SIS Siapkan Ertiga Smart Hybrid, Berapa Harganya?

03/10/2019

Mobil baru

3 menit

Share this post:
SIS Siapkan Ertiga Smart Hybrid, Berapa Harganya?
Merespon program percepatan kendaraan ramah lingkungan di tanah air, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) siap meluncurkan model terbarunya Suzuki Ertiga Smart Hybrid. Berapa harganya?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyambut program elektrifikasi kendaraan bermotor yang dicanangkan pemerintah. Salah satu yang kini tengah dipersiapkan yaitu peluncuran varian baru dari Suzuki All New Ertiga dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle Suzuki (SHVS). Unitnya sudah diperlihatkan ke media pada saat pameran kendaraan listrik di Silang Monas akhir Agustus 2019 lalu.

>>> Renault City K-ZE, Mobil Listrik Rp 100 Jutaan Resmi Diluncurkan

Foto Suzuki Ertiga Smart Hybrid 2019 saat diperkenalkan di silang Monas akhir Agustus 2019

Suzuki Ertiga Smart Hybrid bakal mengisi line up mobil hybrid Suzuki Indonesia

Mobil ini memang belum ada dalam line up Suzuki di Indonesia saat ini, tapi juga bukan mobil yang benar-benar baru sebab mobil sudah ada dan menjadi salah satu varian Maruti Ertiga di India. SIS tidak perlu mempersiapkan segala sesuatunya dari nol dan itu artinya persiapan peluncuran Ertiga Smart Hybrid bisa dipercepat.

Menurut Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra, secara bentuk fisik Ertiga Smart Hybrid nyaris tidak berbeda dengan All New Ertiga yang dijual saat ini. Hanya saja karena ini varian hybrid ada penambahan baterai lithium yang diletakkan di bawah kursi penumpang baris pertama.

>>> Review Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019: Tingkatkan Efisiensi, Low MPV Suzuki Kini Semakin Cinta Lingkungan

Foto Baterai Suzuki Ertiga Smart Hybrid yang terlihat diletakkan di bawah jok penumpang depan

Baterai Suzuki Ertiga Smart Hybrid mudah dijangkau

Ertiga Smart Hybrid juga berbeda dengan Ertiga Diesel Hybrid yang pernah dijual sebelumnya, yaitu dari mesin, baterai, dan transmisi. Mesin kini menggunakan mesin bensin K15B, untuk baterai kini lebih ditingkatkan dari sebelumnya 24 volt menjadi 48 volt. Sedangkan untuk transmisi kini menggunakan transmisi otomatis.

"Kalau Ertiga diesel itu kan murni pakai baterai biasa, yang voltasenya lebih tinggi dari 24 volt ke 48 volt. Nah kalau Ertiga yang kemarin kami display, kami sudah menggunakan lithium-ion battery tambahan di bawah jok di baris pertama," tutur Donny seperti dikutip dari Detik, (2/10/2019).

Lantas, kapan mobil ini mulai dijual dan berapa harganya?

Untuk kedua hal tersebut pihak SIS belum membagikan informasi. Alasan utamanya karena masih menunggu implementasi regulasi kendaraan listrik yang baru saja disahkan pemerintah. Namun untuk harga Ertiga Smart Hybrid, SIS memastikan harganya bakal menarik, kompetitif dan bisa terjangkau semua lapisan masyarakat. Kemungkinan besar berada di kisaran Rp 200 juta - Rp 250 juta.

"Kendaraan hybrid bisa berdampak luas apa bila biaya akuisisinya (kepemilikan) bisa terjangkau dengan masyarakat, artinya di bawah Rp 250 juta," kata Donny. "Harapannya harga akan terjangkau, contoh bila dibandingkan dengan Ertiga yang ada saat ini maksimal hanya selisih (lebih mahal) 10 sampai 15 persen saja, ibaratnya kalau Ertiga biasa Rp 200 juta, versi hybridnya mungkin sekitar Rp 220 jutaan. Kita tunggu regulasi tapi kami sudah on progres soal produknya," tambahnya.

Sebagai gambaran dan perbandingan, Ertiga Smart Hybrid dijual Maruti Suzuki India dengan harga termurah 754.689 Rupee atau setara dengan Rp 148 jutaan untuk varian LXI, dan yang termahal 1.005.689 Rupee atau setara Rp 197 jutaan yaitu untuk varian ZXI AT.

Jadi, ditunggu saja berapa harga aktualnya saat dijual di Indonesia!

>>> Tertarik membeli mobil Suzuki? Cek ribuan koleksinya di sini!

>>> Klik di sini untuk berita otomotif terbaru di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Salah Satu LMPV Favorit Di Indonesia, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan All New Suzuki Ertiga

29/08/2019

Jual beli

4 menit

Pada generasi terbarunya, LMPV andalan Suzuki ini tak hanya tampil lebih atraktif, namun juga dengan efisiensi dan kualitas lebih baik

Lihat juga

Test Drive All New Suzuki Ertiga: Kami Berhasil Menorehkan Konsumsi Bahan Bakar Teririt

28/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Kami berkesempatan untuk melakukan test drive salah satu LMPV favorit konsumen Indonesia, yakni All New Suzuki Ertiga. Tak hanya merasakan kenyamanan dan performanya, kami juga berhasil mendapatkan konsumsi bahan bakar paling irit.

Lihat juga

Berumur Lebih dari 10 Tahun, Harga Honda CR-V 2009 Sepertiga Harga Baru?

20/08/2019

Jual beli

3 menit

Pembatasan kendaraan berusia lebih dari 10 tahun masih menjadi polemic. Sebabnya masih banyak mobil lawas berusia lebih dari 10 tahun layak digunakan di jalanan. Salah satu contohnya adalah Honda CR-V 2009.

Lihat juga

Terlalu Laris, Penjualan Suzuki Jimny Dihentikan Untuk Sementara Waktu

30/09/2019

Pasar mobil

3 menit

Jika ada yang tidak terlalu bahagia karena dagangannya sangat laris, Suzuki bisa jadi salah satunya. Beberapa diler resmi 'terpaksa' menghentikan penjualan Suzuki Jimny akibat kewalahan melayani pesanan yang terus mengalir.

Lihat juga

PT SIS Resmikan Suzuki Club Reaksi Cepat Pada Jambore Suzuki Club 2019

30/09/2019

Event - Promosi

4 menit

Selain berkumpul dengan komunitas mobil Suzuki dari berbagai model dan tahun produksi, Jambore Suzuki Club 2019 juga menjadi moment diresmikannya Suzuki Club Reaksi Cepat untuk membantu penanggulangan bencana di Indonesia

Lihat juga