Setelah E-Tron, Audi Bersiap Hadirkan Mobil Listrik Berbasis Sedan Premium

07/10/2019
Audi merilis teaser yang memperlihatkan mobil listrik terbaru dengan platform PPE, yang dikembangkan bersama dengan Porsche.

Audi telah sukses memperkenalkan mobil listrik berbasis crossover kompak dengan nama e-tron, yang menggunakan platform MLB Evo. Setelah itu, Audi akan memperkenalkan mobil listrik mereka yang lahir dari arsitektur J1 dan berbagi platform dengan Porsche Taycan, dan sebuah platform crossover lainnya yang dinamakan Q4 e-tron Concept yang menggunakan plaform MQB. Nah, tampaknya pabrikan asal Jerman tersebut masih menyimpang senjata pamungkas lainnya untuk di kelas mobil listrik. Karena baru-baru ini, Audi juga merilis teaser yang menunjukkan bahwa sedang bersiap merilis mobil terbaru lainnya. Menurut banyak media dan kalangan, mobil listrik terbaru Audi ini akan menggunakan Premium Platform Electric atau PPE, yang dikembangkan bersama Porsche.

>>> Tanpa Kamuflase, Tampilan Baru Facelift Audi A3 2020 Tertangkap Kamera

Foto teaser sedan premium elektrik terbaru dari Audi

Teaser yang memperlihatkan mobil konsep dengan model sedan premium elektrik terbaru dari Audi

PPE merupakan platform modular yang bisa digunakan untuk model sedan premium, Sportsback, Avant (station wagon) hingga SUV. Namun kali ini, Audi disebut-sebut sedang meramu mobil listrik terbaru dengan model sedan premium seperti Audi A5 Sportsback. Sehingga secara keseluruhan, Audi memiliki empat line-up mobil listrik yang bervariasi, mulai dari crossover kompak, crossover premium, Grand Touring 4 pintu dan sedan premium dengan desain ala Sportsback. 

>>> Tertarik dengan kemewahan dan teknologi dari Audi? simak mobil bekasnya di sini

Foto jajaran mobil elektrik Audi

Jajaran mobil elektrik Audi dengan sedan konsep PPE yang masih tertutup selubung di kiri belakang

Menurut situs insideevs.com, mobil listrik dengan platform PPE ini memiliki dua opsi. Pertama dengan motor listrik tunggal yang diletakkan di belakang, sehingga berpenggerak roda belakang. Opsi ini dipercaya sebagai line-up entry level. Sementara opsi lebih mahal selanjutnya adalah dengan menggunakan dua buah motor listrik yang diletakkan di depan dan belakang, sehingga memiliki penggerak All-Wheel Drive (AWD). Audi juga membocorkan bahwa platform PPE ini akan dilengkap dengan four wheel steering, torque vectoring dan suspensi udara.

>>> APR Dan AddArmor Bangun Audi RS7 sebagai Mobil Tahan Peluru Tercepat Di Dunia

Foto teaser mobil listrik Audi

Line-up mobil listrik Audi yang dibedakan dari lampu depan LED matrix-nya

Sedan premium elektrik terbaru dari Audi ini juga akan menggunakan motor listrik 800 volt yang mampu menghasilkan output 350 kW atau setara dengan 475 hp. Tak hanya itu, tersedia beberapa pilihan baterai dengan jangkauan jarak hingga 300 miles atau 483 km dalam sekali pengisian daya. Namun teaser mobil listrik terbaru Audi masih dalam tahap awal, sehingga banyak kemungkinan terjadi, termasuk perubahan spesifikasi. 

>>> Klik di sini untuk artikel berita otomotif lainnya

Pratomo FJ

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain