Setelah Subaru BRZ Rilis, Paten Fascia Toyota GR86 Bocor

23/01/2021

Mobil baru

3 menit

Setelah Subaru BRZ Rilis, Paten Fascia Toyota GR86 Bocor
Tak lama usai Subaru BRZ 2022 launching, paten sang kembaran, Toyota GR86 terkuak ke khalayak umum meski baru sekadar fascia depannya. Bagaimana tampilannya?

Pertengahan November lalu, Subaru BRZ generasi kedua diperkenalkan untuk pertama kalinya sebagai model tahun 2022. Namun demikian, Toyota masih adem ayem soal kemunculan GT 86 generasi kedua, yang nantinya akan diberi nama Toyota GR86.

Tampilan depan eksterior Subaru BRZ

Subaru BRZ generasi kedua diperkenalkan November lalu

Meski begitu, Toyota sudah mendaftarkan detail dari sportscar kompak generasi terbarunya ke dalam paten dan sudah beredar di Australia. Dokumen paten Toyota GR86 sudah diajukan pada Oktober 30 tahun lalu, dan diterbitkan oleh Kementrian Kekayaan Intelektual Australia pada 18 Januari lalu.

>>> Review Subaru BRZ 2022: Evolusi Tanpa Ubah DNA

Lebih agresif dibanding Subaru BRZ?

Salah satu dokumen paten Toyota GR86 yang dibocorkan adalah tampilan fascia depan, khususnya bagian bumper depan di bawah lampu depan. Meski punya basis sama persis, ternyata GR86 memiliki wajah yang berbeda dari Subaru BRZ.

Tampilan paten bumper depan Toyota GR86

Bocoran bumper depan berdasarkan paten Toyota GR86

Secara umum, kisi-kisi utama mobil berbentuk trapesium yang memanjang dari atas ke bawah dengan aksen heksagonal di bagian tengah. Sementara itu, sisi samping kanan dan kiri bumper dihiasi kisi-kisi yang sempit dan tajam dengan aksen horizontal di dalamnya.

Jika dibandingkan dari desain bumper yang ada di paten Toyota GR86, terlihat desain dari Toyota memiliki beberapa perbedaan dari Subaru BRZ. Khususnya, ukuran gril lebih besar dan memiliki garis luar yang lebih membulat.

>>> Tanpa Mesin Turbo, Tenaga Toyota GR86 Tetap Naik

Teka-teki spesifikasi Toyota BRZ 2022

Selain tampilan fascia yang berbeda tipis, Toyota GR86 akan memiliki tampilan yang identic seperti BRZ. Seperti lampu depan yang lebih tinggi, kisi-kisi fender dengan layout vertical, lampu belakang dengan model C-Shape, dan spoiler belakang dengan model ducktail.

Layout kabin Subaru BRZ

Tampilan kabin juga diprediksi akan mirip seperti BRZ

Hal serupa juga terjadi di dalam kabin, di mana layout dasbornya juga akan sama seperti kepunyaan Subaru. Begitu juga untuk fitur safety, di mana Toyota GR86 akan dilengkapi paket keamanan Subaru EyeSight, meski khusus varian bertransmisi otomatis saja.

Soal dapur pacu juga tidak akan berbeda jauh. Subaru menggunakan mesin 2.4L flat-4 dengan kode FA24 yang menghasilkan tenaga 228 HP dan torsi 249 Nm. Tenaganya disalurkan menuju roda belakang lewat dua pilihan girboks, manual 6-percepatan atau otomatis, serta dilengkapi Limited-slip Differential sebagai standar.

Mesin flat-4 2.4 FA24 yang dipakai Subaru BRZ 2022

Mesin yang akan dipakai juga tidak akan berbeda jauh dari BRZ

Toyota GR86 akan dirakit di tempat yang sama seperti Subaru BRZ di pabrik yang terletak di Gunma, Jepang. BRZ sendiri akan dijual di Amerika mulai September 2021 sebagai model 2022, kemungkinan GR86 akan diperkenalkan pada awal tahun ini dan dijual pada saat bersamaan.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda lihat di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top