Serius Jualan di Indonesia, Morris Garages (MG) Gabung GAIKINDO

23/01/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Serius Jualan di Indonesia, Morris Garages (MG) Gabung GAIKINDO
Morris Garages (MG) menunjukkan keseriusannya berjualan mobil di Indonesia dengan mendaftar di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

Hengkangnya Chevrolet serta Datsun jadi kabar kurang menyenangkan di akhir 2019 lalu. Dua merek asal Amerika dan Jepang itu bakal berhenti berjualan mobil di Indonesia mulai tahun 2020 ini. Dan kemungkinan besar keduanya juga bakal tercoret sebagai anggota asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Meski kondisinya demikian, persaingan pasar otomotif roda empat di tanah air diprediksi tetap seru. Selain alasan stabilitas keamanan negeri yang membaik, beberapa produsen mobil sudah bersiap bangkit.

Banner GIIAS 2020 dari Gaikindo

GAIKINDO targetkan penjualan mobil sebanyak 1.050.000 unit di 2020

KIA misalnya, di bawah APM baru, PT Kreta Indo Artha merek asal Korea Selatan itu kembali menemukan semangatnya. Belum genap satu bulan di 2020, KIA sudah meluncurkan model terbarunya SUV Seltos. KIA kemungkinan besar bakal masuk lagi di GAIKINDO setelah beberapa waktu terakhir mundur. Mercedes Benz juga demikian, kembali lagi ke GAIKINDO setelah hampir dua tahun hilang dari daftar keanggotaan.

>>> Susul Seltos, 2 Model Baru KIA Siap Diluncurkan Tahun Ini

Anggota Baru

Kabar terbaru datang dari GAIKINDO juga yang menginformasikan bakal kedatangan anggota baru, Morris Garages (MG). Merek asal Inggris ini sedang dalam tahap pengurusan pendaftaran serta administrasi yang diperlukan.

Foto menunjukkan logo Morris Garages di salah satu modelnya

Morris Garages (MG) siap ramaikan pasar otomotif di tanah air

"Jadi walaupun Chevrolet keluar dari Indonesia, menyusul Ford dan sebagian merek lainnya, tidak pengaruh pada keputusan prinsipal atau merek baru untuk investasi di sini. Satu keluar, lainnya datang. Sebab, kita masih potensial dan menjanjikan," tutur Sekretaris Jenderal Gaikindo Kukuh Kumara seperti dikutip dari Kompas, Rabu (22/1/2020). "Saat ini MG sedang mengurus pendaftaran dan persiapan untuk hadir di sini. Kami sudah sempat bertemu, kemungkinan (MG) akan tampil di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 mendatang," jelasnya.

Morris Garages (MG)

Rencana bergabung di GAIKINDO menunjukkan keseriusan MG berjualan mobil di Indonesia. Di sisi lain juga menjadi bukti kalau pasar otomotif roda empat di Indonesia masih sangat potensial dan menarik untuk digarap.

Morris Garages (MG) merupakan merek asli Inggris yang sebelumnya tergabung dalam MG Rover Group bersama Rover (pemilik Jaguar Land Rover). Menyusul bubarnya group pada 2005, MG lalu diakuisisi raksasa otomotif China SAIC Motors. Jadi lah MG ini satu grup dengan Wuling Motors dan General Motors. Pertengahan 2019 MG meluncurkan model SUV terbaru di India, MG Hector. Mobil ini dibuat menggunakan basis Wuling Almaz yang dijual di Indonesia. Maka jangan heran tampilan MG Hector nyaris sama dengan Almaz-nya Indonesia. Tampilan yang sama juga ada pada Chevrolet Captiva yang diekspor Wuling Motors Indonesia ke Thailand.

Untuk model baru MG yang akan diluncurkan di Indonesia belum bisa dipastikan. Hanya saja prediksi mengarah pada MG ZS , SUV 5 seater yang beberapa waktu lalu ketahuan diuji coba di jalanan Indonesia.

>>> Buktikan Kualitas, MG ZS Dites Jalan Sejauh 30.000 Kilometer Dalam Jangka Waktu Kurang Dari 3 Bulan

Foto menunjukkan mobil MG ZS tampak dari samping depan

MG ZS, kandidat kuat model baru untuk pasar Indonesia

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tidak Akan Bentrok Dengan Wuling, Ini Segmen Pasar Yang Diincar MG Indonesia

13/01/2020

Mobil baru

3 menit

Meski kini sama-sama berasal dari Tiongkok, namun MG nantinya tidak akan bentrok dengan Wuling, karena inilah segmen pasar yang akan diincar oleh MG Indonesia

Lihat juga

Buktikan Kualitas, MG ZS Dites Jalan Sejauh 30.000 Kilometer Dalam Jangka Waktu Kurang Dari 3 Bulan

13/01/2020

Mobil baru

3 menit

Baru-baru ini terjadi kecelakaan di daerah Cimahi yang konon melibatkan mobil terbaru MG yakni MG ZS. Mobil ini dites jalan sejauh 30.000 km kurang dari 3 bulan

Lihat juga

Meledak, Penjualan Wuling Bulan Desember Tembus 4.612 unit

18/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Tidak biasanya terjadi, penjualan Wuling Motors pada bulan Desember 2019 tembus 4.612 unit atau naik lebih dari dua kali lipat dibanding bulan sebelumnya.

Lihat juga