Si Baleno Berlogo Toyota Dipastikan Tak Mengaspal di Indonesia

26/06/2019

Mobil baru

3 menit

Si Baleno Berlogo Toyota Dipastikan Tak Mengaspal di Indonesia
Dirumorkan bakal menjadi line up baru, PT Toyota Astra Motor (TAM) menegaskan Toyota Glanza alias Suzuki Baleno berlogo Toyota tidak akan dijual di Indonesia. Ini alasannya!

Kerjasama Toyota dan Suzuki di ranah global telah menelurkan satu produk baru yang diambil dari basisnya model lama, yakni Toyota Glanza. Mobil berkapasitas 5 penumpang ini diproduksi menggunakan basisnya Suzuki Baleno hatchback dengan sedikit perbedaan. Selain memangkas biaya produksi, Toyota Glanza diharapkan bisa mengikuti jejak kesuksesan Suzuki Baleno yang menjadi salah satu mobil terlaris di India.

Banner Toyota Glanza, rebadge Suzuki Baleno yang dipasarkan di India

Toyota Glanza, nyaris tak berbeda dengan Suzuki Baleno

Di sisi lain Suzuki tidak lama lagi juga bakal menjual Corolla, sedan unggulan Toyota yang jadi mobil paling laris di dunia. Entah apa nama yang bakal dipakai, yang pasti Corolla versi Suzuki ini bakal dipasang logo 'S' sebagai penanda mobil buatan Suzuki.

Tentu tak berhenti disitu, saling bertukar model dan logo bakal berlanjut pada mobil-mobil yang lain seperti Ertiga, Vitara Vrezza, dan Ciaz yang rencananya juga bakal direbadge oleh Toyota. Lantas adakah rencana Toyota menerapkan strategi ini di Indonesia. Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto menuturkan TAM tidak akan menjual Glanza maupun model rebadge Suzuki yang lain di Indonesia.

"Kan decision dari TMC sudah jelas, kalau di India dia akan kolaborasi sama Suzuki, kalau Indonesia kolaborasi sama Daihatsu," tutur Suryo seperti dikutip dari Detik, (24/6/20219). "Jadi kalau ditanya apakah nanti ada kolaborasi sama Suzuki di Indonesia, jawabannya nggak, karena di Indonesia sudah ada (kolaborasi bersama) Daihatsu," lanjutnya.

>>> Toyota Glanza, Hatchback Baru Yang Mengadopsi Desain Suzuki Baleno

Ilustrasi Suzuki Ertiga dengan logo Toyota, tampak menarik

Toyota Indonesia tak akan jual mobil buatan Suzuki

Selain alasan tidak adanya kolaborasi antara Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan TAM beberapa model Suzuki dan Toyota di Indonesia saat ini saling bersaing satu sama lain. Suzuki Baleno bersaing dengan Toyota Yaris, Suzuki Ertiga bersaing dengan Toyota Avanza dengan posisi leader dipegang oleh Avanza. Sedangkan biasanya model rebadge selalu diambil dari model yang lebih laris. "Dari TMC sudah memikirkan hal itu," ujarnya.

Penegasan tersebut sekaligus mementahkan rumor yang beredar kalau desain Suzuki Baleno juga bakal dipakai Toyota Indonesia, sebagaimana informasi yang pernah Cintamobil.com terima dari sales counter salah satu diler Suzuki di Semarang beberapa waktu lalu.

>>> Review Suzuki New Baleno 2019 bisa dibaca di sini

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top