Segera Launching, Ini Spesifikasi 3 SUV Listrik Vinfast

24/01/2021

Mobil baru

3 menit

SUV listrik Vinfast VF31, VF32, dan VF33 dipastikan meluncur tahun ini. Seperti apa daya tarik tiga model baru asal Vietnam ini? Berikut spesifikasinya!

Bakal ada banyak mobil baru diluncurkan di dunia pada tahun 2021. Salah satunya dari Vietnam. Produsen mobil nasional Vietnam, Vinfast mengumumkan peluncuran 3 SUV listrik bernama VF31, VF32, dan VF33. Meski purwarupa ketiganya belum ditunjukkan kepada publik dan hanya gambar sketsa 3 dimensi, ketiga SUV listrik Vinfast itu hampir pasti meluncur tahun ini dan bakal sampai ke tangan konsumen.

“Diharapkan versi standar mobil VF31 akan mulai menerima pesanan di Vietnam mulai Mei 2021, dan menyerahkan mobil tersebut mulai November 2021. Kendaraan VF32 dan VF33 akan menerima pesanan di Vietnam mulai September 2021, serah terima mulai Februari 2022; di AS, Kanada, dan Eropa akan menerima pesanan mulai November 2021, penyerahan mulai Juni 2022.” tulis Vinfast di laman resminya, Jum’at (22/1/2021).

>>> 3 Mobil Listrik Vinfast Meluncur Tahun Ini

Gambar menunjukkan tampilan Vinfast VF31 dari samping depan

Vinfast serius di sektor otomotif

Secara peluncuran ketiga mobil di atas bukan sesuatu yang sangat mengejutkan. Dari roadmap yang ditunjukkan, sejak tiga tahun lalu Vinfast sangat serius masuk di pasar otomotif. Peluncuran kendaraan listrik berteknologi tinggi, termasuk skuter listrik, bus listrik dan mobil listrik pribadi, merupakan bagian dari roadmap tersebut. Bahkan segala yang dibutuhkan berupa fasilitas produksi, hingga pengujian kelas dunia semua dimiliki.

Yang jadi persoalan seberapa besar produknya berhasil memikat konsumen. Termasuk SUV listrik Vinfast VF31, VF32, dan VF33, seberapa besar daya tariknya kepada konsumen.

Spesifikasi Vinfast VF31, VF32, dan VF33

Terlepas bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan, dari sisi produk Vinfast VF31, VF32, dan VF33 pastinya menawarkan banyak kelebihan. Berikut spesifikasi SUV listrik Vinfast tersebut, sebagaimana dijelaskan di laman resminya.

  • VinFast VF31

Foto Interior Vinfast VF31 tampak modern

Interior dengan fitur mewah

VinFast VF31 adalah SUV listrik segmen C, atau di Indonesia dikenal dengan low SUV. Ini tampak dari dimensi panjangnya yang kurang dari 4,5 meter. Secara keseluruhan panjangnya hanya 4.300 mm dengan jarak sumbu roda 2.611 mm;

Di bagian interior terdapat head unit berukuran 10-12,8 inci, kemudian ada sistem pendingin udara menggunakan filter HEPA dengan filter karbon aktif, ada pemanas roda kemudi, pemanas kursi dan ventilasi (khusus versi premium)

Untuk menggerakkan kendaraan mobil ini dibekali motor listrik magnet permanen berkapasitas 85 kW dan torsi maksimum 190Nm. Kapasitas baterainya 42 kWh memiliki Jarak tempuh 300 km di setiap pengisian penuh. Standar keamanan VF31 adalah bintang 5 EURO NCAP untuk versi premium dan bintang 4 ASEAN NCAP untuk versi standar.

>>> Dikenal Canggih, Ini Kelemahan Keyless dan Immobilizer

  • VinFast VF32

Gambar menunjukkan tampilan Vinfast VF32 dari samping

Dimensi VF32 kurang dari 5 meter

VinFast VF32 masuk kategori SUV listrik segmen D atau di Indonesia masuk kategori Mid Size. Ini terlihat dari ukurannya yang berada di antaranya 4,5-5 meter. Dimensi panjang VF32 secara keseluruhan 4.750 mm dengan jarak sumbu roda 2.950 mm;

Di bagian interior terdapat head unit besar berukuran 15,4 inci; sistem pencahayaan interior dengan penyesuaian multi warna, sistem pendingin udara menggunakan filter HEPA dengan filter karbon aktif; Pemanasan roda kemudi, pemanas kursi dan ventilasi.

Untuk menggerakkan kendaraan VF32 versi premium dibekali 2 motor listrik magnet permanen berkapasitas 300 kW dan torsi maksimum 640 Nm (versi premium). Sedangkan untuk versi standar dibekali 1 motor listrik magnet permanen berkapasitas 150 kW dan torsi maksimum 320 Nm.

Baik premium maupun standar baterai yang digunakan berkapasitas 90 kWh dengan Jarak tempuh mencapai 504 km dalam sekali pengisian penuh. Untuk Vinfast VF32 bermesin bensin dibekali mesin high-end 2.0L, dengan tenaga maksimum 189 Hp dan torsi maksimum 280 Nm. Standar keamanan VF32 adalah bintang 5 dari NHTSA dan bintang 5 dari, Euro NCAP.

  • VinFast VF33

Gambar menunjukkan tampilan Vinfast VF33 dari samping

Vinfast VF33, SUV listrik mewah berkelas

SUV listrik VinFast VF33 masuk di kategori SUV segmen E. Bukan hanya dimensinya yang besar tapi juga dilengkapi interior dan fitur yang modern berkelas. Mobil ini memiliki ukuran panjang 5.120 mm dan jarak sumbu roda 3.150 mm. Di bagian dalam terdapat, layar tengah berukuran 15,4 inci dengan sistem Matriks LED. Lalu ada panoramic roof dengan luas mencapai 2,63 meter persegi lengkap dengan perlindungan anti-UV 99% (versi high-grade).
Untuk menggerakkan kendaraan mobil dilengkapi 2 motor listrik magnet permanen berkapasitas 150 kW. Baterainya memiliki kapasitas hingga 106 kW dan mampu menempuh jarak hingga 550 km dalam sekali pengisian. Khusus yang bermesin bensin dibekali mesin high-end 2.0L dengan tenaga maksimum 228 Hp dan torsi maksimum 350 Nm. Vinfast VF33 juga mengantongi standar keamanan tertinggi bintang 5 dari NHTSA dan bintang 5 dari Euro NCAP bintang 5.

Spesifikasi-spesifikasi di atas bersifat teknis. Kelebihan lainnya ada pada sisi fitur. Ketiganya dilengkapi fitur otonom level 2-3, dengan 30 fitur pintar yang dibagi menjadi 7 kelompok. Di dalamnya meliputi Intelligent Driver Assistance System, Adaptive Lane Control System, Cruise Control System Active, Multi-point Collision Warning System, Comprehensive Collision Mitigation System, Intelligent Automatic Parking System, And Driver Monitoring System.

Dengan spesifikasi yang dimiliki, secara produk 3 SUV listrik Vinfast di atas harusnya ‘memenangi’ persaingan. Jadi, ditunggu saja apakah ketiganya mampu memikat konsumen seperti pendahulunya si Fadil, Lux SA2.0, dan Lux A2.0.

>>>  Cari dan temukan mobil idamanmu di sini!

Foto kemewahan Interior Vinfast VF33

Vinfast VF33 dilengkapi fitur canggih

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top