Siap Saingi Tesla Model S, Audi E-tron GT 2021 Dirilis di Jerman

10/02/2021

Mobil baru

3 menit

Siap Saingi Tesla Model S, Audi E-tron GT 2021 Dirilis di Jerman
Audi memperkenalkan penantang Tesla Model S yang diberi nama Audi E-Tron GT, model bertenaga dengan baterai listrik yang diklaim sangat ramah lingkungan.

Audi kembali memperkenalkan mobil listrik terbaru dengan model premium dan mesin yang bertenaga lewat E-Tron GT. Dideskripsikan sebagai “gran turismo masa depan”, Audi E-Tron GT 2021 menawarkan tampilan khas elektrifikasi yang menawan. Ada dua varian yang dirilis, yaitu model standar serta versi RS yang lebih bertenaga.

Model futuristik Audi

Audi berusaha mempertahankan konsep E-tron GT yang diperkenalkan 2018 silam: garis atap yang sangat landar, bodi dan garis bahu yang lebar, serta kap mesin rendah. Mobil ini lebih panjang dan tinggi 30 mm dibandingkan Porsche Taycan, dimana keduanya saling berbagi platform yang sama.

eksterior Audi E-tron GT 2021 berwarna biru
Kesan premium dan futuristik yang ditemukan pada E-tron GT

>>> Audi e-tron GT Dijadwalkan Jalani Debut 9 Februari Mendatang

Interpretasi baru dari grille rangka tunggal, pola sarang lebah dicat sewarna bodi dengan aksen hitam di sekelilingnya. Meski Anda bisa mendapatkan pilihan warna abu-abu atau hitam dengan diffuser belakang yang serasi. Bukan untuk mengalirkan udara, tujuan utama grille ini adalah menyembunyikan sejumlah sensor yang digunakan pada mobil ini.

Bagian dalam mendapatkan desain yang berfokus pada pengemudi. Layar dan tombol di tengah dibuat miring ke arah pengemudi. Dashboardnya menghadirkan desain bersudut teknis dengan bezel piano black mengelilingi layar sentuh di tengah dengan sistem MMI layaknya Audi A6 dan A7. Tampilan instrument Audi Virtual Cockpit Plus berukuran 12,3 inci dilengkapi tiga mode layar: Classic, Sport, dan E-tron.

interior Audi E-tron GT 2021 berwarna hitam
Bagian dalam E-tron GT yang mewah namun tetap ramah lingkungan

Pilihan material yang digunakan pun memberikan kenyamanan sepanjang perjalanan. Ada pula paket bebas kulit memadukan kulit buatan dengan kain serat mikro mirip Alcantara. E-tron GT menggunakan Econyl, bahan daur ulang 100% yang menggunakan serat nilon dari limbah kain.

>>> Mantan Desainer Audi Akan Mendesain Mobil Listrik Pertama Bentley

Mesin tetap bertenaga

E-Tron GT standar dilengkapi dengan motor listrik bertenaga 238 PS untuk menggerakan poros depan serta 435 PS di gandar belakang. Total output sistem adalah 475 PS serta torsi puncak mencapai 440 Nm. Mampu menarik mobil ini dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam 4,1 detik dengan kecepatan tertinggi 245 km/jam.

konsep baterai pada Audi E-tron GT 2021
Baterai listrik milik Audi E-tron GT 2021 yang sama dengan Porsche Taycan

Seperti halnya Taycan, Audi E-tron GT menggunakan transmisi dua kecepatan untuk motor belakang, dengan gigi pertama rasio pendek untuk menghadirkan akselerasi yang mengesankan. Gigi kedua dengan rasio panjang untuk efisiensi yang lebih besar serta kinerja dan performa untuk kecepatan tinggi.

Audi E-tron GT 2021 sudah diluncurkan di Jerman dengan harga mulai dari € 99.800 (sekitar Rp 1,7 miliar). Dengan banderol € 138.200 (sekitar Rp 2,3 miliar), Audi RS E-tron GT mendapatkan tambahan lampu depan LED matriks, animasi cahaya yang lebih dinamis, serta opsi roda 20 inci dan 21 inci.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top