Setelah Q4 E-Tron, Audi Bakal Bikin Lagi Dua Mobil Listrik Pakai Platform MEB

08/10/2019

Mobil baru

3 menit

Setelah Q4 E-Tron, Audi Bakal Bikin Lagi Dua Mobil Listrik Pakai Platform MEB
Menyusul diperkenalkannya mobil listrik Audi Q4 E-Tron concept di pameran Geneva Motor Show 2019, Audi dikabarkan tengah menyiapkan dua model mobil listrik murni lain yang juga menggunakan platform MEB.

Audi tengah menyiapkan tiga mobil listrik murni menggunakan platform MEB yang dikembangkan oleh perusahaan induk Volkswagen. Satu sudah diperkenalkan di Geneva Motor Show 2019 sebagai mobil konsep, yaitu Audi Q4 E-Tron dan sukses mencuri perhatian publik. Dilansir dari Autoblog.com, (3/10/2019). Audi Q4 E-Tron bakal menjadi mobil Audi pertama yang menggunakan platform MEB yang dikembangkan perusahaan induk, Volkswagen dan bakal diproduksi mulai akhir 2020 di pabrik VW Zwickau, Jerman.

Foto Audi Q4 E-Tron Concept saat dipamerkan di Geneva Motor Show 2019

Audi siapkan 3 model mobil listrik dengan platform MEB

>>> Penjualan Lesu, Audi TT Akan Diganti dengan Versi Baru Bertenaga Listrik

Menurut desainer eksterior Audi, Wolf Seebers, konsep Audi Q4 E-Tron sudah 97% siap untuk diproduksi. Tinggal beberapa kesesuaian lagi untuk untuk mendapatkan hasil sempurna seperti pegangan pintu biasa, spion yang berbeda, dan roda yang dibut lebih kecil.

Sementara untuk dua mobil lain yang sedang tahap pengerjaan satunya berupa Audi Q4 E-Tron versi sport dan satunya lagi berupa sedan. Informasi tersebut diungkap Manager proyek untuk platform MEB, Markus Jeschke kepada Autoblog, "Kami dapat membayangkan versi sporty [dari Q4] dan sedan,".

Sebagai informasi, platform MEB merupakan modul baru electric drive matrix yang dikembangkan Volkswagen khusus mobil listrik dan dirancang untuk mampu menjangkau jarak 500 km lebih dalam sekali pengisian. Menggunakan teknologi Modular Electrik Toolkit, Volkswagen bakal membuang seluruh komponen mobil konvensional yang tidak terlalu dibutuhkan. Kondisi ini menuntut perubahan mendasar pada desain bodi, interior, serta karakteristik powertrain. Investasi besar dikeluarkan VW untuk mengembangkan platform ini dari awal hingga siap digunakan untuk semua model mobil listrik Volkswagen dan grupnya.

Adapun untuk model pertama yang menggunakan platform MEB yaitu VW ID.3 yang sudah diluncurkan di Frankfurt Motor Show 2019 dan bakal diproduksi mulai November 2019. Mobil ini dijual dengan harga kurang dari 40 ribu Euro.

>>> World Premiere, Mobil Listrik Volkswagen ID.3 Resmi Diluncurkan

Foto VW ID.3 saat diluncurkan di Frankfurt Motor Show 2019

VW ID.3 model pertama VW yang menggunakan platform MEB

>>> Informasi otomotif paling aktual hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top