Simpang Siur Peluncuran Nissan Grand Livina 2019, Mana Paling Realistis?

09/01/2019

Mobil baru
Simpang Siur Peluncuran Nissan Grand Livina 2019, Mana Paling Realistis?
Tidak seperti kemunculan Toyota Avanza 2019 dan Daihatsu Xenia 2019 yang memenuhi pemberitaan media, Nissan Grand Livina 2019 masih adem ayem. Padahal rumor model satu ini sudah sedari pertengahan 2018 dikabarkan bakal hadir dalam tampilan baru. Bagaimana kabar terkininya?

Persaingan ketat pasar mobil keluarga tahun 2019 sudah dimulai dengan hingar bingar kemunculan Toyota Avanza 2019 dan Daihatsu Xenia 2019. Dikabarkan bakal diluncurkan pertengahan Januari 2019 duet mobil sejuta umat ini sudah ditawarkan para tenaga penjualan Toyota di berbagai daerah. Lalu bagaimana dengan merek lain seperti Nissan Grand Livina.

Foto Nissan Grand Livina Special Version saat diluncurkan

Grand Livina Special Version diluncurkan dengan sedikit perubahan

Seperti diketahui penjualan Nissan di Indonesia akhir-akhir ini makin terpuruk. Data Gaikindo mencatat penjualan Nissan sepanjang 11 bulan tahun 2018 sebanyak 6.378 unit dan menempati peringkat 11 merek terlaris di Indonesia sepanjang Januari-November 2018 di bawah Datsun yang menjual sebanyak 10.202 unit dan Wuling yang menjual sebanyak 14.677 unit. Dari jumlah sebanyak itu, Grand Livina menyumbang sebanyak 2.279 unit dengan penjualan di bulan November sebanyak 89 unit.

Sebagai merek kondang di dunia dengan reputasi yang tak diragukan, hasil penjualan Nissan Grand Livina ini jelas 'memprihatinkan'. Jangankan untuk berkejar-kejaran dengan merek lain, bangkit dari keterpurukannya sendiri saja susah. Banyak yang menganalisa kemunduran Nissan Grand Livina ini diantaranya karena desain yang monoton. Ubahan terakhir dilakukan pada 10 Maret 2018 kala meluncurkan Grand Livina Special Version, itupun sebatas minor change alias perubahan kecil.

Menghadapi kenyataan yang ada, Nissan tanggap bakal menghadirkan Grand Livina baru. Dikabarkan juga secara facia Nissan masih mempertahankan desain V-Motion Grille yang menjadi ciri khas Nissan. Namun untuk bodinya berbeda dengan Nissan Grand Livina yang ada saat ini karena menggunakan platform Mitsubishi Xpander seperti yang pernah disampaikan CEO Mitsubishi Motors, Osamu Masuko pada awal Oktober 2018 lalu.

>>> Pakai Platform Xpander, Inikah Desain Terbaru All New Grand Livina?

foto bocoran Nissan Grand Livina 2019

Bocoran foto Nissan Grand Livina 2019 yang beredar di dunia maya

Penggunaan platform bersama-sama dalam satu aliansi bukan hal aneh di industri otomotif. Tujuannya untuk melakukan efisiensi sebab untuk menciptakan sebuah sasis baru memerlukan budget yang tak sedikit. Ini pula yang telah dilakukan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dalam waktu belasan tahun hingga model yang segera diluncurkan dalam waktu dekat.

 “Aliansi itu bekerja sama untuk menghasilkan dua produk yang menggunakan platform sama. Ini bisa dipilih, apakah deferensiasi minimum, menengah, atau maksimum,” tutur Davy J.Tulian, Vice President Marketing and Sales PT Nissan Motor Indonesia (NMI) seperti dikutip dari Swa.co.id (4/1/2019).

Kapan Nissan Grand Livina 2019 diluncurkan?

Meski sudah pasti direalisasikan informasi waktu peluncurannya belum diketahui, baik pihak Nissan maupun Mitsubishi masih merahasikan. Walhasil banyak informasi simpang siur beredar di media. Ada sumber internal Nissan-Datsun menuturkan kalau small MPV Nissan ini bakal dipajang di sebuah pameran otomotif yang digelar April 2019. Sumber lain mengatakan kalau peluncuran bakal dilakukan bulan Maret 2019.

>>> Baca Review Nissan Grand Livina di sini!

Gambar teaser Nissan Grand Livina 2019

Mungkinkah ini Nissan Grand Livina 2019?

Dari prinsipal sendiri pernah menyinggung peluncuran bakal dilakukan awal tahun 2019, namun tak jelas tanggal dan bulannya.

"Untuk Xpander disuplai ke Nissan itu awal tahun depan (2019) namun belum bisa dikonfirmasi berapa sales volume dari Nissan untuk small MPV ini," jelas CEO Mitsubishi Motors, Osamu Masuko kepada media di di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta, Rabu (3/10/2018) lalu.

Cintamobil.com yang mencoba menghubungi salah satu dealer Nissan di Semarang juga tak mendapat jawaban pasti. Sumber yang enggan ditulis namanya hanya memastikan kalau Nissan Grand Livina 2019 akan diluncurkan awal tahun 2019 dengan perkiraan waktu antara akhir kuartal I dan awal kuartal II. "Informasi dari atasan sih awal tahun sekitar tengah-tengah semester I" kata sumber melalui sambungan telepon, (8/1/2019).

Jika merujuk dari berbagai informasi yang terhimpun, waktu paling realistis peluncuran Nissan Grand Livina 2019 adalah akhir Maret 2019 atau sekitar satu bulan jelang digelarnya pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 pada 25 April hingga 5 Mei 2019 mendatang. So, bagi yang berencana membeli mobil baru, Anda boleh bersabar sampai Grand Livina terbaru benar-benar diluncurkan.

>>> Efek Skandal Gaji Carlos Ghosn, Peluncuran Small MPV Nissan Xpander Dikhawatirkan Tertunda

Anda juga bisa menunggu model-model merek lain yang rencananya juga bakal diluncurkan awal 2019 ini, simak videonya berikut!

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top