Seluruh Bodi Shelby GT500CR Ini Pakai Bahan Serat Karbon

28/05/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Dinamai Shelby GT500CR Carbon Fiber, keseluruhan bodi mobil ini sudah diganti dengan cetakan berbahan serat karbon, serta menjadikannya Shelby satu-satunya berbahan serat karbon.

Serat karbon biasanya menjadi material yang dipilih untuk menggantikan besi atau baja sebagai lapisan pada sebuah mobil. Tujuannya mereduksi bobot keseluruhan mobil tersebut, mengingat sifat serat karbon yang hanya sedkit lebih berat dari fiber namun memiliki kekuatan dan kelenturan yang jauh lebih baik dibandingkan baja.

Untuk komponen-komponen yang bisa menggunakan bahan serat karbon antara lain kap mesin, bemper, spoiler, fender, atap, wing belakang, hingga beberapa komponen di interior semisal setir, tuas transmisi, pedal-pedal, dan ornamen dashboard atau doortrim.

>>> Modifikasi Lamborghini Urus Ini Sanggup Ciptakan Tenaga Hampir 1.000 Hp!

Rasa-rasanya amat jarang sebuah mobil keseluruhan bodinya menggunakan bahan serat karbon. Apalagi jika itu diterapkan pada Shelby GT500CR lansiran 1967. Mungkin apa yang dirancang oleh Classic Recreations ini adalah satu-satunya yang baru dilakukan di dunia.

Semua dari Serat Karbon!

Shelby GT500CR Carbon Fiber Interior

Kecuali interior, semua panel bodi pakai material serat karbon

Classic Recreation menggandeng SpeedKore untuk mmebentuk sebuah Shelby GT500CR yang seutuhnya bermaterial serat karbon. SpeedKore diketahui merupakan tuner asal Amerika yang pernah beberapa kali memajang hasil kreasinya di SEMA. Antara lain berupa Dodge Charger Evolution juga bermaterial serat karbon.

>>> Temukan promo dan diskon mobil baru berbagai merek cukup klik disini

"Proyek serat karbon GT500CR ini dimulai dengan membuat cetakan 3D terhadap seluruh bodi GT500CR. Kemudian dibuat cetakan dari serta karbon untuk pesawat, yang kemudian panel-panel bodi serat karbon disambung per bagian. Hasilnya adalah Shelby Mustang berlisensi pertama di dunia yang lebih ringan dan lebih kuat dari baja," tulis keterangan resmi Classic Recreation.

Tenaga Meningkat Hingga 900 Hp

Shelby GT500CR Carbon Fiber Engine

Sektor mesin dan kaki-kaki juga diubah

Selain keseluruhan panel bodi yang diganti serat karbon, Shelby GT500CR ini juga sudah menggunakan mesin baru. Kalau aslinya Muscle Car Amerika ini dipersenjatai mesin 5.0-liter Coyote V8 bertenaga 490 hp, maka diganti dengan mesin 7.0-liter bertenaga 900 hp.

>>> Cari mobil bekas idaman Anda disini

Ubahan selanjutnya juga termasuk penggunaan suspensi coilover racikan Detroit Speed Engineering. Lalu terpasang juga saluran gas buang berbahan stainless-steel MagnaFlow Performance. Kemudian velg memakai American Racing dengan spek forged yang dipadankan ban Michelin High Performance serta caliper rem 6 piston.

Jika berminat dengan Shelby GT500 CR Carbon Fiber racikan Classic Recreations ini, maka konsumen harus mengeluarkan uang USD344.900 atau sekitar Rp 5,1 miliar.

>>> Berita otomotif menarik lainnya bisa dibaca disini

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top