Simak Keistimewaan Toyota Land Cruiser Prado 70th Anniversary

04/06/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Simak Keistimewaan Toyota Land Cruiser Prado 70th Anniversary
Toyota Land Cruiser Prado 70th Anniversary menjadi cara unik Toyota untuk merayakan ulang tahun ke-70 salah satu permata kebanggaannya; Toyota Land Cruiser

Toyota mempunyai cara unik tersendiri saat merayakan ulang tahun ke-70 untuk salah satu permata kebanggaannya; Toyota Land Cruiser. Untuk pasar otomotif global, ulang tahun ke-70 tersebut dirayakan dengan peluncuran Toyota Land Cruiser Seri 300 (J300). Sedangkan yang akan kita bahas ini adalah Toyota Land Cruiser Prado 70th Anniversary khusus pasar Jepang.

gambar toyota

Toyota Land Cruiser Prado edisi 70 tahun, kado ulang tahun ke-70 Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser Prado 2021 70th Anniversary Edition merupakan kado eksklusif dan istimewa Toyota khusus untuk pasar Japanese Domestic Market. Lantas apa saja perbedaan mendasar dari Land Cruiser Prado edisi 70th Anniversary ini? Simak pembahasan dari tim Cintamobil.com terhadap mobil ini hingga tuntas ya! Biar enggak gagal paham.

>>> Mendukung Aktivitas Off-road, Inilah Fitur Canggih Multi-terrain Monitor

Tampil Mewah

Sosok Toyota Land Cruiser Prado 2021 70th Anniversary ini hadir dengan sentuhan kemewahan yang berasal dari Toyota Land Cruiser Prado L Package. Terlihat dari panel hitam yang terpasang pada grille, lampu depan, lampu kabut, rumah kaca spion, roof rail dan pintu belakang.

gambar toyota

Kemewahan berasal dari varian Toyota Land Cruiser Prado L Package

Sedangkan dari samping yang paling terlihat adalah velg 18 inci model 12-spoke dengan sentuhan warna hitam. Pijakan kaki samping juga tetap dipertahankan bukan tanpa alasan, namun mengoptimalkan dari sisi fungsi agar penumpang maupun pengemudi dapat naik-turun mobil lebih mudah.

gambar toyota

Lapisan kulit coklat muda Saddle Tongue mengoptimalkan kenyamanan interior

Untuk interior,  kulit coklat muda  Saddle Tongue melapisi  kursi, konsol tengah, dan panel pintu. Tambahan lainnya adalah panel silver pada sisi kiri dashboard dan logo khusus 70th Anniversary untuk karpet. Konsumen bisa memilih lima warna Toyota Land Cruiser Prado 2021 70th Anniversary.

gambar toyota

Logo khusus Toyota Land Cruiser Prado edisi 70th Anniversary pada karpet

Kelir tersebut terdiri atas  White Pearl Crystal, Black, Attitude Black Mica, Red Mica, dan Avante-Garde Bronze. Juga tersedia pilihan  konfigurasi 5 seater atau 7 seater.  Di Jepang,  Toyota Land Cruiser Prado 70th Anniversary ditawarkan dengan harga  Yen 4,29 juta (mesin bensin, 5 seater) dan Yen 5,118 juta (mesin diesel, 7 seater).

Pilihan Mesin

Toyota menyediakan dua pilihan mesin bagi konsumen Jepang, bensin dan diesel. Untuk mesin bensin 2TR-FE (I-4 2,7 liter) menghasilkan 161 hp dan 246 Nm, sedangkan mesin diesel 1GD-FTV (I-4 2,8 liter turbo diesel) memproduksi 201 HP dan 500 Nm (1.600 rpm -  2.800 rpm). Sejatinya, Toyota Land Cruiser Prado 2021 70th Anniversary boleh disebut sebagai kreasi penyegaran terakhir.

gambar mesin

Mesin 1GD-FTV, salah satu mesin diesel andalan Toyota Land Cruiser Prado

Karena secara teknis sudah tergolong berumur (diproduksi sejak tahun 2009) sehingga semakin ketinggalan jaman dengan SUV sekelas lainnya. Sebagai contoh, Toyota Land Cruiser Seri 300 bakal memakai transmisi otomatis 10-speed, sementara Toyota Land Cruiser Prado masih setia dengan transmisi otomatis 6-speed. Walau begitu, dalam hal durabilitas dan reliabiitas, tidak ada laporan masalah terkait transmisi tersebut selama 12 tahun terakhir.         

Platform Baru

Setelah “the big brother” Toyota Land Cruiser Seri 300 tampil dengan platform baru, tampaknya “the little brother” Toyota Land Cruiser Prado akan segera berganti platform baru TNGA-F dalam waktu dekat (kemungkinan tahun depan).

Gambar Toyota Land Cruiser Prado

Nantinya sang 'adik' ini juga akan pakai platfrom anyar

Juga dikenal dengan nama platform F1, sasis body-on-frame tersebut juga digunakan pada Lexus LX, Lexus  GX, Toyota Tundra, Toyota Tacoma, Toyota Hilux dan  Toyota 4Runner.  

Sekilas Sejarah Toyota Land Cruiser Prado

Sejak awal, Toyota menyiapkan Toyota Land Cruiser Prado sebagai miniatur Toyota Land Cruiser karena permintaan konsumen yang ingin TLC berukuran lebih kompak tanpa mengorbankan performa off road. Tidak heran kalau tahap pengembangan awal Toyota Land Cruiser Prado memakai platfom Toyota Land Cruiser Seri 70 versi light duty pada tahun 1984.

gambar toyota

Toyota Land Cruiser Prado generasi pertama

Seiring perjalanan waktu, Toyota Land Cruiser Prado berkembang menjadi  pesaing Mitsubishi  Pajero. Hanya saja, ketika Mitsubishi Pajero berganti memakai platform monocoque, Toyota Land Cruiser Prado tetap menganut konstruksi body on (ladder) frame. Saat Mitsubishi Pajero dihentikan produksinya, Toyota Land Cruiser  Prado jalan terus hingga mencapai empat generasi (J70, J90, J120, J150) dan generasi ke-lima segera menyusul.  

>>> Toyota Land Cruiser Prado 2021 Pakai Mesin Fortuner

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com. Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk memb
 
back to top