ini kami ketahui dari diskusi tim Cintamobil.com ke salah satu 'orang dalam' yang berpengaruh di Geng Astra tersebut. Awalnya kami mengira alat yang digunakan ini adalah kontrol traksi yang akan bekerja sama dengan sensor lainnya di mesin dan transmisi dalam mendeteksi spin (selip) pada ban. Tapi ternyata bukan!

>>> Toyota Avanza 2022 Jadi FWD, Simak Kelebihan Kekurangan Mobil FWD

"Kami sudah riset kelemahan (mobil) FF di tanjakkan. Jadinya (kami) memasang sensor kemiringan jalan. Tujuannya, ketika jalan miring, komputer akan menyesuaikan bukaan pedal gas, supaya beralih ke torsi putaran bawah," papar narasumber kami yang enggak mau ngetop ini.

Gambar Toyota Veloz 2022

Penggerak roda depan tapi dijamin kuat nanjak

Pengguna mobil SUV ini juga memastikan jika alat ini berbeda dengan kontrol traksi. Jadi, "Untuk mencegah ban depan spin, komputer juga yang mengatur distribusi tenaganya," tambahnya sambil mewanti-wanti penulis agar namanya jangan sampai tertulis di sini.

Tombol IDS Daihatsu Terios

Sistem ini akan bekerja sama dengan sistem lainnya di mobil

"Ditambah center of gravity mobil terletak lebih rendah dari mobil FR (penggerak roda belakang) supaya waktu nanjak beban mobil masih ada di depan," tambahnya lagi. Pada intinya mobil berpenggerak roda depan bila ditambah alat sakti ini akan memberikan banyak benefit, dan itu bakal ada di Toyota Avanza 2022 nantinya.

>>> Toyota Veloz 2022 Percaya Diri Melenggang Tanpa Nama Avanza?

Sebagai bocoran saja, track roda (jarak antar roda kanan ke kiri) baik di roda depan maupun roda belakang pada Toyota All New Avanza dan Daihatsu All New Xenia 2022 ini lebih lebar dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dipastikan mobilnya bakal "Stabil dan kuat nanjak," yakinnya lagi.

Sudah Ada Di Rocky & Terios Terbaru

Kalau lebih ditelisik, sebenarnya sensor kemiringan jalan ini sudah ada di produk-produk Geng Astra lainnya. Contohnya di Daihatsu Rocky, Toyota Raize, Daihatsu All-new Terios, dan Toyota All-new Rush.

Daihatsu Terios IDS

Alat baru ini sudah tersemat di Daihatsu All New Terios IDS

"Sebenarnya di terios juga (ada). Karena berfungsi untuk sensor vehicle stability control juga. Kalau mobil oleng, komputer atur rem ABS supaya mobil stabil. Terus deteksi untuk sistem idling stop system juga. Supaya mesin jangan mati waktu jalan miring 5 derajat,"  tutup pria yang kadang bolak-balik Sunter-Karawang ini.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top