Seperti Ini Lho BMW Termurah Di Indonesia, BMW X1 sDrive 18i 2021

03/02/2021

Mobil baru

5 menit

Mungkin Anda penasaran seperti apa sih mobil laniran BMW yang punya banderol termurah se-Indonesia Raya, ini dia mobilnya, sebuah BMW X1 sDrive 18i 2021

BMW (Bayerische Motoren Werke) model X1 tipe sDrive 18i 2021 ini layak didaulat sebagai mobil buatan BMW yang termurah se-Indonesia Raya. Sebab, ia hanya dibanderol Rp 760 juta on the road DKI Jakarta alias lebih hemat Rp 80 juta dari trim di atasnya yakni xLine. Dan mungkin Anda penasaran seperti apa sih mobil lansiran Jerman yang punya harga paling terjangkau ini? Simak impresi singkat Cintamobil.com untuk BMW X1 sDrive 18i 2021 berikut ini.

Foto emblem X1 di BMW X1 sDrive 2021

Seberapa menarik BMW termurah di Indonesia ini?

Sejarah Singkat BMW X Series Dan BMW X1

Gambar BMW X5

Model X5 jadi pionir SUV BMW di tahun 1999

Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai mobil ini, ada baiknya kita membahas sedikit sejarah mengenai BMW X series. Hampir 22 tahun lalu, BMW meluncurkan model SUV (Sport Utility Vehiclie) pertama mereka yakni BMW X series. Sebagai informasi, BMW menyebut SUV sebagai SAV (Sport Activity Vehicle). Meski, pada awalnya publik skeptis dengan merek premium yang membuat SUV, namun pada akhirnya model X series cukup diterima di pasar dunia.

Gambar BMW X1 2009

BMW X1 diterima dengan baik di pasar mobil dunia tak terkecuali Indonesia

Atas pengalaman sukses tersebut, BMW menelurkan BMW X series lainnya, seperti X3 dan X1. BMW X1 sendiri pertama kali muncul di tahun 2009. Dan dari seluruh model X series BMW, BMW X1 adalah model yang paling diterima oleh pasar tak terkecuali dengan Indonesia. Tahun 2015 BMW X1 keluar model barunya, namun Indonesia mendapat model generasi kedua X1 ini baru di tahun 2016.

Gambar BMW X1

BMW X1 berkode bodi F48 ini pertama kali muncul di Tanah Air tahun 2016

BMW X1 di Indonesia hadir untuk melawan Mercedes-Benz GLA Class dan Audi Q3, generasi kedua berkode bodi F48 ini dimensi bodinya membesar dibandingkan dengan generasi pertama. Memang, untuk panjang total tak terlalu terpaut jauh, tapi untuk wheelbase secara signifikan bertambah. Hal ini membuat kenyamanan penumpang baris kedua lebih diperhatikan, sebab jarak kaki menjadi lega untuk penumpang di belakang.

Tampilan BMW X1 sDrive 18i Makin Sporty

Foto tampilan depan BMW X1 sDrive 18i 2021

Tampilannya makin sporty tanpa meninggalkan kesan modern

Set back ke BMW X1 sDrive 18i ini, SUV baru BMW ini hadir dengan tampilan yang lebih sporty dengan fascia lebih modern. Ada sedikit perbedaan di bagian double kidney grille yang kini bilahnya berwarna hitam namun tetap dikelilingi chrome. Begitu juga dengan lampu depan yang sudah memakai teknologi Adaptive LED (Light Emitting Diode) yang mampu mengikuti kemana arah setir dibelokkan.

Foto tampilan samping dan belakang BMW X1 sDrive 18i 2021

Stoplamp belakang sudah LED

Berlanjut ke bagian samping dan buritan, kesan sporty dan gagah diperkuat melalui profil black-cladding dan matte silver di bawah bumper serta aksen sewarna body di diffuser yang turut memberikan kesan elegan. Velg juga berbeda, kini BMW X1 termurah ini mengadopsi velg alloy ringan model Y-Spoke style 566 mirip dengan model X1 pre-facelift berfinishing biocolour Ferric Grey yang dibalut ban run-flat tire Bridgestone Turanza T001 berukuran 225/50R18.

Bagian Interior BMW X1 sDrive 18i 2021 Lebih Kalem

Foto layout dashboard BMW X1 sDrive 18i 2021

Warna interior berbeda sedikit dari trim xLine yang lebih mahal

Masuk ke dalam, berbeda dengan trim xLine yang pakai kursi lebih sporty dengan side support yang lebih memeluk tubuh, untuk BMW X1 xDrive 18i ini menggunakan comfort seats untuk pengemudi dan penumpang di depan. Tak lupa, untuk masuk ke dalam mobil juga tetap mudah, berkat penerapan Comfort Acess, yakni akses masuk ke dalam mobil tanpa memencet tombol kunci dan juga pengoperasian bagasi tanpa sentuhan, jadi kunci hanya perlu dikantungi saja.

Foto kunci Comfort Acess BMW X1 sDrive 18i 2021

Comfort Acess membuat kunci pintar ini hanya perlu dikantungi

Fitur infotainment BMW X1 juga terhitung cukup oke, dengan iDrive versi 6.0 yang sudah mendukung Apple CarPlay dan dapat terhubung secara nirkabel ke smartphone Anda. Crossover kompak ini juga sudah dilengkapi Parking Assistant dan Rear-view Camera untuk memudahkan saat parkir. O ya, ruang bagasi BMW X1 menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya, apabila di generasi pertama kapasitasnya hanya 430 liter maka di generasi kedua ini mencapai 505 liter.

Foto Bagasi BMW X1 sDrive 18i 2021

Kapasitas bagasi meningkat 75 liter dari generasi sebelumnya

Mesin Tetap 3-Silinder

Foto mesin B38 BMW-Mini

Mesin yang sama bisa Anda temukan di balik kap mesin MINI Cooper 3-silinder

Eropa adalah benua yang mempelopori mesin kecil dengan turbo, maka tak heran SUV termurah BMW ini juga sudah pakai konsep tersebut. Mesin BMW X1 sDrive 18i 2021 ini masih ditenagai dengan unit berkode B38 yang diberi nama resmi oleh pabrikan Jerman ini sebagai unit BMW TwinPower Turbo. Mesin ini punya konvigurasi 3-silinder segaris, dan telah menganut pasokan bahan bakar direct injection begitu pula pengaturan katup variabel VALVETRONIC dan Double-VANOS .

Foto kaki-kaki depan BMW X1 sDrive 18i 2021

Tenaga dan torsi tersalur ke dua roda depan

Mesin mungil ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 140 HP pada putaran mesin 4.400 rpm dan torsi maksimum 220 NM yang sudah mulai terasa sejak putaran mesin 1.250 rpm. Tenaga dan torsi tersebut tersambung ke dua roda depan melalui transmisi otomatis dual-clutch 7-percepatan. BMW mengklaim mobil ini dapat berakselerasi dari diam ke 100 km/jam dalam waktu 9,6 detik dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 13,7 kilometer untuk tiap liter bahan bakarnya.

Foto mesin BMW X1 sDrive 18i 2021

Strut bar bantu perbaiki pengendalian BMW X1

Bila Anda melihat foto mesin yang kami ambil di atas ini, tampak jika BMW X1 sDrive 18i 2021 ini juga mengadopsi strut bar di atas ruang mesinnya yang menghubungkan antara tower suspensi kanan dan kiri. Strut bar ini tampak kokoh, dan dipasang BMW untuk mengantisipasi dimensi mobil yang tingginya bertambah. So, diharapkan pengendaliannya tetap baik saat bermanuver.

>>> BMW Kenalkan M5 CS 2021, 0-100 km/jam Cuma 2,9 Detik!

Promo Menarik Di Jaringan Dealer BMW Astra

Setiap pembelian BMW X1 sDrive 18i 2021 di BMW Astra nantinya akan dilengkapi dengan BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, tergantung mana yang dicapai lebih dulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh, perlindungan ban selama 2 tahun, 5 tahun keanggotaan AstraWorld dengan bantuan darurat 24-jam, dan BMW Astra Card.

Foto BMW X1 sDrive 18i 2021

Banyak promo menarik yang bisa Anda dapatkan kalau beli BMW X1 ini di jaringan dealer BMW Astra

“Pelanggan dapat melakukan proses pembelian tanpa keluar rumah karena kami bisa datang membawa mobil yang Anda ingin coba, Anda cukup menghubungi Business Consultant kami dan mengatur jadwal kedatangan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan perawatan kendaraan di rumah dengan menghubungi 1-500-898 lalu tekan 4 untuk melakukan penjadwalan. Semua layanan yang kami berikan ini dilengkapi dengan protokol kesehatan yang ketat. BMW Astra memberikan pelayanan menyeluruh dari pembelian, servis atau perawatan kendaraan hingga penjualan kembali untuk pelanggan di seluruh Indonesia,” tutup Fredy Handjaja CEO BMW Astra.

>>> Mau beli mobil SUV BMW bekas? Model ini yang kami rekomendasikan

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga jual on the road BMW X1 sDrive 18i 2021?
Harga jual on the road BMW X1 sDrive 18i 2021 adalah Rp 760.000.000

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top