Sistem Eco Idle Tak Bisa Diaplikasi Di Daihatsu Terios Lama

20/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) beberapa waktu lalu merilis Daihatsu Terios dengan fitur sistem Eco Idle, sayang sistem ini tak bisa dipakai di Terios versi lawas

Sistem Eco Idle System pada Daihatsu Terios terbaru memang punya keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan Terios tanpa sistem ini. Selain diklaim mampu menghemat bahan bakar hingga 10% di dalam kota, ia juga menambah kenyamanan pengemudi maupun penumpang di dalam mobil.

Daihatsu Terios R Eco Idle 2021

Tak hanya lebih hemat konsumsi BBM, sistem ini dipercaya tambah kenyamanan

Sebab, ketika sistem ini bekerja membuat mesin nyala-mati otomatis kabin menjadi lebih senyap. Sayangnya, sistem canggih ini tidak bisa diaplikasikan terpisah pada Daihatsu Terios lawas maupun model lain yang menggunakan mesin NR-series.

Banyak Ubahan

Hal ini dikarenakan ada beberapa bagian mesin yang dimodifikasi agar Eco Idle System di Terios ini dapat bekerja dengan sempurna. "Ribet banget, ada beberapa komponen di mesin yang musti diubah," kata Audi Tarantini, selaku Head, Test & Validation Department Test & Validation Division - R&D Directorate PT ADM kepada Cintamobil.com.

Interior Daihatsu Terios Eco Idling

Sayang sistem ini tak plug and play (tidak bisa langsung pasang)

Audi sapaan akrab Audi Tarantini ini juga menambahkan, komponen yang dimodifikasi ini mencakup beberapa bagian, antara lain sistem kelistrikan, sistem stater kendaraan, sensor-sensor di mesin, ECU (Electronic Control Unit), dan transmisi juga pastinya ada ubahan pada bagian internal pada mesinnya.

Tombol Eco Idling Daihatsu Terios

Tombol untuk mengaktifkan Eco Idling System ada di paling kiri

"Jadi intinya agak repot, dan enggak gampang," tambah Audi yang alumni kampus Bina Nusantara ini. Pria ramah ini juga menambahkan kalau sistem ini juga dikerjakan bersama tim asal Jepang dan dites habis-habisan sehingga dipastikan komponen maupun sistem Eco Idle ini durabel.

>>> Daihatsu Terios Diajak Ngedrift Pembalap Jepang

Seberapa Hemat?

Sebagai gambaran, kami pernah mengetes All-new Terios lansiran 2019 bertransmisi otomatis. Untuk berkendara di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, konsumsi bahan bakarnya berada di angka 11,9 kilometer per liter.

Daihatsu Terios R Deluxe 2019

Konsumsi BBM Terios lebih baik dari rivalnya semisal DFSK Glory 560

Angka tersebut sebenarnya sudah bisa dibilang hemat, karena Terios pakai mesin yang sama dengan Xenia 1.500 cc dan punya bobot sedikit lebih berat. Serta jangan lupa, Terios tipe termahal yang kami tes pakai lingkar velg 17 inci. Bandingkan dengan Xenia 1.500 cc trim termewah yang lingkar velgnya hanya 14 inci.

Daihatsu Xenia 1.500

Xenia 1.5 tipe R pakai mesin yang sama dengan Terios

Bila Daihatsu Terios 2021 ini diklaim lebih irit hingga 10%, maka asumsinya angka 11,9 km/l hasil pengetesan kami akan lebih hemat 10% (ditambah 1,19 km/l) maka hasilnya adalah 13,09 kilometer untuk setiap liter bahan bakar dengan angka oktan 92.

Daihatsu Terios IDS 2021

Bila mobil tes sudah tersedia kami akan tes untuk Anda

Namun, itu baru sebatas prediksi kami. Hal ini tentu membutuhkan pengetesan ulang agar didapat hasil yang lebih valid. Jika mobil tes dari Daihatsu sudah tersedia tentu saja tim kami akan dengan senang hati mengetesnya untuk Anda.

>>> Daihatsu Terios Disempurnakan, Sedikit Namun Menggigit

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top