Serupa Tapi Tak Sama, Ini 10 Perbedaan Detail Isuzu Traga Ekspor Dengan Lokal

13/12/2019

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Serupa Tapi Tak Sama, Ini 10 Perbedaan Detail Isuzu Traga Ekspor Dengan Lokal
Sepintas Isuzu Traga versi ekspor ini bak pinang dibelah dua dengan versi lokal, Tapi banyak bedanya, Ini 10 detail perbedaan Isuzu Traga ekspor dengan lokal

Gambar menunjukkan pelepasan Isuzu Traga Ekspor oleh Presiden Joko Widodo

Isuzu Traga melakukan ekspor perdana dan dilepas langsung oleh presiden Joko Widodo

Isuzu Traga akhirnya dilepas untuk pasar ekspor. Tentu ini berita gembira untuk pemerintahan Republik Indonesia karena nantinya akan membawa devisa negara. Sepintas Isuzu Traga versi ekspor alias Isuzu Travis ini bak pinang dibelah dua dengan Traga versi lokal, Tapi ternyata jika ditilik banyak bedanya, Ini adalah 10 perbedaan detail Isuzu Traga ekspor dengan lokal:

Video mengenai peluncuran Isuzu Travis di Filipina

1. Beda Setup & Output Mesin

Gambar menunjukkan Mesin 4JA1 Blue Power Diesel Engine Isuzu Traga Dan Isuzu Travis

Isuzu Traga ekspor menggunakan mesin berkode 4JA1 bukan 4JA1-L seperti Traga "lokal"

Perbedaan detail Isuzu Traga ekspor yang pertama adalah mesin, meski sama-sama 4JA1 series. Bedanya di Traga lokal pakai versi 4JA1L direct injection dengan output tenaga 80 Ps atau sekitar 78,5 Hp pada 3.500 rpm serta torsi 191,2 Nm atau sekitar 19,5 Kgm mulai putaran 1.800 rpm. Lantas versi ekspor menggunakan 4JA1 direct injection common rail blue power, dengan output 78 Ps atau sekitar 76,5 Hp di 3.900 rpm dan torsi 176,5 Nm pada 1.800 rpm. 

>>> Daihatsu Rocky Siap Masuk Indonesia 2020, Ini 5 Alasan Terkuatnya

2. Beda Posisi Wiper

Gambar menunjukkan beda posisi wiper Isuzu Traga Isuzu Travis

Posisi wiper Isuzu Traga versi ekspor berkebalikan dengan Isuzu Traga versi lokal

Karena menggunakan format setir kiri atau left hand drive, maka menuntut pabrikan untuk mengubah posisi wiper Isuzu Traga ekspor ini. Salah satu perbedaan detail Isuzu Traga ekspor ini dengan versi lokal adalah posisi penyeka kacanya yang berkebalikan dengan Isuzu Traga yang dijual di tanah air. Namun tidak demikian dengan arah semburan washernya yang masih tetap alias tidak ada ubahan.

3. Beda Posisi Tuas Sein & Wiper

Gambar menunjukkan posisi tuas wiper Isuzu Traga Ekspor dan Isuzu Travis

Posisi tuas sein kini di sebelah kiri bukan di kanan

Demikian pula dengan posisi tuas pengatur sein, saklar lampu dan juga wipernya. Posisinya berkebalikan dengan Traga versi lokal, dimana ini jadi perbedaan detail pada Isuzu Traga ekspor, dimana tuas sein ada di sebelah kiri dan tuas wiper ada di kanan, sebaliknya di Traga lokal tuas pengatur sein ada di kanan dan tuas wiper di sebelah kiri. Namun, ini tak masalah malah tuas sein maupun wiper seperti ini selayaknya mobil-mobil keluaran Eropa.

>>> Berita seputar mobil baru ada di sini

4. Beda Posisi Setir

Gambar menunjukkan posisi setir Isuzu Traga ekspor Isuzu Travis

Sesuai regulasi lalu lintas Filipina, setir Isuzu Traga ekspor posisinya left hand drive

Jelas saja letak posisi setir dan juga pedal-pedal gas serta rem berbeda dengan versi Indonesia. Sebab, peraturan lalu lintas Filipina menuntut kendaraan setir kiri, oleh karena orientasinya berbeda dengan negara kita. Tapi, meski demikian, kami dari tim Cintamobil.com sudah mencoba sendiri dan dirasa tidak ada perbedaan kualitas material dan buatan antara Traga ekspor dengan lokal. Malah, Traga versi "pembawa devisa negara" ini dikirim audioless alias tanpa head unit.

5. Beda Tipe Aki & Daya Alternator

Gambar menunjukkan Aki mobil Isuzu Traga ekspor Isuzu Travis

Baterai yang digunakan oleh Isuzu Traga ekspor adalah GS tipe Hybrid, sedangkan versi lokal Premium

Satu lagi perbedaan detail Isuzu Traga Ekspor yang jarang diketahui orang, yakni jenis aki yang digunakan. Meski punya daya yang sama yakni 65 Ampere, namun jenis aki yang digunakan berbeda. Untuk Traga versi ekspor pakai aki GS Hybrid, sementara untuk Traga lokal menggunakan aki GS Premium. Begitu pula daya alternator yang dihasilkan, pada Traga ekspor punya daya 90 ampere dan Traga lokal dayanya hanya 60 ampere. 

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil Isuzu lainnya

6. Beda Kode Produksi

Gambar menunjukkan kode produksi Isuzu Traga ekspor Isuzu Travis

Kode produksi Traga ekspor adalah ALC sedangkan versi lokal CBB

Kode produksi juga menjadi salah satu pembeda antara Isuzu Traga ekspor dengan Isuzu Traga versi lokal. Jika Traga versi pembawa devisa menggunakan kode produksi ALC, maka untuk Traga versi jualan di tanah air pakai kode produksi CBB. Perbedaan kode produksi ini menandakan banyak hal di pabrik, mulai dari instalasi hingga part yang akan dipasang pada Traga ini.

>>> Harga Isuzu Traga terbaru dan terlengkap hanya ada di sini 

7. Beda Nama

Gambar menunjukkan emblem Isuzu Traga lokal

Jika di Indonesia bernama TRAGA maka versi ekspor diberi nama TRAVIS

Di Indonesia Isuzu Traga adalah nama yang disematkan oleh Isuzu Indonesia dan punya makna Ekstra Lega. Sedangkan di Filipina, diberi nama Travis. Travis punya makna Trandscend your Business atau dalam bahasa Indonesia diharapkan konsumen yang menggunakan Isuzu Travis ini dapat membuat trend positif terhadap bisnisnya. Namun, apalah arti sebuah nama?

8. Beda Peruntukan

Gambar menunjukkan Isuzu Traga Ekspor Atau Isuzu Travis 2019

Di negeri Filipina Isuzu Traga ekspor alias Travis ini jamak digunakan untuk utility van

Beda dengan di Indonesia, Isuzu Traga di tanah air jamak digunakan untuk mengangkut komoditas baik buah dan sayuran, tak jarang juga dipakai angkut barang. Sedangkan di Filipina mobil yang dapat nama Isuzu Travis ini akan banyak digunakan sebagai utility van. Utility van di negeri yang baru saja menyelenggarakan pesta olahraga SEA GAMES ini dapat mengangkut orang hingga berjumlah 16, dan utility van buatan Isuzu ini akan bersaing ketat dengan Mitsubishi New L300.

>>> Review Mitsubishi New Triton HDX D-Cab 4WD M/T 2019: Makin Istimewa Sebagai Mobil Pekerja

9. Beda Pilihan Sasis

Gambar menunjukkan sasis Isuzu Traga Ekspor Atau Isuzu Travis

Isuzu Traga ekspor diciptakan dengan dua pilihan ukuran sasis yang berbeda

Isuzu Traga versi lokal hanya diciptakan satu varian, dengan dimensi panjang 4.520 mm, lebar 1.705 mm, dan tinggi 1.985 mm. Sementara untuk Isuzu Traga ekspor terdapat dua pilihan dimensi sasis yang berbeda. Pertama adalah tipe Short dengan ukuran lebih pendek 70 mm dari Traga lokal, dan satu lagi tipe sasis Long dengan dimensi lebih panjang 80 mm dari Traga lokal. Untuk lebar dan tinggi, masing-masing Traga ekspor lebih kecil 10 mm dan lebih pendek 30 mm.

10. Beda Standar Emisi Gas Buang

Gambar menunjukkan catalytic converter Isuzu Traga Ekspor Atau Isuzu Travis

Penggunaan katalis merupakan kompensasi dari tuntutan standar emisi Euro IV di Filipina

Untuk urusan standar emisi, Filipina memang sudah dua langkah lebih maju dari Indonesia. Di Indonesia Isuzu Traga masih dijual dengan standar emisi Euro 2, maka untuk Isuzu Traga ekspor ini sudah Euro 4. Untuk itu, Isuzu Indonesia sedikit memodifikasi mesin 4JA1 series yang dipakai, dengan menyematkan catalytic converter dan sedikit mengubah EGR (Exhaust Gas Recirculation) agar lulus Euro 4, meski itu berimbas ke tenaga dan torsi yang turun dibandingkan Traga lokal.

>>> Jangan lewatkan berita terbaru dari Cintamobil.com di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Isuzu Traga Bawa Devisa Negara Untuk Indonesia

12/12/2019

Pasar mobil

4 menit

Isuzu Traga resmi di Ekspor dan akan membawa devisa bagi Indonesia. Langsung diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H Joko Widodo.

Lihat juga

Isuzu Traga Berhasil Dongkrak Penjualan Isuzu Secara Signifikan, Ini Alasannya...

19/11/2019

Pasar mobil

3 menit

Salah satu line up terbaru mobil niaga lansiran Isuzu yakni Traga, berhasil mendongkrak penjualan Isuzu secara signifikan, ternyata ini alasannya market Isuzu Traga berkembang secara pesat di pasar mobil niaga Indonesia.

Lihat juga

Siap Diekspor, Ini Hasil Penjualan Isuzu Traga di Indonesia

18/11/2019

Pasar mobil

3 menit

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memastikan debut ekspor Isuzu Traga pada 12 Desember 2019 ke Asia Tenggara, Filipina dan Vientnam menjadi negara tujuan pertama sebelum dilanjutkan ke negara lain. Bagaimana dengan penjualan Isuzu Traga di Indonesia?

Lihat juga

Komunitas Traga Bali, Satukan Pengguna Pickup Isuzu

11/10/2019

Event - Promosi

5 menit

Komunitas Traga Bali merupakan kumpulan para pengguna pickup Isuzu Traga yang berdomisili di wilayah Bali dan sekitarnya. Komunitas ini menjadi wadah komunikasi dan silaturahmi para anggotanya.

Lihat juga

Mau Bisnis Travel, Isuzu Traga Bus Boleh Anda Pertimbangkan

19/07/2019

Jual beli

3 menit

Meningkatnya mobilitas masyarakat membuat peluang bisnis travel makin terbuka. Jika Anda sedang mempersiapkan untuk usaha yang satu ini, tak ada salahnya Anda melihat Isuzu Traga Bus bikinan Isuzu Astra Motor Indonesia dengan karoseri AdiPutro di pameran GIIAS 2019 ICE BSD City Tangerang Banten, 18-28 Juli 2019.

Lihat juga
 
back to top